Black hole PDS 456 sebagai lubang hitam terbesar


Science | 20 February 2015

Nasa temukan lubang hitam terbesar dan diberi nama black hole PDS 456. Mengunakan Nasa Nuclear Spectroscope Telescope Array (NuSTAR dan ESA XMM Newton Telescope. Para ilmuwan di CalTech dapat memperkirakan kekuatan benda ini dalam waktu dekat.

Lubang hitam biasanya menarik materi baik gas dan debu kosmik di sekitarnya. Sisanya akan dimakan oleh lubang hitam untuk membentuk dirinya semakin besar, sedangkan gas umumnya akan terlempar seperti semprotan gas jet membentuk garis. Tapi dari pengamatan 2 teleskop, di PDS 456 sedikit berbeda. Benda ini terlihat sangat besar, dan terlihat sangat bercahaya (gambar dibawah).

Kedua teleskop mengambil data spektrum X-ray yang dipancarkan dari lubang hitang PDS 456. Untuk NuSTAR mengamati energi tinggi dengan cahaya X-ray dan XMM Newtown mengamati spektrum energi rendah. Kedua teleskop digunakan untuk pengamatan sejak 2013 sampai 2014.

Lubang hitam PDS 456 terlihat mampu mendorong angin dari pusat galaksi dengan kecepatan 1/3 kecepatan cahaya. Dengan kekuatan tersebut mendatangkan membawa materi lebih banyak termasuk materi besi ikut terlempar. Bahkan lubang hitam tidak melepaskan gas membentuk beam atau garis keatas, tetapi membentuk cahaya dengan sudut bulat.  Membuat bentuk galaksi ini seperti memiliki tonjolan besar yang diartikan disana terdapat sebuah lubang hitam super raksasa. Foto Natgeo

Supermasive black hole PDS 456

Apa dampaknya bila sebuah lubang hitam terlalu besar berada ditengah galaksi. Lubang hitam PDS 456 memperlihatkan kekuatan energi yang dilepas lebih besar dari 1 triliun matahari perdetik. Dengan kekuatan lubang hitam disana melempar materi di galaksi, bisa diartikan bintang yang tumbuh di galaksi tersebut akan lebih sedikit bahkan akhirnya berhenti membentuk bintang baru. Karena semua materi yang dibutuhkan bintang sudah ditelan oleh inti galaksi.

Dibawah gambar artis, kedua data yang ditangkap oleh 2 teleskop

Supermasive black hole PDS 456

Berita terkait
Lubang hitam tidak hanya terkati dengan inti galaksi. Atau bintang raksasa yang meledak dan mati sampai membentuk dirinya menjadi lubang hitam. Peneliti mendapatkan lubang hitam terkecil. Yang massanya setara 3,3 kali lebih besar dari Matahari. Dan sudah cukup membentuk sebuah lubang hitam baru.

Tetapi lubang hitam memainkan peranan penting bagi kehidupan, khususnya manusia. Blackhole akan melemparkan jet. Jet yang terlempar mungkin menghantam galaksi yang berdekatan, dan disana terciptalah bintang. Seperti kejadian di galaksi HE0450-2958 memiliki sebuah quasar



Kita mungkin bertanya, apakah mungkin di sebuah galaksi ada 2 black hole. Atau mungkin saja 3 black hole. Beberapa tahun lalu astronom menditeksi karakteristik spektrum ganda yang memuncak dari jantung AGN di SDSS J1502 1115, disana ada 3.

Blackhole sampai saat ini masih misteri dalam dunia astronomi, walau bulan April 2019 mulai terungkap. Benda yang besar, hitam, berada ditengah galaksi. Benda Blackhole atau lubang hitam adalah benda terbesar di sebuah galaksi. Terkadang tidak hanya satu tapi ada dua.

Peneliti astronomi baru memperkirakan jawaban dari teka teki mengapa galaksi Bimasakti kita berbeda dengan 2 juta tahun yang lalu. Blackhole atau lubang hitam di tengah galaksi kita sebenarnya sangat kuat, setelah diperkirakan awan gas Magellanic sebagai jejak fosil kuno.




No popular articles found.