Mobil listrik tranmisi SST Sync Shift Transmission


Green | 23 December 2014

Sekarang kendaraan listrik masih mengunakan pengerak motor. Kabar baru dari perusahaan ZF Powertrain Tech mereka mengembangkan sistem tranmisi untuk mobil listrik. Sementara sudah tersesia 2 speed, nantinya dikembangkan menjadi 3 dan 4 speed.

Dengan sistem tranmisi kendaraan listrik, jarak tempuh semakin jauh. Setidaknya dapat menambah 20% dengan sistem tranmisi otomatis. Bila sistem tranmisi kendaraan sudah dipakai. Menjadi pilihan bagi produsen mobil listrik untuk mengecilkan kapasitas baterai dan harga mobil lebih murah dengan kapasitas baterai lebih kecil. Berat sistem tranmisi juga ringan, tidak lebih dari 40kg.

Sistem tranmisi mobil listrik SST - Sync Shift Transmission

Perusanaan ZF berabsis di Jerman ini menyebut teknologi Sync Shift Transmission atau SSF. Sistem tranmisi rasio antara 2,7, 1.5 dan 1.0 untuk 3 speed. Pemindahaan gigi tidak memerlukan sistem hidrolik dan tidak ada friksi serta sentakan, bahkan kecepatan pemindah gigi hanya membutuhkan waktu 250 mili detik


Berita terkait
Mobil listrik City Transformer dirancang untuk 2 penumpang dengan posisi depan dan belakang. Keunikan sistem roda dapat melebar untuk kestabilan kendaraan. Disain roda ditanam ke sasis kendaraan, dan dapat dilipat masuk untuk mengecilkan lebar bodi. Kecepatan 40km perjam, lebih hemat dibanding mobil konvensional boros tenaga di kota .

Pemerintah Perancis memiliki paket Conversion Premium. Bila penguna kendaraan mau menukar mobil lama ke mobil listrik atau mobil hibrida. India tahun 2019 memberikan insentif kendaraan listrik. Boleh di potong pajak sampai 2.000 dollar dari pembelian kendaraan baru.



Bila sebuah mobil listrik mampu menempuh jarak 400km dengan baterai. Sejauh ini Tesla yang mampu memproduksi mobil listrik dengan jarak tempuh terjauh. Bagaimana kendaraan tersebut dibuat. Apakah kapasitas baterai lebih dikhawatirkan. Ternyata tidak.

Kecepatan motor Kumpan Electric 1954L dibatasi sampai 45km perjam, atau bisa di pesan untuk model lebih lambat dengan kecepatan maksimum 25km/jam. Berapa harga motor listrik Kumpan Electric 1954L, tidak terlalu mahal katanya dan dibuat dalam beberapa varian

Honda EV-Cub akan memasuki produksi tahun 2018. CEO Honda Takahiro Hachigo pertama kali menawarkan konsep motor listrik Honda di tahun 2009. Pengembangan motor Honda Cub sudah dibuat sejak 1958, nanti akan tampil dengan power baterai.

Motor listrik Sine Cycles memiliki gaya retro atau motor jadul. Bukan jadul tapi mirip gaya motor chopper. Perbedaan ada di mesin, dengan motor listrik dan power baterai. Pembuat Sine Cycles berpusat di Steffisburg Switzerland. Sistem motor yang kelihatannya sederhana.

Mobil Audi R8 E-tron masih dalam konsep dan siap ditampilkan di pameran motor show. Menarik dengan mobil listrik Audi R8 E-tron mampu berjalan sampai 500km denngan power baterai



Motor listrik buatan pabrik Tesla, kabarnya merancang motor sport listrik dengan kekuatan mesin 204 PS. Masih tahap konsep, setidaknya ada 4 mode ketika mengendarai motor ini dengan  Race, Cruise, Standar dan satu lagi vesi Eco.

eTrick Evolutioon R01 lebih tepat disebut sepeda tapi mesin setara motor listrik. Mengunakan kekuatan motor listrik 2500W, lebih besar dari kekuatan motor listrik biasa. Dirancang untuk medan berat seperti berbatuan atau medan tanah.

Di Tiongkok mulai muncul kendaraan kecil dari 2  kursi penumpang. Bekerja penuh dengan power baterai, hanya mobil ini ukurannya memang kecil. Selain industri mobil listrik kecil, industri ini memicu pabrik kecil lain yang membuat komponen.

Mobil listrik Smart EV hanya sebuah mobil berukuran kecil, bila adu cepat dengan Ford Mustang, Audi A5 dan Porsche Boxster. Siapa yang menang. Mungkin kita akan mengatakan jelas saja mobil dengan bahan bakar biasa. Tunggu dulu.




No popular articles found.