Kesalahan persepsi dari film fiksi vs sain


Stuff | 6 October 2014

Versi film fiksi ilmiah tidak sepenuhnya benar menceritakan dunia kosmos. Setidaknya ada 30an kesalahan dalam cerita film yang berbeda dari kenyataan yang ada. Beberapa kesalahan seperti dibawah ini.

Cincin di Saturnus itu tidak solid. Tetapi terbentuk dari debu dan partikel es. Ukuran materi di Saturnus dimulai dari seukuran mikrospok sampai beberapa meter batuan.

kesalahan antara dunia sain dan film dalam cerita fiksi

Kita mengenal benda dalam kepadatan, ada yang padat, cair dan gas. Tapi ada satu lagi materi disebut plasma.

Film the Core menceritakan perjalanan ke inti bumi, dan digambarkan seperti cairan yang panas. Inti bumi sebenarnya berisikan partikel padat, panas dengan diamter 1000km. Berisi bahan nikel dan besi.

Gravitasi digambarkan menarik ke bawah. Gravitasi sebenarnya bukan kearah bawah saja. Tapi ke segala arah dan dimensi.

Pelaut mengunakan bintang utara Polaris untuk navigasi. Bintang tersebut bukan karena tingkat kecerahannya. Tapi satu satunya bintang yang relatif  tidak bergerak dimalam hari. Karena posisinya berada di arah utara walau tidak tepat ke arah utara sih (sekitar 27 derajat). Bintang Polaris bukan bintang tunggal tapi ada 3 bintang, salah satunya berukuran 6x lebih besar dari matahari. Masuk 50 bintang paling terang di bumi.

bintang Polaris

Cerita film aksi dengan senjata peredam suara. Suara dari peredam senjata sebenarnya tetap berbunyi. Hanya suaranya diredam sampai 1/100 dari suara senjata biasa.

Lubang hitam digambarkan dengan warna hitam. Black Hole atau lubang hitam sebenarnya tidak bisa diamati, sehingga bila dilihat akan terlihat kosong (hitam). Benda ini tidak memancarkan cahaya, disebabkan oleh gravitasi yang sangat kuat seakan ruang disana terlihat kosong.



Planet Merkuris paling dekat dengan matahari. Tapi disana bukan planet terpanas di tata surya. Venus lebih panas dari Merkurius, bahkan suhu di permukaan Venus dapat melelehkan timah yang kita biasa pegang dan terlihat padat di bumi.

Einstein mungkin mahasiswa yang gagal setelah sekolah pascasarjana dan matematikanya yang buruk. Tetapi Einstein pernah berkata, sebelum berusia 15 tahun saya sudah menguasai kalkulus dieferensial dan integral.

Bila melihat fiksi ilmiah digambarkan adanya ledakan di ruang angkasa, contoh saja Startrek. Kenyataan, tidak ada oksigen maka tidak ada api.

Bila seseorang di dalam mobil maka akan terlindung dari petir, karena ban mobil tidak memiliki sifat konduktor. Kenyataannya listrik dapat melompat dan mengenai rangka mobil di bagian bawah kendaraan.

4 Miliar tahun lagi matahari dipercaya akan meledak dan menghancurkan bumi. Tidak seperti itu, matahari suatu saat nanti akan membengkak terlebih dahulu dan memusnakan semua planet paling dekat termasuk bumi sampai mars.

Minum vitamin C akan menyehatkan, sampai iklan menyarankan meminum setiap hari. Tunggu dulu, batas toleransi tubuh manusia terhadap vitamin C maksimum 2000g untuk orang dewasa setiap hari. Bila berlebihan akan membuat rasa mual, muntah, sakit kepala, mulas dan efek samping yang tidak menyenangkan lainnya.

Radiasi dikaitkan dengan radiasi nuklir, tapi kita menciptakan kesalaha yang buruk tentang radiasi. Cahaya dari pembentukan radiasi dan gelombang radiasi mikro ketika memasak di malam hari. Radiasi seperti itu tidak berbahaya, yang berbahaya adalah radiasi energi tingkat tinggi akan menganggu jaringan tubuh manusia.

Mabuk dan minum alkohol dapat menyebabkan kerusakan otak. Tetapi dalam jangka panjang dan meminum secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan saraf. Tapi bila seseorang mabuk dalam sehari saja, besok pagi dia tetap sehat. Maksudnya otaknya masih sehat walau kondisi tubuh lainnya bermasalah dengan alkohol.

Berita terkait
True North Akita adalah cerita sebuah daerah di wilayah Tohoku timur laut Jepang. Memiliki daerah dengan pedesaan dan kota kecil yang jauh dari kota. Ketika pemerintah kota Akita meminta membuat video ke seorang produser film Hidetaka Ino

Dijelaskan secara ilmiah dengan kehidupan di bumi dan kapan akan berakhir. Planet bumi tetap akan menghadapi kehancuran dalam beberapa ribu tahun sampai miliaran tahun kedepan. Semua planet suatu hari akan bubar. Termasuk skala galaksi, kedepan akan tetap hancur.




No popular articles found.