Planet HAT-P11b memiliki kandungan air


Science | 24 September 2014

Ilmuwan menemukan semua planet yang dinamai planet HAT-P11b. Planet ini diperkirakan memiliki air. Planet HAT-P11b mengelilingi sebuah matahari, dan ditemukan jejak air oleh Harvard Center Astrophysic. Berada di konstelasi Cyngus, planet ini ditemukan Januari 2009. Penemuan ini diterbikan pada halaman Nature

Dibawah ini gambar artis, perkiraan bentuk planet HAT-P11b



Mengunakan metode transit, ketika planet HAT-P11b melintas dan menghalangi cahaya dari bintang induknya. Cahaya dari siluet planet tersebut dianalisa dan ditemukan jejak air, atmosfer yang hangat dengan kandungan hidrogen. Ukuran HAT-P11b lebih kecil dari planet Saturnus tapi lebih besar 4 kali ukuran Bumi. Jaraknya sekitar 124 tahun cahaya dari bumi.

Planet HAT-P11b mengelilingi bintang setiap 5 hari sekali. Memiliki jarak 1/20 dari jarak Bumi ke Matahari. Walau memiliki air, kemungkinan planet ini sangat panas dan suhu mencapai 605 deg.C. Peneliti masih mencari planet disekitarnya, walau lebih susah bila mencari ukuran lebih kecil seperti bumi. Walau di planet ini memiliki air, untuk manusia tentu saja tidak bisa dimanfaatkan untuk pindah.

Masih belum jelas konstribusi apa yang membuat planet ini terlihat memiliki air.

Berita terkait
Bila anda ditanya untuk memilih pindah ke planet lain, apakah anda ingin tinggal di matahari dengan ukuran besar atau ukuran lebih kecil. Pendapat sebuah planet memiliki air dan berada di zona yang tepat, tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan bintang. Bukan berarti planet tersebut sudah tepat. Tapi ada faktor utama lain yaitu lempeng tektonik serta gunung apa yang menghangatkan planet.

Nasa akhir mengumumkan planet Kepler 186f memiliki ukuran yang hampir sama seperti bumi. Ukurannya tepat, tempatnya juga pas. Jarak planet ke bintang disana diperkirakan aman seperti Bumi. Juli 2018, sudut planet juga miring seperti Bumi dan aman bagi atmofer planet.



Planet Gliese 832c disebut sebagai Super Earth, katanya bisa sebagai planet untuk tinggal manusia. Jaraknya hanya 16 tahun cahaya. Tetapi peneliti bukan mencari 2 planet Gliese 832c dan b, yang diharapkan ada temuan planet ke 3 diantara kedua planet tapi belum terlihat saat ini.

Beberapa planet ekstrem yang ditemukan astronom kadang posisi planet. Bagaimana bila sebuah planet berisi air saja. Ada yang besar, sampai ukurannya puluhan kali lebih besar dari Bumi. Ada yang sangat jauh letaknya, planet sangat dingin, dan planet terlalu panas, dan ada yang berukuran 28x lebih besar dari Jupiter

Sebuah planet MOA-2016-BLG-227Lb ditemukan, tapi ukurannya 3x lebih besr dari planet Jupiter. Planet ini ini mengorbit ke sebuah bintang coklat atau disebut juga bintang kerdil dalam kelas bintang M.

Planet TrES-2b disebut sebagai planet gelap. Dengan permukaan planet sangat hitam.  Jarak planet TrES-2b ke Bumi mencapai 750 tahun cahaya. Tidak seperti planet Jupiter memiliki awan amonia yang berwarna dan memantulkan cahaya.

Planet Kepler 10c memiliki ukuran 2 kali dari bumi, walau ukurannya lebih besar tapi massa planet ini 17x lebih padat. Ditemukan tahun 2011 oleh teleskop Kepler, jaraknya sekitar 560 tahun cahaya dari bumi. Radius planet sekitar 2x dari radius Bumi. Jangan berharap pindah kesana.



Tim ilmuwan menemukan sebuah planet dengan kandungan air, mengorbit bintang Bootis. Tim peneliti dari universitas Penn State dan lembaga terkait mengumumkan penemuan tersebut pada 24 Februari di The Astrophysical Journal Letters.

Sebuah planet KOI 314c memiliki ukuran 60% lebih besar dari bumi, keunikan planet ini berbentuk gas. Jaraknya hanya 200 tahun cahaya dari bumi. Berdasarakan penelitian ketika planet KOI 314c melintas di depan bintangnya, bisa dianalisa berapa temperatur planet tersebut.




No popular articles found.