Tanaman dengan pupuk organik buatan sendiri


Green | 27 October 2014

Membuat pupuk untuk tanaman dari sampah rumah tangga

Banyak sampah dari rumah bisa dijadikan pupuk untuk tanaman sendiri.

Bagi mereka yang memiliki kebun kecil bisa memanfaatkan sampah menjadi pupuk organik.

Bahkan sebagian tidak perlu di olah, cukup ditaburi atau ditanam diatas tanah dekat tanaman.

pupuk organik buatan sendiri dari bahan alami dan sampah rumah

Dibawah ini beberapa bahan yang bisa dipakai menjadi pupuk untuk penyubur dan menguatkan tanaman.
Kulit pisang
Dapat dijadikan sumber kalium untuk tumbuhan.Untuk membuat pupuk dari kulit pisang, letakan pada bagian akar tanaman dan biarkan kulit pisang membusuk secara alami.

Ampas kopi.
Bahan kopi kaya dengan nitrogen dan mineral. Dapat dijadikan bahan sampingan dari kalium, kalsium dan tembaga. Tumbuhan seperti bunga mawar, tomat, azelea dan blueberry dapat ditaburi oleh ampas kopi diatas tanah. Atau membasahi dari 6 cangkir ampas kopi dengan air cukup banyak dan biarkan selama 3 hari. Kemudian tuangkan di sekitar tanaman.
Cacing sangat suka dengan kopi, jadikan ampas kopi sebagai kompos pupuk anda.

Kulit telur.
Sebagai bahan yang kaya dengan kalsium. Cara memanfaatkan kulit telur dengan mengeringkan terlebih dahulu. Setelah kering ditumbuk sampai halus. Baru ditaburkan di tanah dekat tanaman. Kalium dapat membantu pembusukan dan berguna bagi sayuran seperti paprika dan tomat.

Air dari aquarium.


Air dari aquarium kaya dengan nitrogen dan mineral lainnya. Sangat baik untuk tanaman. Tapi bukan air asin.

Cuka.
Asam cuka mengandung asam asetat yang dibutuhkan pada tumbuhan. Cukup menuangkan 1 cangkir kecil cuka dan dicampur dengan 4 liter air. Digunakan setiap 3 bulan agar pH keasamana tanah terjaga.

Tongkol jagung.
Sampah dari tongkol jagung agak susah di urai dan membutuhkan waktu. Sebaikanya menghancurkan dahulu, sebelum masuk ke tumpukan kompos yang anda buat.

Sisa nasi.
Dapat masuk ke dalam kompos tanah buatan anda. Sifatnya netral dan nasi yang telah di masak kaya akan nitrogen.

Tahu.
Bila tahu di rumah basi dan tidak dimakan. Karena berasal dari kacang kedelai dan mudah rusak, dapat langsung masuk sebagai bahan kompos.

Sampah kompos dari sayuran.
Bisa dibuat dengan sampah bekas sayuran dari rumah. Dimasukan kedalam ember dan dicampur dengan cairan khusus untuk pupuk. Tutup ember dengan baik dan biarkan 1 minggu, setidaknya jangan sampai lalat hadir di sampah organik. Cairan dari hasil sampah disebut pupuk cair, bila perlu bakteri untuk membantu pembusukan dapat dibeli di toko tanaman.
Sekarang kita tahu sampah yang terbuang setiap hari, ternyata dapat dimanfaatkan untuk tanaman di rumah. Sehingga tanaman dapat menghasilkan oksigen bagi paru paru kita.

Berita terkait
Bila seseorang mulai mengurangi pemakaian kendaraan, mengecilkan AC, rajin mematikan lampu yang tidak terpakai. Dia tidak sendirian. Para ahli sudah mengatakan jauh hari, negara di Asia Selatan paling terkena dampak dan tidak dapat dirubah. Indonesia rangking 34. Prediksi buruk dari tahun 1912 sangat akurat yahg awalnya dikira palsu.

Gradient mengatakan, banyak kinerja AC yang efisien tapi membutuhkan instalasi profesional dan tentu saja biayanya lebih mahal. Sebagian lainnya lebih memilih produk murah, walau kinerjanya tidak efisien atau lebih boros listrik. Solusi membuat perangkat yang efisien, mudah dipasang dan cukup diletakan di jendela



Tanaman membutuhkan proses fotosintetis untuk menghasilkan oksigen. Tanaman di rumah atau gedung kantor juga membantu meningkatkan kualitas udara di ruangan kita. Aada beberapa tanaman menghasilkan oksigen pada malam hari. Pohon Empress Splendo jenis pinus tumbuhan paling efisien di dunia, mampu menyerab 103 ton karbon per hektar

Kopi memiliki kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga tinggi. Bubuk kopi dapat menambah nutrisi bagi kebun dan menjadi pupuk sayuran, bunga bahkan rumput di kebun rumah. Ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami. Atau sampah kulit pisang dan kulit telur sangat berguna bagi tanaman.

Jangan dikira kegiatan berkebun seperti gaya feminim. Menanam pohon tidak harus mahal tapi perlu akal. Dapat mendaur ulang barang bekas untuk pot, dan mengambil bibit tanaman dari sampah kita sendiri. Membuat kegiatan berbeda dibanding menonton TV atau hanya duduk di rumah.Beberapa tip untuk mulai berkebun dari media tanah sampai jenis pot.

Berkebun bukan kegiatan orang tua saja, tapi bisa dilakukan untuk yang muda. Manfaatnya dapat melatih otak karena kegiatan rutin untuk menyiram tanaman, setara olahraga, melakukan diet sampai menurunkan tingkat stress

2 orang penemu dari Australia katanya merancang sarang lebah dan dapat mengambil madu tanpa mengeluarkan lebah dari sarangnya. Dipasang satu pipa kecil, nantinya madu akan turun sendiri ke botol penampung.



Rumah dengan pohon di atap gedung. Dirancang arsitek Vo Trong Nghio, membuat rumah seperti kotak dengan fasilitas 2 lantai. Total luas tanah rancangan rumah ini sekitar 226 meter persegi. Ada 5 rumah yang dibangun, memiliki ketinggian berbeda beda.

Membuat pot tanaman , tanaman gantung, atau tempat pot yang digantung di pagar rumah. Ada cara sederhana, biayanya lebih murah dan tidak memakan tempat seperti ukuran pot yang besar.

Tempat menanam pohon bisa dimulai dari jendela, balkon bahkan sudut rumah. Apa saja yang bisa ditanam, bila suka sayur bisa menanam seperti tomat, cabai, daung bawang dan lainnya

Satu lagi ide memanfaatkan botol plastik bekas bisa dibuat menjadi pot tanaman. Bermodalkan botol bekas plastik yang dilubangi di sisi samping, tanah dengan pupuk, kawat dan tanaman. Pemasangan pot bisa digantung di tembok rumah. Bagaimana membuat rumah kaca mini dengan botol plastik

Disebut Kyocera Grows Green Curtain, sebuah rancangan tembok dengan tumbuhan.
Memanfaatkan tumbuhan yang tumbuh disamping tembok gedung , kantor , pabrik atau rumah dapat menahan panas matahari




No popular articles found.