Langit yang kita lihat hanya diisi oleh cahaya bintang dan planet.

Tetapi ada beberapa objek yang dapat dilihat diabadikan dengan teleskop atau lensa zoom dari camera.

Beberapa benda di ruang angkasa bisa diamati, terkadang perlu mengunakan perlengkapan astronomi seperti teleskop atau perangkat camera. Benda tersebut tersembunyi seakan tertutup cahaya bintang.

Pernah mendengar kata Nebula, kumpulan gas dan debu yang mengambang di ruang angkasa atau di galaksi kita. Bisa diabadikan dengan camera, benda tersebut kelihatan kecil dari bumi. Tapi salah satu objek seperti Orion Nebula memiliki bentangan sangat luas sampai beberapa ratus tahun cahaya.

Benda sebesar ini bisa dilihat dengan mata, tapi harus ditempat yang sangat gelap (jauh dari polusi udara). Atau ditangkap dengan sensor serta diamati dengan teleskop astronomi.

Untuk pemula dengan teleskop dapat mengandalkan ukuran diameter teleskop 60 sampai 115mm. Sedangkan camera bisa mengunakan lensa telezoom 300mm keatas untuk fokus ke sebuah onjek. Atau lensa Prime dalam mengabadikan garis galaksi kita. Benda apa saja diruang angkasa yang dapat dilihat, khususnya untuk kalangan amatir.

Bulan
Dari objek tebesar setelah matahari adalah Bulan
Bulan dengan mudah diamati, dengan camera pocket dengan kemampuan zoom cukup besar paling mudah diabadikan. Karena camera akan menangkap cahaya sangat terang, khususnya ketika bulan purnama. Setting camera harus diatur untuk mengambil bulan. Umumnya dengan setting f8.0 dengan kecepatan 1/150-1/250 atau lebih dengan ISO 400. Untuk teleskop sangat mudah untuk melihat permukaan bulan lebih besar.

Membuat foto bulan dari camera telezoom

Contoh foto bulan dari lensa camera tele 300mm (450mm dengan APS-C)



Jupiter
Untuk mengabadikan planet Jupiter beserta 4 bulan ukuran besar disana. Dari bulan Callisto (bulan paling jauh dari Jupiter), Ganymede, Lo dan Europa (bulan paling dekat). Disarankan mengunakan teleskop untuk mendapatkan detil gambar awan gas planet Jupiter. Karena membutuhkan pembesaran gambar sampai 40x.

Atau sekedar melihat bulan yang ada di planet Jupiter, dapat mengunakan lensa telezoom.

Foto dibawah pertama diabadikan dengan teleskop, gambar kedua planet Jupiter dengan lensa telezoom camera dapat terlihat 3 titik cahaya adalah bulan disana yang berada disamping Jupiter.

Perbandingan planet jupiter dengan teleskop vs camera zoom

Garis bintang Pleiades
Satu lagi objek kelompok bintang Pleiades. Cukup mengunakan teleskop ukuran 90mm. Bintang Pleiades disebut juga si kecil Big Dipper, kadang terlihat dengan mata tapi kelompok bintang disana sangat sulit diabadikan di kota. Beberapa puluh bintang ada disana dan jaraknya tidak terlalu jauh dari bumi  dengan rata rata mencapai jarak 444 ly. Magnitude kelompok bintang ini antara +1.6 Magnitude, sedikit lebih samar dibanding bintang tunggal yang bersinar.

Setidaknya ada 7 bintang besar yang mudah terlihat dalam satu kelompok. Total 9 bintang besar dari urutan paling terang Alcyone, Atlas, Electra, maia, Merope, Taygeta, Pleione, Celaeno dan Sterope.
Bintang di Pleiades memiliki cahaya berwarna biru. Kelompok bintang muda tersebut baru berusia 100 juta tahun. Jadi umurnya sangat muda dan bintang disana cahayanya sangat panas.

Dibawah ini diagram dari bintang Pleiades dan foto kecil dari camera

kelompok bintang Pleiades 444 tahun cahaya dari bumi

Selanjutnya objek lebih besar di ruang angkasa.