Powerbank Tesla untuk rumah


Green | 2 May 2015

Tesla perusahaan mobil listrik membuat baterai untuk rumah. Mengunakan bahan lithium kekuatan 10kWh dan 7kWh. Katanya, kalau sedang badai atau gangguan cuaca dan listrik mati. Powerbank mereka bisa memberikan power listrik dirumah.

Harga 10kWh dijual $3500, dan 7kWh $3000. Harga yang relatif mahal dibanding membeli genset. Tapi lebih murah untuk kebutuhan sehari hari, seperti pengisian baterai mobil listrik dari solar cell, atau power backup untuk daerah terpencil.

Pengisian baterai dapat mengunakan solar cell di siang hari. Atau mereka yang tidak memiliki solar cell dapat mengisi dengan power listrik biasa ketika biaya listrik rendah dan pengisian power disimpan pada malam hari. Lalu digunakan untuk sore hari berikutnya ketika harga listrik dikenakan lebih tinggi pada jam sibuk.

Karena powerbank ini cukup besar, dibutuhkan tempat sekitar 90 sampai 120 cm. Dapat digantung di tembok, garasi atau tempat lainnya. Selain rumah yang memiliki solar cell atau mereka yang ingin menghindar dari pemakaian listrik pada jam sibuk. Baterai Tesla dapat digunakan untuk daerah terpencil, dan tekniknya sama dengan mengisi dari solar cell.

Yang menarik dari Tesla Powerbank juga mengembangkan unit baterai lebih besar dengan stak baterai bagi industri power listrik. Baterai dapat di pasang sampai beberapa unit untuk memberi daya sampai 100kWh. Bila dibuat dalam blok power, satu skala besar baterai dapat mencapai 500KWh bahkan 10MWh. Tesla mengatakan sistem blok power baterai sudah dipasang dengan kekuatan 250kWh, tapi tidak disebutkan perusahaan apa yang memasang.

Powerbank baterai backup untuk rumah buatan Tesla

Berita terkait
Smartflower POP dibuat perusahaan Austria. Berbentuk bulat dan mengikuti arah cahaya matahari. Dengan sistem tersebut solar cell dapat menghasilkan 40% power lebih besar dibanding pemasangan solar cell pada atap tetap. Setara kebutuhan energi rata rata satu rumah di Eropa

Rancangan rumah dengan lahan terbatas tidak membatasi kemampuan arsitek Specht Harpman untuk membangun rumah keren dan indah. Harpman merancang rumah dengan ruangan multi fungsi. Ruang tamu dan ruang makan dibagian bawah, dan ruang tidur di lantai dua.



Apakah mobil listrik ramah lingkungan. Pengisian baterai mobil listrik terkait dengan jaringan listrik dari rumah. Bila semua kendaraan diganti dengan mobil listrik, penyebaran panas mobil listrik hanya 20% dibanding mobil bahan bakar biasa. Artinya kota akan berkurang mengalami polusi panas dari kendaraan.

Profesor teknik Ting Tan membuat ide menarik membuat turbin angin dari baling baling bambu. Penemu dari universitas Vermont mengatakan, mengunakan turbin angin dari bahan fiber sama saja seperti bahan alami dari bambu karena memiliki serat yang sama.




No popular articles found.