Turbin gas terbesar GE90 untuk pembangkit listrik


Technology | 5 October 2014

GE adalah perusahaan pembuat turbin gas untuk pembangkit listrik. Satu model GE90 dibangun sebagai mesin turbin pembangkit listrik terbesar yang pernah dibuat di seluruh dunia. Memiliki tipe disain 9HA dengan inisial Harriet Turbin, cukup untuk menerangi 500 ribu rumah.
Bila dipasang bersama dengan 4 turbin tipe 7HA dapat menghasilkan energi 2K MW, dan cukup untuk menerangi 2 juta rumah bahkan lebih besar dari kekuatan pembangkit nuklir.

Turbin GE90 ini beroperasi dengan suhu tinggi dan blade dari bahan kristal dan keramik yang tahan panas. Sekaligus sebagai pembangkit paling efisien dengan tingkat 61% dalam menghasilkan energi dari bahan gas alam. Atau mengunakan bahan bakar gas lebih hemat dari generasi mesin turbin sebelumnya.
Dari putaran mesin ini, tenaga disalurkan untuk mengerakan generator pembangkit untuk menghasilkan listrik. 4 unit sudah dikirim ke perusahaan Exelon Amerika di Texas yang dibeli lebih dari $500 juta, disusul dari Perancis, Jepang, Jerman dan Rusia.
GE menghabiskan dana lebih dari 1 miliar dollar untuk mesin turbin ini.

Turbin GE90 dibuat di pabrik GE Belfort Perancis. Memiliki 3000 sensor untuk memonitor kinerja turbin, dari suhu panas, mekanik dan gas buang. Bahkan data akusisi nantinya dapat dikirim ke datacenter untuk dilakukan analisa melalui jaringan internet.

Rancangan mesin turbin ini dikembangkan oleh tim GE untuk mesin jet supersonik dan teknologi lainnya. Dengan komposit baru, turbin GE90 dapat bekerja dengan suhu lebih panas mencapai 1500 derajat Celcius. Semakin kuat mesin terhadap panas, maka umur kerja lebih dan perawatan yang dibutuhka lebih lama. Untuk menghidup mesin ini haya memerlukan waktu 30 menit, dari pertama dinyalakan sampai bekerja penuh.

+ GE Reports



Panel surya adalah keping silikon yang ditemukan tidak sengaja oleh peneliti Bell. Dilanjutkan peneliti asal Australia Martin yang membuat panel surya dalam produknya nyata. Tapi pengembangan terbesar dibuat Dr Shi sebagai pemilik SunTech membuat panel surya sangat murah. Dibelakang industri ini tidak semua berakhir baik.

Pembangkit nuklir dengan bahan bakar thorium menjadi solusi pembangkit yang aman dan murah. Bahan thorium lebih banyak dibanding uranium, biaya perawatan murah. Skala kecil dengan biaya 1000 dollar menyalakan 10 rumah seumur hidup



Melihat reaktor nuklir sepertinya menyeramkan. Melihat video ini terlihat warna air menjadi biru. Mungkin setelah reaktor mendapatkan kekuatan yang disebabkan partikel bermuatan seperti elektron

Bagaimana reaktor fusi nuklir bekerja. Mengapa lebih aman dan menjadi energi masa depan. Rekor EAST capai 1000 detik dengan 70 juta derajat Celcius. Reaktor fusi nuklir Wendelstein 7-X di  Jerman, dan reaktor ITER rampung 50 persen. Mengapa fusi nuklir sangat penting, atau harapan energi.

Bagaimana cara kerja turnin Denniss Auld ini, dengan memanfaatkan pasang surut untuk pengerak generator turbin. Ketika air laut masuk dibawah kontruksi akan menekan udara di dalam konstruksi keluar dan mendorong kipas turbin.



84 turbin dibangun untuk menghasilkan energi 120MW ada di Ashegoda. setelah diperluas lagi dengan tambahan 30MW.  Ladang turbin angin tersebut baru bekerja penuh dan menghasilkan sumber listrik terbesar dari energi angin di Ethiopia.

Supersize Wind Turbines atau turbin angin raksasa untuk pemasangan di laut tidak murah. Siemens mengunakan teknik cepat dengan merancang kapal laut untuk pemasangan turbin angin.




No popular articles found.