Pesawat komersil ada lubang kecil tanda segitiga di jendela pesawat


Stuff | 12 May 2015

Di pesawat komersial, setiap jendela akan terlihat satu titik lubang kecil.  Mungkin kita bertanya untuk apa lubang kecil di jendela pesawat. Fungsi lubang kecil tersebut untuk menyamai tekanan udara antara urang kabin dan jendela atau bagian panel luar dari kabin pesawat.

Marlowe Moncur seorang ahli Aerospace mengatakan, pesawat Boeing 737 adalah pesawat terbanyak yang pernah dibuat. Pada manual pembuatan pesawat tertulis fungsi lubang di jendela pesawat. Namanya bisa berbeda beda, nama resminya disebut Breather Hole.

Ruang kabin di dalam pesawat terbagi antara bagian luar, bagian tengah dan dalam Ketika panel yang menghubungkan jendela pesawat dibuat dalam 3 lapis. Hanya bagian luar dan tengah sebagai bingkai yang masuk sebagai bagian struktur pesawat. Sedangkan panel kaca di dalam dan luar disatukani dengan pelindung karet.

Apa fungsi lubang tersebut. Bila pesawat sedang terbang di ketinggian 35 ribu kaki, makan tekanan atmofer di luar pesawat hanya 3,4 pon per inci persegi. Tekanan dibagian luar pesawat akan lebih rendah dibanding dibagian dalam. Bila ditutup akan menimbulkan tekanan keluar

Ketika pesawat berada di ketinggian 7 ribu kaki, maka perbedaan tekanan dari luar dan dalam pesawat ikut berubah. Tekanan udara dari luar akan  menekan bagian jendela pesawat. Panel luar sebagai struktur utama akan menanggung beban paling besar karena perbedaan tekanan. Bila dibiarkan dapat menyebabkan keretakan pada kaca jendela pesawat

Lubang kecil tersebut memberikan dorongan udara keluar masuk, sehingga disebut lubang jendela untuk bernapas. Lubang tersebut juga berfungsi untuk menghindari kabut atau pembekuan dari dinginnya udara atmofer dari luar pesawat..

Fungsi lubang kecil di jendela pesawat terbang

Tanda segitiga di atas jendela
4 tanda segitiga berada di sisi kiri dan kanan kabin pesawat.
Umumnya tanda akan ditempatkan dibagian dekat sayap pesawat. Atau bagian yang sejajar dengan sayap pesawat.
Tanda tersebut menunjukan batas dari bagian sayap depan, dengan ujung dari lebar posisi sayap.

Mengapa tanda segitiga tersebut ada disana.


Di ruang kokpit terdapat sensor untuk sayap utama. Bila terjadi masalah, pilot akan memeriksa bagian sensor pesawat.
Ketika terlihat di layar terjadi masalah di sayap kiri misalnya, maka kru penerbangan dapat membantu, atau pilot atau co-pilot akan keluar dari kokpit pemeriksaan lebih seksama.
Bila terjadi masalah, pilot dapat memeriksa indikator dan keluar dari kokpit, lalu menuju ke bagian 4 tanda segitiga, sebagai tanda bagian sayap pesawat.

Tanda segitiga warna hitam atau merah tersebut memudahkan pilot atau co-pilot menuju tempat pemeriksaan dan melihat bagian sayap.
Untuk memeriksa secara visual kondisi sayap yang dilaporkan dari sensor di kokpit.
Tanpa perlu membuka jendela di setiap pesawat, agar tidak menganggu para penumpang lain.

Khususnya di musim dingin, bisa saja sayap pesawat terkena es, untuk memastikan sayap bekerja dengan baik dan es sudah menghilang, maka pesawat baru siap take-off.

Bagi penumpang, tanda tersebut juga hal lain. Sebagian yang ingin melihat jendela lebih luas akan mengetahui posisi kursinya akan berada di bagian sayap atau tidak.
Yang lain mungkin mendapatkan pemandangan terbaik untuk selfie, khususnya tanda yang tepat di depan atau di belakang segitiga
Dapat melihat langsung gerakan sayap, dan mesin pesawat.

Dibawah ini tanda segitiga di ruang kabin, kontrol panel di ruang kokpit, dan posisi segitiga untuk referensi posisi bagian sayap.

Fungsi lubang kecil di jendela pesawat terbang

Berita terkait
Penerbangan komersil tidak ada yang lewat di atas Tibet. Hanya penerbangan regional dalam negeri saja, itupun hanya jarak pendek. Mengapa pesawat tidak lewat di atas Tibet. Beberapa pertimbangan dengan faktor keamanan penumpang dan pesawat.

Pesawat penumpang terbesar di dunia A380, 28 April 2020 hanya 1 pesawat yang terbang. 2 raksasa kembali di parkir milik SQ SIA. Mampu membawa 4x penumpang dibanding Boeing 737 MAX. November 2020, 6 unit pesawat sudah pensiun dan tidak pernah terbang lagi.



Pernah membayangkan, kalau terbang ke luar negeri hanya untuk makan minum sambil melihat suasana lalu pulang lagi. Sekarang menjadi kenyataan walau agak berbeda. Sejak Agustus 2020 beberapa maskapai memberikan layanan terbang dan pulang di tempat yang sama

Sebelum Concoder, pesawat Tupolev TU-144 menjadi pesawat supersonik terbesar di dunia. Mampu terbang membawa penumpang dengan kecepatan 2.1 mach atau rata rata 2.000km perjam di ketinggian. Tetapi rancangan TU-144 gagal karena tidak ada teknologi Soviet yang mampu memperbaiki disain. Di dalam kabin penumpang harus berteriak untuk saling berbicara

Armada pesawat memiliki nama dan callsign, mengunakan code dan nomor internasional. Pesawat ini tidak memiliki logo perusahaan, tapi sering terlihat di sebuah bandar. Tidak ada tiket yang dijual untuk terbang dengan pesawat jet 737 ini. Karena hanya membawa penumpang dengan prioritas tinggi. Dikenal dengan armada Janet.

September 2018, sebuah pesawat Allegiant Air juga terbang diatas badai Florence. Penerbangan mulus dan tidak terjadi turbulensi. Pesawat terbang diatas badai tapi tidak kurang dari 7km diatasnya. Pengalaman tersebut dipertanyakan, apakah untuk menghemat bahan bakar atau mencoba menguji. Tapi pesawat sampai ketujuan bahkan 20 menit lebih cepat dari jadwal.

8 pesawat melakukan perjalanan time travel. Pada tiket tertera berangkat 1 Januari 2018, tapi mendarat pada tanggal 31 Desember 2017.
6 pesawat berangkat bersamaan dari Taipei menuju Amerika, dan 2 pesawat dari Auckland dan Polynesia



Pesawat jet tempur Tu-160 mirip seperti pembom Amerika B-1 Lancer. Kabarnya banyak pengusaha kaya raya tertarik menjadi jet ini untuk pesawat penumpang. Memiliki jarak jelajah 12,2 ribu km, seperti kemampuan jet pribadi komersil Boeing atau Airbus

Pesawat tempur F 16 disebut Fighting Falcon, tapi pilot lebih memilih nama Viper. Pesawat ini relatif murah tapi lincah dalam pertempuran. Keunikan pada bagian jendela  pilot bisa melihat seluruh sudut sampai 360 derajat. Digunakan di Suriah dengan taktik Wild Weasel

Pesawat pembom B2 Spirit adalah pesawat Stealh Bomber, menjadi pertahanan udara paling mahal milik Amerika. Tidak aktif terakhir tahun 2013, kembali melakukan serangan pada Januari 2017. Mengapa pesawat ini harus melakukan misi di Libia. Walau disana tidak ada yang membahayakan bagi serangan udara.

Ada adalah suara di pesawat yang tidak pernah kelihatan dari pesawat jet tempur Hornet F A-18 atau F-18. Suara peringatan di cockpit pesawat, suaranya memberi peringatan mengerikan adalah suara dari Betty yang disebut Bee si tawon. Membuat pilot pesawat tempur lebih waspada dibanding melihat instrumen statis.

Singapore Airlines akan kembali memegang rute pesawat terjauh. Terbang nonstop selama 19 jam dengan pesawat Airbus A350 900ULR. Sebelumnya Singapore Airlines memegang rute terjauh, tapi ditutup karena kurang menguntungkan. Digantikan rute kedua terjadu dari Quantas dengan rute Australia ke Amerika.

Pesawat Stratotanker tipe KC-135 adalah pesawat pengisian bahan bakar di udara. Kali ini dibariskan sampai 11 pesawat, dan foto diambil di landasan udara militer Kadena Jepang.

Bila mampir ke airport di luar negeri, coba telaah kebiasaan dari turis Barat dan China. Akan terlihat satu perbedaan dari dua kultur berbeda. Satu meninggalkan kejenuhan dengan perangkat elektronik, yang lain lebih sibuk dengan gadget.



Pesawat komersil Boeing 787-9 Dreamliner sedang bermanuver. Terbang menanjak, lalu berbelok. Kembali berputar dan mendarat lalu terbang kembali. Pesawat ini menjadi saingan Airbus. Ini bukan CGI, video asli

Seorang dokter gigi memesan tiket untuk menghadiri konferensi di Portula. Dia memesan tiket ke Granada Spanyol sekaligus jalan jalan. Mengunakan pesawat British Airway, ternyata tiket yang dipesan malah ke Grenada di Karibia. Ada yang salah.




No popular articles found.