Teleskop NGTS array mencari planet seukuran bumi membantu teleskop besar


Science | 15 January 2015

Teleskop baru Next Generation Transit Survey atau NGTS siap bekerja di tempat observasi Paranal utara Chile. Terdapat 12 teleskop tapi bentuknya tidak seperti teleskop biasa. Terdiri dari 12 teleskop yang dipasang bekerja dengan sistem robot secara otomatis.

NGTS adalah proyek dari Inggris, Swiss dan Jerman. Tugas teleskop NGTS untuk melanjutkan penemuan planet dari teleskop lain seperti VLT miliki ESO yang berada ditempat yang sama. Bila teleskop VLT ukuran besar telah menemukan objek seperti planet di sebuah bintang. Selanjutnya data dikumpulkan dan di analisa lebih lanjut dengan teleskop NGTS.

Tugas NGTS akan mengamati beberapa bintang yang kira kira memiliki satu planet seukuran 2-8 lebih besar dari Bumi. Siapa tahu ,disana juga ada  planet seukuran bumi. Mungkin sedikit lebih besar atau lebih kecil. Karena planet tidak bercahaya, dan hanya bisa dilihat ketika melintas di depan bintang yang berada dibelakang. Posisi tersebut harus ditunggu agar bisa terlihat oleh teleskop di bumi.
Sementara tugas teleskop VLT mengamati objek lain, sisanya diserahkan ke NGST untuk nongkrong setiap hari dari objek yang sudah temukan VLT.

Next Generation Transit Survey atau NGTS


Berita terkait
Teleskop eROSITA khusus untuk memetakan ruang angkasa dari radiasi sinar X-ray. Menunjukan isi galaksi Bima Sakti sebagian besar aktif. Di bagian tengah galaksi terlihat banyak debu dan gas, beberapa aktivitas radiasi tinggi juga ditemukan seperti bintang magnestar, bintang biner dan nebula.

Teleskop terbesar dunia pada 10 tahun mendatang akan dinamai European Extremely Large Telescope (E-ELT). Dibangun di Chile, dan membutuhkan waktu pembangunan selama 10 tahun. Konstruksi E-ELT sudah dikonfirmasi pada Juni 2012, dimulai 2017 selesai 2024. Sebesar apa ukurannya ketika jadi nanti



Bila mendapatkan gambar dari teleskop Alma, bentuknya tidak seperti foto teleskop optik. Karena teleskop Alma adalah teleskop radio terbesar di ketinggian 5000 meter. Alma memiliki 66 antena presisi tinggi, terbesar dengan jarak 16km

Jangan tanya dengan camera dengan sensor terbesar yang satu ini. Dimiliki teleskop SLAC National Accelerator Laboratory dan sedang dibangun di Chile. Sensor camera harus digabung untuk mencapai resolusi sangat tinggi, 189 sensor di gabung menjadi satu.

Astronomi, foto yang dibuat tidak lepas dari cermin teleskop. Dimana pabrik pembuat cermin teleskop untuk ruang observasi bahkan teleskop ruang angkasa Hubble. Dan bagaimana sebuah pabrik membuat cermin sangat besar dan presisi




No popular articles found.