PowerGen listrik jaringan listrik mikro


Green | 26 January 2015

Afrika dengan jumlah penduduk sangat besar, tapi 70% tidak mendapatkan listrik. Banyak solusi ditawarkan, beberapa negara di Afrika yang lebih maju membangun panel surya dan pembangkit tenaga angin. Tapi sebagian besar negara tetap tidak mampu membangun pembangkit listrik.

Bila dilihat dari peta Blue Marble, benua Afrika memang paling gelap.

Solusi ditawarkan untuk penduduk di Afrika. Ada yayasan yang menyumbangkan sepeda untuk alat transportasi, sebagian membuat kantong air agar penduduk tidak perlu mengotong ember yang berat.

Solusi power listrik. Beberapa perusahaan membuat inovasi seperti lampu gantung dengan tenaga surya. Praktis dan murah, tapi hanya untuk penerangan.  Solusi lain ditawarkan satu inovator, membuat pendingin untuk buah dengan cara sederhana dari power solar cell. Sehingga petani buah bisa menyimpan hasil panen lebih awet.

Satu solusi dari Sam Slaughter membuat PowerGen dibuat nyata. Sebuah perusahaan yang membuat jaringan listrik mikro, dimana daerah tidak mendapatkan jaringan listrik. Sistem PowerGen berdiri sendiri, cukup untuk penerangan 10-15 rumah di malam hari. Power diambil 3 sumber listrik, Gentset kecil, turbin angin kecil dan solar cell. Kelebihan power ditampung ke dalam baterai.

Salah satunya pembangkit kecil buatan PowerGen dengan kotak kuning dari besi yang diberi nama PowerBox. Diatasnya dipasang panel surya, power solar cell kekuatan 1,4kW, baterai 9kWh dan sebuah inverter 3kW. Yang dicoba di Nkoilale di Kenya cukup untuk 14 pelanggan.
Pembangkit micro PowerBox ini memang mahal, tapi pelanggan hanya dikenakan biaya pemakaian.

Pembangkit Micro PowerGen dengan PowerBox untuk jaringan listrik kecil

Ide ini menarik. Salah satu pelanggan Lillian Muthoni memiliki restoran. Awalnya setiap bulan harus menghabiskan dana $130 untuk biaya bahan bakar genset. Untuk membayar tagihan listrik, pelanggan hanya perlu mentranfer melalui pulsa telepon. Sekarang Lillian hanya membayar tagihan listrik $22 perbulan. Sisa uangnya dapat dipakai untuk keperluan lain.

Pembangkit Micro PowerGen dengan 
PowerBox untuk jaringan listrik kecil

PowerGen bukan perusahaan pertama yang menawarkan jaringan listrik micro. Data dariNavigant, di Afrika akan lebih banyak membangun jaringan micro. Total nilai mencapai $155 miliar di tahun 2023. Semua tantangan ada disana. Indonesia, sepertinya belum terlalu banyak inovator yang berani membuat.

Berita terkait
Situs Greenchallenge.info menawarkan penghargaan untuk mendanai kegiatan hijau. Khususnya untuk membuat usaha pertama di bidang energi terbarukan atau lingkungan, bila menang akan di danai. Total hadiah mencapai 500.000 euro.

Sangat banyak energi di bidang hidrokinetik, cukup menempatkan turbin di air. Walau gerakan aliran air yang lambat dapat menghasilkan power dari turbin mini. Idenya untuk pembangkit mini di tempat kemah, atau komunitas kecil dimana tidak memiliki aliran listrik



November 2014 sebuah perusahaan memasang solar cell di jalur pejalan kaki dan jalan sepeda di Belanda. Setelah 6 bulan di uji coba hasilnya malah menghasilkan listrik lebih besar. Mencapai lebih dari 3000 kWh dengan panjang solar cell yang digelar di jalan

Tesla dapat dirancang untuk baterai backup di rumah atau kalangan bisnis. Bisa saja baterai backup Tesla dijadikan penyuplai power mobil listrik. Dan kelebihan power digunakan untuk lampu rumah pada malam hari atau digunakan untuk mengisi baterai mobil listrik

Hitachi Power Boost Cyclone PV-BC500 mengunakan power baterai, menjadi vacuum cleaner portabel dengan sistem cyclone vacuum cleaner. Mudah dibawa untuk membersihkan perabotan rumah, bangku, atau membersihkan interior di dalam kendaraan.

Profesor teknik Ting Tan membuat ide menarik membuat turbin angin dari baling baling bambu. Penemu dari universitas Vermont mengatakan, mengunakan turbin angin dari bahan fiber sama saja seperti bahan alami dari bambu karena memiliki serat yang sama.

Lampu LED Ariel daya tahan lama sampai 180 ribu jam atau setara 40 tahun bila dinyalakan 12 jam setiap hari. Rahasianya ada di bagian pendingin dengan penghantar heatpipe dan lempeng pendingin aluminium. Bisa diremote dari smartphone



Memiliki AC dirumah, biasanya memberikan udara dingin. Setelah lebih dari setahun , AC menjadi tidak dingin lagi. Namanya saja mesin, tentu perlu perawatan. Tapi tidak semua memerlukan perbaikan seperti AC kurang dingin, bahkan bisa menghemat listrik

Ketika menonton acara bola dunia 2014, mungkin terlihat iklan perusahaan YingLi asal Tiongkok. Pabrik ini masuk bursa tahun 2007, sekarang menjadi pabrik terbesar pembuat panel surya untuk pasar global.

SunTracker adalah lampu dengan energi surya. Mampu menghemat pemakaian listrik untuk siang hari dan digantikan dengan cahaya matahari. Setidaknya 10 jam sehari aliran listrik dapat dimatikan dan cahaya gudang pabrik, supermarket sampai kantor dapat mengunakan cahaya alami

Energi terbaharukan, antara turbin angin dan solar cell. Teknologi apa yang memberikan kontribusi lebih besar. Data dari National Renewable Energy Lab’s Renewable Energy menunjukan kapasitas turbin angin dan solar cell dalam memberikan energi listrik.




No popular articles found.