Belajar menerangkan luasnya alam semesta bila manusia bisa mengirim pesan


Kategori : Science | Date : 9 January 2015
Menerangkan luasnya alam semesta kepada orang lain, mungkin berakhir dengan perbedaan persepsi. Bagaimana menerangkan besarnya alam semesta dengan cara sederhana. Mengatakan kecepatan tahun cahaya, mungkin terdengar mustahil.
Manusia dapat melihat benda yang jauhnya miliaran tahun cahaya. Seakan menjadi pesan yang dapat diterima di alam semesta.

Sebaliknya, bagaimana manusia dapat mengirim pesan ke seluruh isi alam semesta. Tentu mengunakan gelombang radio, tapi seberapa jauh pesan bisa di dengar. Setidaknya bila ada mahluk lain yang mendengarkan kita dari sinyal radio.

Cara paling mudah memberikan gambar dari galaksi kita yaitu Milky Way atau Bima Sakti yang membentang 100 ribu tahun cahaya. Bila seseorang ingin mengirim pesan dengan siaran radio ke ruang angkasa. Seberapa jauh siaran tersebut dapat diterima, dan berapa lama.

Radio Broadcast from Earth

Kecepatan frekuensi radio hampir sama seperti kecepatan cahaya. Seandainya membandingkan penemuan siaran radio pertama di era 1880an. Pancaran dari sinyal radio pertama belum pergi terlalu jauh, bahkan hanya menjangkau sebagian kecil dari isi galaksi Bima Sakti.
Setelah 200 tahun sejak 1880an manusia menemukan cara membuat sinyal radio. Maka ditahun tahun 2080, sinyal siaran radio pertama tersebut baru sampai atau terdengar di satu titik lingkaran biru yang ditandai dibawah ini. 200 tahun nanti, hanya sampai disitu.

Radio Broadcast from Earth

Pesawat antariksa Voyager 1, yang sudah diluncurkan sejak tahun 1977 dan menjadi benda buatan manusia yang berada paling jauh saat ini.
Sekarang saja baru mencapai jarak 18 jam cahaya dari Bumi. Atau hanya 1/97.000 dari rentang di tanda biru pada gambar dibawah ini.

Radio Broadcast from Earth

Dapat dibayangkan sebesar apa galaksi kita sendiri. Untuk penemuan siaran radio pertama di era 1880 saja, sinyalnya sekarang saja belum mampu menjangkau di titik luar dari lingkaran biru yang sangat kecil diatas. Posisi kita berada ditengah piring galaksi, sekitar 50.ribu tahun dari sisi paling belakang. Bila manusia mengirim sinyal ke arah tepian galaksi, artinya sinyal radio dari Bumi baru sampai 50 ribu tahun nanti.



Informasi diatas tidak berbeda dengan penemuan sinyal WoW  yang diterima ilmuwan dari ruang angkasa. Ketika teleskop radio dari proyek SETI di Bumi tahun 1977 menangkap sinyal lain yang bukan frekuensi dari Bumi. Pesan sinyal radio sempat terdengar sekali saja selama 72 detik pada 15 Agustus 1977. Sejak itu tidak pernah terdengar (tertangkap) kembali. Karena sumber sinyal radio yang diterima tersebut diperkirakan berasal dari jarak 110-200 tahun cahaya dari Bumi. Mungkin yang mengirim sudah lupa kalau mereka pernah mengirim sinyal ke mahluk lain dan tidak pernah mendapatkan balasan.
Sinyal WOW pernah tertangkap radio teleskop mengunakan frekuensi Narrowband. Pada 15 Agustus 1977, Jerry R Ehman bekerja untuk proyek SETI di radio teleskop Big Ear milik universitas Ohio.3 pencarian di tahun berbeda, sinyal lenyap. Teori sinyal WoW dicoba untuk dibuktikan, walau butuh 2 tahun

John Podesta mengungkap UFO itu memang ada. Sedangkan Boyd Bushman mantan ilmuwan senior di Lockheed Martin mengklaim alien memang ada di Bumi dan nyata. Tinggi mereka 1,5 meter, memiliki jari lebih panjang, usianya mencapai 230 tahun. Mereka mungkin sangat jauh lebih tua dari kita.



Teleskop terbesar dunia pada 10 tahun mendatang akan dinamai European Extremely Large Telescope (E-ELT). Dibangun di Chile, dan membutuhkan waktu pembangunan selama 10 tahun. Konstruksi E-ELT sudah dikonfirmasi pada Juni 2012, dimulai 2017 selesai 2024. Sebesar apa ukurannya ketika jadi nanti

Teleskop Jamess Web selesai dan masuk tahap pengujian. Teleskop yang mampu melihat 13,5 miliar tahun ke belakang. Proses pembuatan mencapai 20 tahun. Sekarang teleskop ini hanya diam di bumi. Kesalahan rancangan, bila gagal bekerja di ruang angkasa dan tidak bekerja. Triliuan hanya menjadi sampah

Bintang AS 209 terletak 410 tahun cahaya dari Bumi. Menjadi sebuah sistem tata surya baru yang baru lahir, diperkirakan baru berusia 1 juta tahun dalam skala kosmos. Setidaknya ada 2 protoplanet akan lahir disana.

Astronomi mengidentifikasi puluhan bintang tipe OB baru di area Cygnos OB2. Penemuan ini meningkatkan populasi bintang muda yang masif (ukuran raksasa). Letak Cygnus OB2 berada 4700 tahun cahaya dari BumiMenjadi salah satu daerah pembentukan bintang paling kuat di komplek Cygnus.

Tahun 1996 teleskop Hubble diminta untuk mengarahkan ke satu arah yang kosong. Ruang kosong tersebut ukurannya sangat kecil, apa benar disana memang kosong. Film terbaru dengan penemuan teleskop Hubble. Yang dilihat kosong di ruang angkasa ternyata ada isinya.



Berapa lama cahaya matahari mencapai planet Jupiter dengan jarak 778 juta km. Cahaya matahari membutuhkan waktu ke bumi setelah 8 menit 20 detik dengan jarak 149 juta km. Planet paling dekat adalah Merkurius 47 juta km, itupun cahaya matahari harus menempuh selama 2 menit 16 detik.

Mungkin ada yang beranggapan bumi kita memiliki orbit sejajar dengan galaksi. Dan matahari mungkin sejajar juga dengan orbit putaran galaksi. Posisi orbit tata surya kita sebenarnya miring terhadap garis galaksi. Bila melihat gerakan bumi, maka gerakannya membentuk spiral

Astronomi, foto yang dibuat tidak lepas dari cermin teleskop. Dimana pabrik pembuat cermin teleskop untuk ruang observasi bahkan teleskop ruang angkasa Hubble. Dan bagaimana sebuah pabrik membuat cermin sangat besar dan presisi




No popular articles found.