SolaRoad pasang solar cell di jalan menghasilkan energi listrik diluar perkiraan


Green | 12 May 2015

November 2014 sebuah perusahaan memasang solar cell di jalur pejalan kaki dan jalan sepeda di Belanda. Setelah 6 bulan di uji coba hasilnya malah menghasilkan listrik lebih besar. Mencapai lebih dari 3000 kWh dengan panjang solar cell yang digelar di jalan

Solar cell tersebut miliki panjang 70 meter. Dari Krommenie ke arah utara kota Amsterdam. Proyek tersebut baru dilaporkan minggu lalu, katanya hasil listrik yang dihasilkan cukup memenuhi kebutuhan listrik seorang yang tinggal dirumah selama satu tahun.

Solar Cell yang dipasang dijalan tersebut mampu menghasilkan energi listrik setara 70kW perjam per meter persegi setahunnya. Hampir mendekati batas paling tinggi ketika di uji di ruang laboratorium.

SolaRoad yang membuat jalur sepeda dan pejalan kaki dengan solar cell tersebut mengunakan semen dan ditambahkan panel surya. Bagian atas solar cell ditutup dengan lembaran transparan dengan tebal 1 cm. Sehingga bagian atas dapat diinjak oleh pejalan kaki maupun dilintasi oleh sepeda.
6 bulan pengujian tersebut hanya untuk memastikan permukaan paling atas tahan seperti kerasnya jalan aspal. Dan pengujian dilakukan untuk test dalam dunia nyata. Lebih dari 150 ribu pesepeda sudah melintas di jalur tersebut.

Karena Belanda memiliki suhu cukup dingin ketika musim dingin. Lapisan paling luar sempat menyusut, dan permukaan pelindung solar cell sempat diperbaiki


SolaRoad pasang solar cell di jalan menghasilkan energi listrik diluar perkiraan

Berita terkait
Ketika rancangan jalan dengan panel surya dibangun. Banyak antusias dari pengagas, yang mengatakan proyek tersebut akan berjalan dengan baik. Kenyataannya, yang dibangun disatu tempat, belum tentu memiliki kondisi yang sama. Disini dapat belajar dari perusahaan Wattway. Tidak mengunakan pemikiran yang sama, bila installasi di tempat berbeda.

Perusahaan Hanergy membuat terobosan baru dibidang panel surya. Mereka membuat panel surya yang tipis seperti film. Panel yang dibuat tanpa papan seperti panel pada umumnya, memiliki efisiensi 25,1%, 18,72% dan 17,88% dalam menghasilkan energi listrik.



Situs Greenchallenge.info menawarkan penghargaan untuk mendanai kegiatan hijau. Khususnya untuk membuat usaha pertama di bidang energi terbarukan atau lingkungan, bila menang akan di danai. Total hadiah mencapai 500.000 euro.

SolPad dirancang dalam satu unit, baterai dan inverter serta switching power. Bentuk flat dapat dipasang tanpa memakan tempat, bahkan bisa ditaruh di teras rumah yang terkena cahaya matahari. Atau perangkat tipe permanen dengan sistem baterai, switching dan inverter.

Solarcentury SunStation adalah sistem solar panel dengan disain tipis. Dapat dipasang diatap rumah dan tidak menganggu tampilan bangunan. Kecuali bentuknya yang berwarna hitam. Bukan disain saja yang baik, harga semakin terjangkau.

Banyak perangkat solar cell portabel. Dari ukuran besar untuk pengisian baterai smartphone, dilengkapi dengan powerbank atau ukurannya yang lebih kecil dan praktis. Ada beberapa aspek ketika memilih solar cell portabel

Ingin hemat energi ada beberapa cara sederhana. Dari menanam pohon dirumah, mematikan peralatan dari stop kontak, mengunakan microwave atau memperbaiki peralatan yang ada dirumah



PowerGen membangun pembangkit micro, salah satunya PowerBox dengan panel surya dengan penampung baterai. Menyediakan listrik bagi 14 pelanggan disekitar peralatan. Solusi murah dalam pemecahan masalah bagi penduduk di Afrika untuk menikmati listrik




No popular articles found.