Planet Tau Ceti bukan kandidat terbaik


Science | 6 August 2017

Planet di Tau Ceti mungkin 2 dapat di tinggali dengan pengukuran baru.

2015
Setiap tahun dari ilmuwan astronomi mengabarkan mereka menemukan planet baru.

Ada yang jauh ada yang dekat dengan tata surya kita. Walau disebut dekat, tentu manusia belum bisa pergi kesana.

Satu tata surya Tau Ceti memiliki jarak cukup dekat, hanya 12 tahun cahaya, tata surya disana dianggap menarik untuk dipelajari lebih lanjut.

Pada tahun 2012 terlihat disana terdapat 5 planet yang mengitari mataharinya.

2 di antaranya diperkirakan berada pada daerah yang tepat untuk manusia tinggal "nanti".

Kedua planet Tau Ceti e dan Tau Ceti e memiliki letak yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Mirip seperti kondisi biologi di Bumi.

Tau Ceti Planets solar system

Tapi bulan April 2015 ini, satu tim peneliti dari Arizona mengatakan mempublikasin penelitian terbaru dan hal berbeda diceritakan dengan satu planet disana. Melihat komposisi kimia di kedua planet tersebut seperti tipis sebagai tempat manusia. Matahari disana berukuran 78% dibanding ukuran matahari kita. Bintang Tau Ceti masuk ketegori kelas G dan tidak terlalu besar.

Disana ada 5 planet yang disebut dengan urutan Tau Ceti b,c,d,e dan f.

Orbit masing masing planet Tau Ceti


b = 13,96 hari
c = 35,36 hari
d = 94 hari
e = 168 hari
f = 642 hari

Dibelakang planet f terdapat satu lingkaran disk atau debu dan batuan seperti cincin. Cincin tersebut sementara akan menjadi masalah bagi planet disekitar. Bila terjadi gerakan, memungkinkan asteroid bergeser dan melenceng jatuh di sekitar planet.

Planet Tau Ceti e tepat berada di zona yang layak huni, walau sebelumnya Tau Ceti f dianggap lebih tepat. Untuk planet Tau Ceti f mungkin baru bisa mendapatkan kehidupan 1 miliar tahun nanti berdasarkan perhitungan biosfer di bumi. Sebelum mikroba bisa hidup di planet tersebut masih dibutuhkan 1 miliar tahun lagi.

Data yang disebutkan, matahari di tata surya Tau Ceti berbeda dengan matahari kita. Bitang disana mengandung magensium lebih besar dibanding bahan silikon. Kandungan magnesium tinggi dalam sebuah tata surya diartikan planet di dominasi Ferropericlase. Jadi planet disana kemungkinan memiliki bahan ultra padat. Dan memperlambat pergerakan lempeng di planet serta kegiatan gunung berapi. Dua proses tersebut menjadi bagian penting di Bumi tapi tidak di planet Tau Ceti.

Agustus 2017
Studi dari tim astronom internasional mengungkap 4 planet mirip bumi.

Planet dengan massar rendah sekitar 1,7 massa bumi.  Penulis utama Fabo Feng dari Univeresitas Hertfordshire Inggris mengatakan peneliti semakin dengan dengan pengukuran 10 cm perdetik dimana dibutuhkan untuk menditeksi analog bumi. Goyangan yang lemah seperti ini dapat menjadi tonggak sejarah dalam pencarian bumi.
Kami telah memperkenalkan metode baru untuk menghilangkan gangguan data ketika menangkap sinyal lemah dari transit planet.

2 planet terluar di sekitar bintang Tau Ceti cenderung menjadi kandidat yang kuat, artinya bisa menjadi hunian mahluk hidup.
Tim yang sama telah meneliti planet di Tau Ceti sejak 2013. Penulis Mikko Tuomi dari universitas yang sama mempimpun upaya dalam pengemabngan teknik analisa data dengan patokan bintang.



Potensi planet yang menarik adalah 2 planet paling belakang. berpotensi di huni di dalam sistem tata surya Tau Ceti.

Ilustrasi tata surya Tau Ceti seperti dibawah ini.

Tau Ceti Planets solar system 4 planet

Berita terkait
Bila anda ditanya untuk memilih pindah ke planet lain, apakah anda ingin tinggal di matahari dengan ukuran besar atau ukuran lebih kecil. Pendapat sebuah planet memiliki air dan berada di zona yang tepat, tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan bintang. Bukan berarti planet tersebut sudah tepat. Tapi ada faktor utama lain yaitu lempeng tektonik serta gunung apa yang menghangatkan planet.

Sebuah tata surya dengan bintang 55 Cancri, terdapat sebuah planet yang diketahui seperti tidak berputar. Planet 55 Cancri e masuk kategori super earth, tapi orbitnya lebih parahnya dengan  satu putaran 18 jam. Data tahun 2013 ditemukan kandungan atmofer planet, tetapi tetap saja menjadi planet panas



Membayangkan saja sudah susah, di planet HD 189733 memiliki kekuatan angin 6 mach lebih. Planet HD 189733 disebut sebagai Hot Jupiter, ukuran planet yang sangat besar dan suhu planet mencapai 1000 derajat C. Kalau ditanya disana terjadi apa, mungkin terjadi hujan kaca

Planet Kepler-452b disebut sepupu Bumi dengan badan lebih besar, peneliti percaya disana ada gunung berapi dan lautan. Letaknya 1400 tahun cahaya dan berada di konstelasi Cygnus baru terditeksi oleh teleskop Kepler. Peneliti memberi nama Earth's Bigger, older Cousin atau Earth 2

Sebuah komet dari kelompok Kreutz tertangkap teleskop pengamatan matahari atau SOHO langsung menghantam masuk ke matahari. Dari 3000 komet, satu tertanggal 3-4 agustus 2016, komet Kreutz terlihat terbang melintas ke arah matahari, tapi orbit komet tidak lolos dan langsung menuju ke matahari.

Sebuah planet seukuran Jupiter berada sangat dekat dengan sebuah bintang. Sebuah planet seukuran Jupiter disebut planet PTFO 8-8695b. Tapi perlahan planet ini sedang di sikat oleh bintang induknya sendiri. Berdasarkan observasi emisi, terlihat adanya awan besar perlahan tertarik dari planet ke dalam bintang

Peneliti menemukan sebuah planet HD 20782b, dengan orbit paling unik dan esentrik yang pernah ditemukan. Memiliki eksentrisitas 0,96 atau bentuk elips hampir seperti garis datar. Dari orbit terjauh, lalu seperti ketapel dan mendekat cepat ke arah bintang. Seperti apa tinggal di planet ini.



Planet 2MASS J2126 ini lebih ekstrim dari planet X yang sedang dicari oleh para astronom. Ilmuwan dari Inggris, Amerika dan Australia mengatakan planet 2MASS J2126 ditemukan oleh teleskop infrared Sky Survey. Tapi memiliki keunikan yang aneh, satu putaran membutuhkan waktu 900 ribu tahun.

3 planet kecil di tata surya Koi 961. Ukurannya mungkin sebesar planet Mars. Ketiga planet tersebut memiliki ukuran 0.78, 0.73 dan satu lagi lebih kecil 0.57 kali dari Bumi. Jarak ke planet di tata surya Koi 961 tidak terlalu jauh, hanya 120 tahun cahaya yang terletak di konstelasi bintang Cygnus.

Terdapat 2 sabuk asteroid di tata surya dan daerah paling luar. Sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter, tapi sabuk asteroid Kuiper dimulai di belakang planet Neptunus, dan terkonsentrasi di belakang planet Pluto. Satu lagi objek terbesar ada di Oort Cloud dengan kandungan batuan es

Beberapa hal tidak biasa di bumi ini dapat dilhat pada kehidupan sehari hari. Seperti bulan tidak jatuh ke bumi, air yang mudah menguap dalam kondisi panas. Atau posisi putaran badai berbeda antara di area utara dan selatan. Mengapa bulan tidak pernah menabrak Bumi

40 tahun masih sebatas teori, kali ini peneliti menemukan sebuah bintang TZO. Bintang dapat memakan bintang lain lalu bergabung menjadi satu. Bintang V2112 sebuah bintang raksasa tapi dikenal sebagai bintang Hyrid. Inti bintang utama digantikan oleh inti bintang neutron yang lebih kecil. Bila terbukti, tipe bintang TZO akan masuk sebagai klasifikasi bintang baru




No popular articles found.