LEVV DDR RAM untuk high end PC game


Hardware | 26 January 2015

Hynix KLEVV menyiapkan memory high end untuk computer game. Merek memory modul KLEVV untuk computer dibuat untuk DDR3 dan DDR4. KLEVV ternyata partner dari pabrik chip Hynix, tapi ada yang menarik antara hubungan kedua perusahaan tersebut.

Antara KLEVV dan Hynix, merek ini akan diberikan jatah khusus oleh pabrik chip Hynix. Chip DRAM akan disortir dan dipilih yang terbaik untuk KLEVV. Dengan kerjasama seperti ini, KLEVV mendapatkan keunggulan dalam kemampuan produk DRAM. Mungkin tidak butuh waktu banyak kalangan gamer akan mengenal dan mengetahui hubungan keduanya.

Setidaknya KLEVV dapat memiliki stok khusus memory chip dari pilihan Hynix. Merek KLEVV tidak menjual langsung, dan diwakili oleh Essencore dan bekerja sama dengan toko retail online NewEgg.

Untuk KLEVV DDR3 terdapat 3 model dan seluruhnya diperuntukan untuk kecepatan atau computer gaming. KLEVV mengunakan beberapa nama untuk produk memory modul DDR dari Crass, Genuine, Urbane dan Neo. Kecepatan dimulai 1600Mhz., hanya tipe 32GB dibuat sampai 2400Mhz.

DDR3 KLEVV rass, Genuine, Urbane dan Neo

Tipe memory KLEVV saat ini.
  • Klevv Cras untuk DDR4 modul standar
  • Klevv Gunuine dan Klevv Urbane DDR3, 1600Mhz-9-11-11, 2133Mhz-9-11-11,  2400Mhz-10-12-12, 2666Mhz-12-13-13, 2933Mhz-12-14-14, 3200Mhz-13-15-15
  • Klevv Neo DDR3, 1600Mhz-9-11-11, 2133Mhz-9-11-11, 2400Mhz-10-12-12.

Cerita memory modul pilihan untuk gaming
Mungkin ada yang pernah mendengar kerjasama antara produsen memory untuk PC gaming dengan pabrik chip. Produsen memory membuat chip, dan mengemas dalam modul memory, produsen memory bermerek memesan ke pabrik chip. Dan end user atau pemakai dapat memilih tipe memory apa yang mereka butuhkan. Tapi produsen merek memory berada ditengah. Kadang kebutuhan memory game sangat unik, dibutuhkan kecepatan, kestabilan dan kinerja tinggi.

Merek memory seperti Corsair, Kingston misalnya memiliki hubungan dekat dengan pabrik chip yang mereka pesan. Perusahaan merek memory dapat meminta pesanan khusus seperti chip  yang sudah dipilih atau memiliki kemampuan khusus. Corsair pernah meminta ke pabrik chip, untuk menyeleksi chip pada bagian tertentu. Sehingga Corsair mendapatkan chip khusus dengan kinerja lebih tinggi dari performa memory premium lainnya.

Proses produksi memory khusus seperti ini cukup memakan waktu. Karena tidak selalu tersedia dan dijual diatas harga memory premium lainnya. Dari pabrik chip sendiri harus menyortir dan memeriksa ulang untuk memastikan chip mereka sebelum dikirim ke vendor memory. Setelah sampai ke produsen, mereka melakukan pemeriksaan kualitas ulang agar sesuai spesifikasi yang diberikan.
Dari perusahaan merek memory akan menjual ke end user atau ke PC Builder (perakit PC khusus untuk gaming) seperti Alienware, Main gear, Origin PC dan lainnya.



Bagi penguna computer high-end dapat melihat konfigurasi dari merek PC terkenal yang harga jualnya selangit. Bisa memeriksa spesifikasi apa yang mereka pasang dengan computer seharga $8.000. Sehingga kita mendapatkan kunci rahasia dari konfigurasi yang mereka pakai. Dengan resiko, belum tentu komponen yang dijual dipasar akan sama seperti komponen yang dipakai oleh Builder computer bermerek.

Berita terkait
Corsair sudah menyiapkan memory generasi baru DDR4. Memory tersebut langsung masuk di kecepatan 2800Mhz dan 2666Mhz. Sementara hanya tersedia 16GB dengan dual kit memory modul.

RAM computer memiliki setting XMP. Apakah anda sudah mengaktifkan, apakah mendapatkan speed memory yang sesuai. Bila semua sudah di setting dengan benar, apakah computer lebih cepat. Awasi panas procesor anda, karena produsen motherboard diam diam meningkatkan kinerja procesor untuk bekerja penuh




No popular articles found.