Teknologi harddisk 18 dan 20TB tahun 2020 ePMR berdampingan dengan teknologi storage HAMR


Technology | 27 January 2020


Melihat produsen harddisk antara WD, Toshiba dan Seagate saling mengejar kapasitas harddisk besar.
Teknologi sudah ada, dan kebutuhan kapasitas storage untuk Cloud server, perusahaan media sosial membutuhkan tipe harddisk tersebut.

Ternyata sampai saat ini harddisk belum jauh bergeser ke kapasitas lebih besar dengan teknologi baru.
Sementara di belakang, harga chip SSD semakain terjangkau, bahkan kapasitas jauh lebih cepat dibanding harddisk.


Teknologi HAMR Heat-Assisted Magnetic Recording
Catatan. teknologi HAMR masih menjadi kendala karena produsen sering menundah diluncurkan ke pasar. Masalah daya tahan dan harga relatif lebih mahal masih dipertanyakan.

Teknologi HAMR yang mengunakan pemanas dengan cahaya laser untuk memperkuat medan magnit untuk meningkatkan kerapatan penulisan harddisk.
WD mengatakan teknologi HAMR belum waktunya, selain biaya lebih mahal dan MAMR menjaadi solusi teknologi harddisk.
WD masih menunda pemasaran harddisk MAMR atau HAMR untuk tahun 2023.

Februari 2019, Seagate mengumukan sebuah plat harddisk dapat menampung 3TB data.
Bila produsen harddisk Seagate memasangkan 8 platter yang umum digunakan untuk kapasitas besar, maka sebuah harddisk dapat mencapai 24TB.
Harddisk 14TB harus dicapai dengan 1 platter mencapai kerapatan 1,75GB.

Teknologi MAMR
WD mengatakan teknologi harddisk MAMR


Di tahun 2020 WD mengatakan teknologi MAMR masih memiliki kejanggalan dan belum siap sepenuhnya

Januari 2019 kapasitas harddisk terbesar WD model Ultrastar DC HC620 mencapai kapasitas 15TB. Kabarnya memiliki kecepatan lebih lambat.

MAMR teknologi harddisk Microwave-Assisted Magnetic Recording, mengunakan putaran Spin Torque Oscillator (STO). Untuk menghasilkan medan magnet tambahan di kepala harddisk dengan gelombang mikro.
Sehingga data yang ditulis menjadi lebih padat (rapat) di bagian plat harddisk.

MAMR diperkenalkan pada tahun 2017, dan dalam perkembangan sangat memungkinkan sebuah harddisk mencapai 40TB dalam beberapa tahun kedepan.
Untuk model pertama harddisk MAMR, memiliki kapasitas 16TB dan 18TB, dan di ikuti dengan teknologi aktuator ganda (2 lengan harddisk terpisah).

Teknologi MAMR membuat harddisk dapat di produksi sampai 16TB hanya dengan 8 piring plat harddisk.
bandingkan dengan teknologi harddisk saat ini. Toshiba membuat harddisk helium dengan 9 plat untuk kapasitas 14TB. Serta Seagate mengunakan 8 plat untuk 14TB.


Teknologi harddisk MAMR tahun 2019 sampai 16TB

Oktober 2020.
Produsen harddisk seperti Toshiba, Seagate dan WD mulai menampilkan teknologi harddisk baru seperti EAMR dari WD, dan HAMR dari Seagate. Tetapi jumlah produksi yang dikirim masih sedikit.
Tapi bulan Oktober 2020 mungkin berubah. Ada tanda harddisk dengan 10 plat disk akan hadir lebih cepat.
Dengan 10 disk, sistem harddisk CMR mungkin dapat mencapai 20TB.


Seagate mengunakan piring kaca yang lebih tipis dari aluminium. Teori dapat menampung ruang lebih banyak disk di dalam unit harddisk.
Drive 12 disk dengan satu plat menampung 2TB, total kapasitas harddisk dapat mencapai 24TB dan mungkin tahun 2022 akan tersedia.
Pesaingnya dari SSD. Kedepan teknologi QLC akan diganti dengan PLC atau Penta Level Cell 5-bit Nand. Meskipun SSD PLC memiliki kinerja dan daya tahan lebih rendah dari QLC.
Ada konsep teknologi Zoned Name Space SSD, untuk menghindari dampak penulisan ulang di area chip dan berdampak dengan kinerja SSD lebih lama.

September 2020
WD sibuk dengan teknologi MAMR - Microwave Assisted Magnetic Recording
Seagate dan Toshiba sedang mengerjakan teknologi harddisk HAMR (Heat Assisted Magnetic Recording).

Harddisk Seagate 18TB sudah siap masuk pasar, dipasarkan resmi Desember 2020 untuk 20TB.

Seagate akan melanjutkan kerapatan plat harddisk dari 2 ke 6Tbit perinci. 5x lebih padat dari teknologi harddisk untuk mencapai kapasitas 50TB di tahun 2026.
Teknologi harddisk PMR atau berbasis SMR diperkirakan akan berhenti sampai kapasitas 20TB

Desember 2018
Seagate Exos memiliki 2 lengan. Mempercepat pengambilan data 2x dibanding satu lengan harddisk. Dan kedua lengan bekerja secara terpisah.

Model pertama tampil dengan Seagate Exos Enterprise, memiliki kapasitas 16TB dengan ukuran seperti harddisk 3,5 inci.
Membawa teknolopgi HAMR - Heat Assited Magnetic Recording. Dengan cahaya laser untuk menyimpan data ke platter harddisk.

Desember 2018 masih dilakukan uji coba untuk pelanggan.

Seagate HAMR



Oktober 2017.
WD lebih memilih mengunakan teknologi MAMR, karena harddisk bekerja lebih dingin dibanding teknologi HAMR.
Harddisk 40TB bisa hadir di tahun 2025 dengan kerapatan 4 Tbit per inci persegi

MAMR harddisk mungkin tidak terlalu lama, dimulai dari kapasitas lebih kecil sudah digunakan datacenter di awal 2018.

MAMR sebagai Microwave Assisted Magnetic Recording. Mengandalkan gelombang microwave untuk meningkatkan kemampuan merekam data kepadatan tinggi tanpa mengorbankan kemampuan harddisk.

Teknologi harddisk Western Digital MAMR


14 November 2014.
Pengembangan kapasitas harddisk akan mencapai kapasitas 100TB, setidaknya dalam tahun mendatang.

Meningkatnya kapasitas harddisk di dorong oleh kebutuhan tayangan video 4K. Saat ini harddisk akan mencapai 10TB, tapi 1-2 tahun lagi akan meningkat sampai 15TB

TDK membuat head harddisk dengan dukungan head-assisted magnetic recording (HAMR) minggu lalu. Teknologi head baru ini ditampilakn di pameran Ceatec. Nantinya head HAMR dapat membaca harddisk generasi baru sampai 15TB. HAMR memiliki kestabilan dalam mencatat data.

Kapan harddisk 15TB akan tampil. Mungkin di akhir tahun 2015 atau awal 2016 kata TDK. Model pertama dengan head HAMR akan langsung mencapai 15TB sebagai kapasitas terbesar. Untuk ukuran 2,5 inch nantinya dapat dibuat sampai 6TB.
  1. Saat ini kapasitas harddisk mengunakan teknik Perpendicular Magnetic Recording (PMR). Dengan kerapatan maksimum 0.86 TBpsi.
  2. Generasi selanjutnya mengunakan Heat Assisted Magnetic Recording (HAMR), diperkirakan menambah kapasitas harddisk antara 15-30%.
  3. Generasi HMR dilanjutkan dengan BPMR, atau Patterned Magnetic Recording dengan SMR dan TDMR. Mungkin tersedia antara tahun 2021 sebelum melangkah ke generasi selanjutnya.
  4. Pada tahun 2023 generasi baru dengan teknik HDMR atau Heated Dot Magnetic Recording (kombinasi HMPR+HAMR). Meningkatkan kapasitas plat harddisk 10x lebih banyak untuk menampung data. Teorinya disini, sebuah harddisk dapat menampung 100TB.
Standar harddisk mungkin tidak akan goyah dengan munculnya SSD.

Walau lambat, kapasitas besar dan murah masih lebih ekonomis untuk penyimpanan data dengan harddisk.

Teknologi harddisk PMR HMR HMPR

Berita terkait
Western Digital memulai pengiriman hard drive 20TB dengan teknologi baru Optinand. HDD 20TB Western Digital dengan Optinand mengandalkan platform 9-Platter dengan putaran 7200rpm. Mengunakan sistem teknologi Energy-assisted perpendicular magnetic recording (ePMR)

Samsung menawarkan SSD ZNS Samsung PM1731a dengan fitur ZNS. Membuat SSD bekerja lebih lama, karena mengurangi penulisan data. Teknologi NVME 2.0 memiliki fitur terbaik dengan ZNS. Mencegah penulisan data pada chip yang mengurangi usia pakai chip NAND.



Jangan salah beli harddisk bila lambat ternyata model SMR. Seagate dan WD menjual harddisk SMR. WD sudah memberi label khusus dengan WD RED+ untuk harddisk CMR. Harddisk SMR yang tersedia lebih lambat dibanding harddisk CMR untuk NAS. Mengapa produsen harddisk tidak menjelaskan

Setelah SD Express 7.0 menyusul diumumkan SD Express 8.0. Memory card SD Express lebih cepat dari card UHS-II dan kompatibel dengan SDcard standar. Kecepatan tranfer lebih cepat dari SSD computer dalam sebuah SD card. SD Express dapat dimulai 2TB. Mengunakan teknologi protokol PCIe seperti NVMe memory card.

LPDDR5 untuk RAM smartphone tampil tahun 2020, mengapa dibutuhkan RAM model baru. Double speed, serta storage UFS 3.1. Saat ini Samsung memproduksi. UFS 3 lanjutan dari UFS 2 untuk storage smartphone. Dikembangkan lebih universal kecepatan tranfer dari 1,2GB/s UFS 2.0 menjadi 1,45GB/s di USF 3.0. Februari 2019, Toshiba telah menyiapkan memory NAND UFS 3.0

Generasi storage SSD NVme disiapkan untuk PCIe Gen4. Memberikan kecepatan tranfer sampai 8GB/s. Phison chip controller storage SSD akan tampil dengan Phison E18 dan Phison E16 dirancang untuk jalur PCIe 4.0 Phison E12 menangani Chip kapasitas 8TB, dan S12 untuk solusi storage PCIe dan SATA.

Teknologi mesin Fax menjadi kejayaan di era 80an, tapi tergantikan oleh teknologi digital internet. Beberapa mesin fax masih digunakan saat ini, terlebih bagi layanan yang memerlukan copy dokumen resmi. Selesainya teknologi mesin Fax diawali pada era digital internet, satu persatu ditinggalkan dan kantor beralih mengunakan teknologi email sampai saat ini



Transistor tidak dapat diperkecil lagi, mungkin bertahan di 10nm. Berdasarkan data The Semiconductor Industry Association, roadmap teknologi transistor akan berhenti dikecilkan pada tahun 2021. Setidanya tahun 2019 mungkin akan tampil chip procesor hemat power sampai 7nm.

Bila anda sudah remaja di era sampai 90an. Mungkin anda pernah merekam file MP3 ke sebuah disc CD. MP3 sudah berusia 22 tahun. Tetapi kabar terbaru Institut Fraunhofer telah mengakhir beberapa lisensi hak paten dan secara resmi menghentikan izin MP3

Hitachi UltraStar Archive HA10 memiliki kapasitas 10TB. Agak berbeda dibanding harddisk lain, memiliki kecepatan tranfer 150MB/s untuk read, tapi lebih lambat untuk penulisan data (write). Hanya separuh dari kecepatan write harddisk biasa atau sekitar 68MB/s.




No popular articles found.