Foto twitter dari presiden Obama dengan Arches Cluster


Science | 6 June 2015

Presiden Obama sempat berbagi di akun Twitternya. Bukan urusan politik tapi sebuah gambar tentang tempat dimana terdapat sekumpulan bintang di planet Bima Sakti. Foto diambil oleh teleskop Hubble.

Disebut daerah Arches Cluster. Daerah yang paling padat dengan bintang. Setidaknya disana terdapat 150 bintang, dan beberapa bintang yang sangat terang ditemukan di galaksi kita.

Jarak Arches berada 25000 tahunu cahaya dari bumi. Teatpi anda tidak dapat melihat begitu saja kesana. Karena untuk mengamati daerah ini akan tertutup debu dan bagian tengah galaksi. Daerah ini hanay bisa diamati dengan teleskop inframerah agar menembus area yang menutup cahaya bintang.

Tertulis. Ini adalah hal yang menyenangkan saya. Penasihat ilmu sain saya menunjukan tempat paling ramai di galaksi kita.

Foto twitter dari presiden Obama dengan Arches Cluster

Foto Arches Cluster diposting oleh Obama pada 25 Mei 2015 lalu. Seorang penasihat presiden dari kantor sain Gedung Putih menjelaskan cerita mengapa foto tersebut di Twit oleh Obama. Holdren sesekali mengirim catatan kepada staf internal gedung putih. Seperti kejadian penting atau berita termasuk salah satu foto yang diambil oleh Hubble. Obama tidak hanya mengurus urusan politik, tapi ikut melihat dunia Sain seperti memberikan informasi kluster bintang tersebut ke pengikutnya. Setidaknya terlihat pada postingan Twitter.

Foto terbaru dari kelompok bintang NGC 2422 yang jaraknya 1600 tahun cahaya dari bumi. Diambil 17 Agustus awalnya tidak pernah terditeksi sampai tahun 1959. Sampai seorang astronom dari Kanada Morris menemukan bahwa disana adalah kumpulan dari bintang.

Teleskop NuStar dirancang untuk mencari informasi lubang hitam. Tapi secara tidak sengaja menemukan hal berbeda. NuStar menemukan energi X-Ray sangat tinggi dari sebuah pulsar, tercatat sebagai radiasi paling tinggi yang pernah ditemukan di ruang angkasa.



Teleskop Southern Observatory Eropa di La Sillar Chile mengabadikan foto dari lokasi Messier 11 atau NGC 6705 atau nama lain Wild Duck Cluster.  Kelompok bintang atau Cluster Stellar membentuk sudut segitiga atau disamakan dengan formasi kawanan bebek yang sedang terbang.

Westerlund 1 disebut juga Ara Cluster adalah tempat dengan jumlah besar bintang di satu tepat di galaksi Milky Way. jaraknya sekitar 3,5-5.000 pc atau sekitar 15000 tahun cahaya. Kelompok bintang dapat muncul ditepian galaksi seperti Messier 55.




No popular articles found.