Aturan mobil di China tahun depan harus sesuai standar


Green | 23 October 2014

Walau peraturan otomotif di China jarang ditegakan, pemerintah pusat menyatakan produsen otomotif harus memenuhi standar emisi dan pemakaian bahan bakar.

Kota di China memiliki masalah bahaya polusi dari industri dan kendaraan bermotor. Pemerintah memberikan insentif bagi pemilik kendaraan tua untuk membeli mobil hyrid dan listrik. Tapi tahun depan akan diberlakukan peraturan yang ketat. Kendaran harus memenuh standar di negara maju.

Satu kendaraan harus mampu menempuh 100km untuk 6,9 liter. Tahun 2020 tingkat penghematan ditingkatkan lagi mencapai 38% atau 5 liter untuk 100km. Bila tidak memenuhi syarat tersebut maka perusahaan mobil akan mendapat sanksi. Mobil model baru yang tidak memenuhi standar juga dilarang.

Setiap 85 mobil yang dijual kepasar, sekitar 30% adalah produksi dalam negeri. Tahun lalu hampir semua pabrik dalam negeri gagal memenuhi standar yang ditentukan. Tidak hanya produk lokal, 13 produsen mobil import termasuk GM dan Nissan juga gagal memenuhi standar. Pemerintah China masih menutup mata dari aturan dan produk di masa lalu, tapi hari indah untuk produsen sepertinya akan berakhir.

Produsen mobil listrik seperti BYD adalah salah satu produsen kendaraan tidak terkena aturan diatas. Karena produk mereka memang tidak mengunakan bahan bakar minyak alias 100% memproduksi mobil listrik saja. Bagi produsen mobil konvensional besar tentu tidak masalah, tapi bagi produsen mobil kecil harus berjuang untuk memenuhi standar yang akan diberlakukan.

Pemerintah Perancis memiliki paket Conversion Premium. Bila penguna kendaraan mau menukar mobil lama ke mobil listrik atau mobil hibrida. India tahun 2019 memberikan insentif kendaraan listrik. Boleh di potong pajak sampai 2.000 dollar dari pembelian kendaraan baru.

Kota Tiongkok dengan polusi, pemerintah lokal sudah memerangi dengan berbagai upaya. Kali ini teknik baru. April 2016 aturan baru, mobil listrik di subsidi berdasarkan kemampuan jarak tempuh



Akal akalan warga Beijing untuk mendapatkan plat nomor kendaraan. Ada yang menjadi supir taksi. Karena pada jam sibuk hanya nomor mobil dalam kota saja yang boleh melintas. Semua transportasi sudah tersedia mengapa masih macet. Tahun 2020, akan tersedia 400 ribu stasiun untuk pengisian mobil listrik

Memiliki apatemen dan mobil pribadi di Beijing, pemiliknya harus membayar sewa tempat parkir. Tapi harganya sangat mahal, di pinggiran kota harus membayar tempat parkir kendaraan seharga satu mobil kecil.




No popular articles found.