Belajar video editing dari Colormeup untuk koreksi warna dalam film


Digital | 28 October 2014

Artis computer Andreaas Brueckl memperbaiki tampilan video dari bintang iklan Arri Alexa untuk produk Garnier. Pengerjaannya hanya 30 menit dalam video yang dibuat 3 menit ini. Memperlihatkan bintang iklan tampil begitu cantik dan gambar menjadi tajam. Proses dilakukan melalui computer


Ketika proses post-production, sebuah film, video iklan ternyata dilakukan oleh para artis. Mereka memperbaiki warna, ketajaman bintang iklan, produk dan cahaya. Yang menangani adalah digital artis, menariknya teknologi sekarang dapat melakukan tracking dari objek yang diperbaiki.

Ketika hasil video dibuat, warna video terlihat lebih soft.



Artis mulai memperbaiki kecerahan warna bintang agar gambar video tampil lebih bening dan terang. Teknologi video terbaru mengikuti sistem tracking serta menambah cahaya buatan dalam video editing. Bagian objek yang dikoreksi akan diperbaiki secara otomatis di setiap frame. Seperti gambar paling kanan terlihat garis kuning adalah tracking area yang diperbaiki mengikuti gerak dari titik posisi yang di letakan pada bibir sang bintang. Sehingga hanya bagian wajah saja yang terlihat lebih cerah. Pengerjaan editing video dilakukan secara otomatis oleh software computer.



Bagaimana membuat gambar video lebih tajam, seperti iklan ini agar rambut sang bintang lebih bercahaya dan terlihat lebih jelas.
Artis hanya memasukan bidang objek yang perlu di koreksi, seperti gambar kiri. Lalu melihat apakah area gambar yang perlu di koreksi sudah tepat.
Hasilnya pada gambar 2 gambar di kanan, sekilas tidak berbeda. tapi lihat pada bagian arah panah. Yang di kiri masih terlihat lebih coklat, sedangkan di kanan lebih terang ke warna kuning. Editing video iklan ini juga mengunakan tracking, dan koreksi secara otomatis dilakukan computer mengikuti gerakan bintang iklan.



Proses seluruhnya terlihat pada bagian gambar dibawah. Bagian yang dikoreksi terbagi dalam beberapa kotak. Semua dilakukan selama proses post-production video mengunakan computer.





Hasil video akhir terlihat dibawah ini, sangat berbeda dengan video asli. Setelah dikoreksi warna dan gambar video sang artis menjadi lebih tajam dan tampil Pop. Sedemikian canggihnya teknologi software dan para artis mengunakan software. Proses produksi iklan hanya perlu dikoreksi dalam waktu singkat.



Video di Vimeo ini menampilkan pengerjaan profesional disain artis senior Colorist Andreas Brueckl dari Colormeup. Video dengan durasi 30 detik tersebut adalah video Timelapse yang dipercepat ketika melakukan proses editing

Grading breakdown for a L'Oréal Garnier commercial from Andreas Brueckl on Vimeo.

+ Colormeup


Berita terkait
Pratik Naik adalah ahli foto retouching, melakukan edit foto selama 1,5 jam, tapi di percepat menjadi 7 menit. Selama pekerjaan edit foto sebuah wajah dengan teknik berbeda. Foto aslinya diambil oleh Jonas Jensen dan Naik merekam proses pekerjaannya sehingga bisa dilihat proses dari awal sampai akhir.

Setiap foto memiliki nilai, tapi membuat foto yang WoW disebutkan perencanaan, atau dihasilkan pada situasi yang beruntung. Membuat foto dengan nilai 4 sangat sulit dalam kondisi biasa, bintang 5 membuat foto seperti ini adalah sempurna dan tanpa cela.



Foto landscape atau pemandangan dengan bidang lebar. Mungkin ada yang frustasi karena gambarnya kurang tajam, karena setting camera untuk Landscape berbeda dibanding setting fot lain. Ada teknik untuk belajar foto Landscape yang disebut Sunny f16.

Apa yang dimaksud dengan lensa parfocal, lensa tersebut mengunakan aperture tetap. Dan perbedaan antara varifocal sebagai lensa biasa. Mau di zoom atau normal, lubang lensa akan tetap sama pada lensa parfocal. Seperti lensa Canon 17-40 f4 atau nikon 24-70 f2,8 AF-S.

Bagaimana nilai seorang fotographer berpengalaman dengan fotografi Landscape. Elia sudah keliling ke beberapa negara untuk mengabadikan tempat indah. Termasuk foto di Bromo selama 8 hari menjadi salah satu foto yang paling dikagumi.

Sarah Jessica Parker masuk sebagai cover majalah Bazaar edisi Maret 2013 untuk China. Masalahnya foto dia di edit dengan Photoshop. Entah mengapa yang mengedit malah menampilkan foto tidak jelas wajah Sarah Jessica Parker.




No popular articles found.