Dampak harddisk dipasang vertikal, apakah berdampak dengan umur pemakaian


Kategori : Hardware | Date : 10 November 2012
Akhirnya ada sebuah berita yang menjelaskan cara dan dampak pemasangan harddisk vertikal dan horizontal.

Apakah pemasangan posisi harddisk dapat mempengaruhi umur harddisk.

Jawabannya tidak.

Mungkin sedikit berpengaruhi dengan umur harddisk tetapi tidak signifikan.

Dari superuser mengatakan pihak produsen mengijinkan pemasangan harddisk baik vertikal dan horizontal.

Apakah perbedaan bila harddisk dipasang mengarah ke atas dan mendatar. Ini perlu di perhatikan.

Harddisk yang di pasang mendatar / horizontal memberikan tranfer panas lebih baik.

Udara panas akan naik ke arah atas dan bodi harddisk lebih efektif menurunkan panas dibanding dipasang secara vertikal.

Satu kutipan dari Rusia pernah mengeluarkan pendapat berdasarkan kumpulan data dari kerusakan harddisk. Bila membeli sebuah harddisk, pilihlah harddisk dengan jumlah platter atau piring lebih sedikit.

Rahasia penting tentang kekuatan harddisk. Semakin sedikit jumlah platter maka umur hardisk semakin lama.



Misalnya sebuah model harddisk mengeluarkan 2 seri berbeda, misalnya seri A memiliki kapasitas 3TB sedangkan seri B dibuat sampai 2.5TB. Bila menginginkan kapasitas 2TB, pilihlah dari seri A. karena memberikan platter atau piring harddisk lebih sedikit.


Alasannya, semakin besar jumlah platter mempengaruhi umur motor penampang platter, karena semakin banyak platter maka semakin banyak jumlah head harddisk. Dan akan memperberat kinerja motor, jumlah head harddisk lebih banyak akan menahan putaran piring harddisk. Dan menghasilkan panas lebih tinggi.


Bila jumlah Platter / piring harddisk lebih sedikit, maka semakin ringan kinerja motor. Membuat umur harddisk lebih lama. Khususnya bagian poros harddisk tidak mudah aus.

Contoh dari produk harddisk Seagate terbaru menawarkan kapasitas 4, 3, dan 2TB.

4TB mengunakan 8 head dengan 4 piring harddisk, sedangkan 3TB 3 piring. Bisa memilih kapasitas 3 atau kapasitas lebih kecil 2TB.



Benar atau tidak argumen diatas, ada satu lagi cara yang lebih penting untuk menjaga harddisk lebih awet dan panjang umur.

Sistem pendingin yang baik dan pasang harddisk dengan benar serta kebutuhan power untuk harddisk yang baik akan menjaga kinerja harddisk.

Power supply yang baik, sangat penting bagi harddisk.

Tentu kualitas harddisk juga ditentukan dari produsen, apakah masuk sebagai harddisk performa dan berkualitas atau produk untuk konsumen biasa.

Bila perangkat harddisk dipasang dengan cara yang benar, seperti power yang baik, tidak di hajar secara kasar. Maka masa usia pemakaian harddisk dapat mencapai diatas 10 tahun lebih.
Mau mahal mau murah, semua spesifikasinya sama. Hanya berbeda fungsi dari biasa dan high speed. HDMI Grup akan memberikan sertifikasi untuk kabel 4K atau 8K untuk kabel yang mampu membawa data sampai 18Gps - 48Gbps dengan versi HDMI 2.1. Tipe kabel HDMI - 1. Standard HDMI, 2. High Speed HDMI, 3. Premium High Speed HDMI, 4. Ultra High Speed HDMI,

Dengan teknologi smartphone, masyarakat lebih mudah menerima pesan email. Tetapi kemudahan ini malah membawa seseorang terganggu tidurnya. Bagian tubuh dapat terganggu dengan smartphone. Bagaimana kebiasaan orang menjadi berbeda dengan 20 tahun lalu.



Membeli computer atau notebook built-up umumnya diberikan harddisk tipe OEM atau Bare. Modelnya tertulis tapi berbeda dengan harddisk di pasaran. Apakah harddisk OEM / Bare tersebut memiliki kualitas berbeda dari harddisk biasa. Yang pasti garansi berbeda.

Menjaga harddisk lebih lama bekerja. Jangan biarkan harddisk mengalami kepanasan, gunakan power supply yang baik agar memberikan power yang cukup, dan tidak memindahkan harddisk dari case bila tidak perlu.

Masyarakat IT sering melihat kemampuan hardware berdasarkan angka. Angka didapat dari sejumlah test, angka terbaik diartikan hardware terbaik. Umumnya lebih cepat, tentu lebih bagus. Apakah angka tersebut menunjukan kualitas.

Harddsisk 4 TB buatan Seagate hanya $190, baru diumumkan minggu ini. Harga tersebut relatif lebih murah dibanding produk WD. Seagate mengunakan 4 platter, satu platter menampung 1TB dat.

Intel rubah rencana, tetapi memperpanjang pengunaan socket LGA. Informasi dari produsen di Taiwan menyebutkan socket procesor LGA akan dipertahankan sampai 95%. Setidaknya sampai awal tahun 2015.



Thermaltake keluarkan case computer model Urban S21. Memiliki disain mid-tower, dengan can metal burshed di panel depan, panel untuk USB 3.0 dan jack multimedia, pengaturan udra masuk dari bawah dan dialirkan ke bagian atas.

SSD merek STEC baru memperkenalkan SSD 2TB. Model STEC dengan  2TB s840 SAS SSD dan 2TB s1120 PCIe Accelerator SSD menjadi 2 SSD dengan kapasitas terbesar

Corsair Voyager GT Turbo USB 3.0 memiliki kecepatan tranfer 260 / 234MB/s untuk read dan write. Harga Corsair Voyager GT Turbo USB 3.0 dengan kapasitas 32GB $50, 64GB dan 128GB $90 - $180.

Hanya penurunannya seperti mengulang dari awal. Karena harga harddisk sempat melambung pada bulan Oktober 2011 lalu. Bisa dilihat dari  grafik Dynamite Data, harga harddisk sudah kembali normal

Baru kemarin diberitakan bila AMD akan merubah nama produk HD 7890. Hari ini PowerColor mengumumkan VGA baru. PowerColor PCS+ HD 7870 Myst kabarnya mengunakan GPU chip terbaru Tahiti LE. GPU tersebut memiliki 1535 stream dan disain boardnya sama seperti HD 7870.

Sudah mengunakan chip 20nm, tetapi Intel baru membuat satu kapasitas. Model lama 25nm masih tetap ada dengan harga lebih murah

Khusus produk mainstream seperti netbook Atom, belum dipastikan bisa diupgrade ke Windows 8. Masalah di Grafik card atau GMA Clover Trail



Tidak, tetapi bisa membuat komponen bekerja terlalu panas. Debu menghalangi proses pendinginan dari fan computer. Apa alasannya debu yang menempel di komponen computer belum tentu merusak langsung

SSD sampai saat ini masih terkendala dengan harga dan kapasitas. Membeli harddisk masih lebih murah dibanding SSD. Sekarang SSD sudah turun, memang belum mampu menandingi harga harddisk. Secara logika , produksinya berbeda, teknologi berbeda dan kecepatannya tentu berbeda.

Versi ECS, sekarang membuat motherbord berkualitas. Apa beda motherboard murah dan motherboard mahal. Tentu ada, kualitas pastinya. Mengapa harga motherboard ada yang mahal dan murah.

WD baru menyelesaikan akuisisi pabrik harddisk Hitachi. Tetapi unit harddisk 3.5 inch dijual patennya ke Toshiba. Jangan kaget bila menemukan harddisk dengan 2 merek berbeda. Sejak kejadian banjir di Thailand, pabrik harddisk mengalami kerusakan




No popular articles found.