Adaptive Sync hadir di DisplayPort 1.2A


Hardware | 1 February 2015

VESA menambahkan fitur variable Refresh monitor untuk DisplayPort 1.2a. Konsepnya sudah dibuat sejak tahun 2014, disebut dengan embedded DisplayPort (eDP). Yang lebih dahulu tampil adalah G-Sync, disusul AMD dengan Freesync.

Nvidia lebih dahulu bekerja sama dengan partnernya seperti produsen monitor mengunakan module G-Sync.
AMD lebih memilih mengunakan VESA ke Bridge sebagai jembatan eDP dan DisplayPort

Dengan standar ini, produsen VGA dan monitor dapat mengadopsi teknologi eDP lebih cepat. Baik untuk hardware dan driver, sekarang sudah tersedia.

Apa yang dimaksud dengan Adaptive Sync.
Monitor akan bekerja dengan frame rate tetap. Khususnya aplikasi game, CPU atau GPU yang keluar memiliki kecepatan bervariasi.sesuai komplek gambar yang dirender VGA. Bila kecepatan frame rate naik turun bahkan terlalu jauh perbedaannya. Gambar akan terlihat seperti artifak dan tambil bergaris bahkan lag.

DisplayPort Adaptive Sync memungkinkan layar secara dinamis mengikuti kecepatan render GPU. Mengambil kecepatan dasar frame by frame, latency lebih rendah, dan gambar lebih halus.

Bila computer digunakan untuk membaca seperti browsing atau melihat gambar. Adaptive Sync akan menurunkan kecepatan refresh rate. Artinya kinerja VGA menjadi lebih lambat dan tidak memboroskan power. Termasuk pada notebook, akan menghemat baterai.
DisplayPort Adaptive Sync mungkin memiliki pendekatan berbeda dengan teknologi refresh monitor dan VGA.

Teknologi Adaptive Sync hanya diberikan untuk versi DisplayPort 1.2A. Teknologi ini secara resmi disebut DisplayPort Adaptive Sync. Dari VESA teknologi mereka tidak akan dikenakan lisensi atau bayaran apapun. Dan semua produsen penguna VESA dapat memanfaatkan teknologi Adatpive Sync

Dibawah ini penjelasan dan demo dengan Adaptive Sync


Berita terkait
Motherboard chipset AMD A320 ditawarkan lebih murah. Dengan 2 slot memory, memiliki output DVI, HDMI dan DisplayPort dengan internal grafik procesor Ryzen. Gigabyte AB350N mini board dengan chipset 350 dilengkapi internal WIFI

Mempercepat computer antara mitos dan kenyataan. Apakah memperbaiki Registry dapat mempercepat computer, atau menambah kemampuan CPU lebih baik. Mungkin solusinya menginstall ulang, atau menambah RAM computer. Cara terbaik mempercepat computer adalah mengenali sistem computer itu sendiri




No popular articles found.