Bintang Pulsar M82 X-2 yang esentrik dengan 10x radiasi paling kuat yang pernah tercatat


Science | 9 October 2014

Teleskop NuStar dirancang untuk mencari informasi lubang hitam. Tapi secara tidak sengaja menemukan hal berbeda. NuStar menemukan energi X-Ray sangat tinggi dari sebuah pulsar X-2, tercatat sebagai radiasi paling tinggi yang pernah ditemukan di ruang angkasa. Disebut juga Mighty Mouse

Astronom menemukan aktivitas sebuah bintang yang sudah mati. Tapi memancarkan energi 10 juta kali lebih kuat dari matahari kita. Disebut sebagai Pulsar paling terang. Pulsar adalah bekas bintang mati yang meledak dan intinya berubah menjadi ukuran kecil. Seperti planet tapi memiliki masa dengan kepadatan yang sangat tinggi. Kematian bintang menjadi planet kerdil dapat menjadi sebuah black hole bila ukurannya besar. Atau menjadi bintang Pulsar yang memancarkan energi yang sangat besar. Peneliti Jeanette Gladstone dari universitas Alberta Kanada mengatakan ini masih berupa bintang dan belum masuk sebagai blackhole. Hanya radiasinya mengapa begitu besar



Penemuan bintang Pulsar dengan energi sangat tinggi ini baru diumumkan 9 Oktober di media Jurnal Nature. Radiasi disana terkait dengan energi sangat tinggi berupa sinar X-Ray Ultraluminous atau ULX. Sampai saat ini radiasi ULX masih dianggap berasal dari Black Hole. Bintang Pulsar tersebut ditemukan di sebuah galaksi Messier 82 (M82).

Bintang Pulsar tersebut tampaknya memakan sisa kosmik di sekitar bintang, setara kekuatan lubang hitam. Bintang Pulsar tersebut seperti berdenyut dengan 1,37 detik. Kekuatan radiasi bintang mati ini 10x lebih besar dari yang pernah tercatat. Peneliti akan melanjutkan pengamatan dengan teleskop lain seperti teleskop Swift dan Chandra untuk mencari jawaban mengapa bintang tersebut berperilaku tidak biasa.

Menurut sejarah perubahan bintang. Bintang yang mati akan berubah sesuai besar dan masanya.
Bila ukuran bintang ukuran kecil, lalu kehabisan bahan bakar dan mati. Umumnya berubah menjadi planet kerdil dengan masa yang padat.
Bintang cukup besar ketika hidup, dapat berubah menjadi bintang neutron.
Bila sebuah bintang ketika hidupnya merupakan bintang besar, umumnya bintang mati akan berubah menjadi blackhole.
Bila masa bintang sangat besar ketika masih hidup, kematiannya dapat berubah menjadi blackhole yang lebih besar lagi.
Yang ini agak unik, bintang X-2 memiliki radiasi sangat tinggi seperti bintang pulsar tapi belum diketegorikan sebagai blackhole.



Seperti apa bentuk cahaya mercusuar atau beacon dari X-Ray. Nasa memberikan gambaran tentang bintang bini.




Berita terkait
Bintang Antares sebagai bintang raksasa merah, memiliki atmosfer bintang yang melebar. Atmofer bintang dapat melbar mencapai radius 2,5x dari ukuran bintang setelah di teliti oleh 2 teleskop, dan angin bintang mencapai suhu seribu derajat ke planet Saturnus

Bintang Luminous blue variables (LBV) jarang ada di galaksi kita, tapi yang ini tampak. Bahkan teleskop tidak dapat melihat ukuran bintang ini, karena cahayanya begitu terang. Salah satu bintang adalah AG AG Carinae, nasibnya tidak lama lagi dan bintang ini akan mati



Presiden Obama sempat berbagi di akun Twitternya. Bukan urusan politik tapi sebuah gambar tentang tempat dimana terdapat sekumpulan bintang di planet Bima Sakti. Foto diambil oleh teleskop Hubble.

Foto terbaru dari kelompok bintang NGC 2422 yang jaraknya 1600 tahun cahaya dari bumi. Diambil 17 Agustus awalnya tidak pernah terditeksi sampai tahun 1959. Sampai seorang astronom dari Kanada Morris menemukan bahwa disana adalah kumpulan dari bintang.

Pada tahun 2008 2 blackhole di galaksi 3C 75 terlihat seperti berdansa. Blackhole kembar tersebut berada di cluster galaksi Abell 400, letaknya 296 tahun cahaya. Tepatnya berada di konstelasi Cetus.

23 April 2014 lalu satelit observasi Swift menangkap sebuah bintang kerdil mengeluarkan kilatan seperti matahari. Tapi kekuatannya amat sangat besar, mencapai 10.000 kali kekuatan cahaya matahari kita yang pernah tercatat. Ukurannya hanya sepertiga, bila tinggal disana kita memiliki hari yang buruk.

Supernova SN 1993J di galaksi Messier 81. Pertama kali ledakan bintang tersebut diamati tahun 1993. Disana ternyata dua bintang dan salah satu bintang menyebabkan bintang lain meledak. Misteri bintang ini akhirnya terjawab setelah 20 tahun lalu ditemukan.



Tetapi lubang hitam memainkan peranan penting bagi kehidupan, khususnya manusia. Blackhole akan melemparkan jet. Jet yang terlempar mungkin menghantam galaksi yang berdekatan, dan disana terciptalah bintang. Seperti kejadian di galaksi HE0450-2958 memiliki sebuah quasar




No popular articles found.