Turbin angin dari bambu untuk negara bekembang


Green | 4 December 2014

Pohon bambu sangat cepat tumbu dan sangat muda ditanam. Dan mudah di dapat di negara berkembang. Profesor teknik Ting Tan membuat ide menarik membuat turbin angin dari baling baling bambu. Penemu dari universitas Vermont mengatakan, mengunakan turbin angin dari bahan fiber sama saja seperti bahan alami dari bambu karena memiliki serat yang sama. Bahan bambu sangat kuat terhadap cuaca, dari suhu panas sampai cuaca dingin.



Disain profesor Ting Tan membuat 3 kipas baling baling tipe helical. Setiap blade atau baling dibuat dengan sudut 60 derajat dan sedikit di plintir sampai 80 derajat. Disain dari batang bambu untuk balik balik, termasuk tiang penyanggah untuk pegangan baling baling dibuat dengan bahan bambu. Untuk menyalahkan lampu tinggal dipasang lampu LED. Total berat baling baling turbin buatannya hanya 16kg.
Bila terjadi kerusakan dibagian baling baling, sangat mudah diperbaiki karena bambu tersedia dimana saja.

Dibawah ini disain turbin angin dari bambu yang disebut Hyrid Energy Harvester. Dapat dijadikan inspirasi untuk pembuatan baling baling turbin angin.


Berita terkait
Vattenfall membuat turbin angin dengan 3 kipas dengan panjang 80 meter untuk satu kipas. Dengan panjang rotor mencapai 164 meter dan dibutuhkan tempat untuk pemasangan sampai ketinggian 187 meter. Satu putaran cukup untuk listrik satu rumah seharian

Mungkin kita bertanya mengapa turbin angin dibuat dengan 3 baling, mengapa tidak 4 atau 8 baling agar mendapat daya dorong lebih kuat. Alasannya sederhana, produsen membuat dengan beberapa pertimbangan dan memiliki mengunakan 3 baling.



Ini dia magnit terbesar untuk turbin angin. Mampu menghasilkan listrik kekuatan 6MB dengan satu turbin saja. Dirancang oleh GE, menjadi magnit terbesar yang pernah dibuat sampai tahun 2016.

Smartflower POP dibuat perusahaan Austria. Berbentuk bulat dan mengikuti arah cahaya matahari. Dengan sistem tersebut solar cell dapat menghasilkan 40% power lebih besar dibanding pemasangan solar cell pada atap tetap. Setara kebutuhan energi rata rata satu rumah di Eropa

Tesla perusahaan mobil listrik membuat baterai untuk rumah. Mengunakan bahan lithium kekuatan 10kWh dan 7kWh. Katanya, kalau sedang badai atau gangguan cuaca dan listrik mati. Powerbank mereka bisa memberikan power listrik dirumah.

Terdengar menarik, menara Eiffel di Paris dipasang turbin angin. Turbin angin berbentuk baling spiral atau Helix dipasang 2 unit. Satu turbin angin menghasilkan energi listrik 10.000kWh pertahun , 2 unit turbin angin bila dipasang di ketinggian 120 meter.

PowerGen membangun pembangkit micro, salah satunya PowerBox dengan panel surya dengan penampung baterai. Menyediakan listrik bagi 14 pelanggan disekitar peralatan. Solusi murah dalam pemecahan masalah bagi penduduk di Afrika untuk menikmati listrik



Energi terbaharukan, antara turbin angin dan solar cell. Teknologi apa yang memberikan kontribusi lebih besar. Data dari National Renewable Energy Lab’s Renewable Energy menunjukan kapasitas turbin angin dan solar cell dalam memberikan energi listrik.

84 turbin dibangun untuk menghasilkan energi 120MW ada di Ashegoda. setelah diperluas lagi dengan tambahan 30MW.  Ladang turbin angin tersebut baru bekerja penuh dan menghasilkan sumber listrik terbesar dari energi angin di Ethiopia.

Turbin angin buatan Renzo Piano mengunakan buntut naga terbang. Bukan naga sih, hanya buntutnya dipasang satu turbin lagi. Turbin angin buatan Enel Green Power ini tidak berdampak terhadap lingkungan dan tetap bergerak walau kecepatan angin lambat.

Tahun 2011 Peace Frontier membuat prototipe turbin angin yang disebut Ring dengan disain lingkaran. Untuk turbin angin baling baling sudah banyak digunakan. Tapi ukurannya menjadi sangat besar untuk menerima dorongan dari angin.

Instalasi turbin angin tertinggi di dunia ada di pengunungan Tibet. China terus membangun energi alternatif dengan pemasangan turbin angin. Dikembangkan oleh Longyuan Power awalnya memasang 5 turbin angin, sekarang sudah mencapai 33 turbin angin untuk tahap pertama.

Cara membuat turbin angin dari botol bekas dan dinamo step motor. Mudah, modalnya satu step motor, tiang menyanggah, dan 4 botol plastik serta perekat

Perusahaan Sheedwind membuat teknologi turbin angin Invelox. Ukurannya kecil, tidak perlu tower dan tetap bekerja walau aliran angin minimum sampai 3,5km perjam.



Supersize Wind Turbines atau turbin angin raksasa untuk pemasangan di laut tidak murah. Siemens mengunakan teknik cepat dengan merancang kapal laut untuk pemasangan turbin angin.




No popular articles found.