Galaksi kwartet Hicksop Grup dekat dan bertabarakan


Science | 19 June 2015

Disebut kelompok galaksi Hickson Compact Group, disana terdapat 4 galaksi yang saling berdekatan. Bahkan ke 4 galaksi tersebut saling mempengaruhi, sampai ada bagian galaksi yang pembentukannya tidak teratur.

Ini adalah gambaran seperti apa bentuk galaksi di alam semesta. Walau alam semesta begitu luas, dan jarak antar galaksi relatif jauh, tetapi ini berbicara dengan ruang hampa. Dimana gravitasi dapat mempengaruhi benda lain.
  • Di sisi kiri paling jauh adalah galaksi NGC 839. Memiliki bentuk agak aneh karena baru saja bergabung dengan galaksi lain.
  • Tetangganya galaksi NGC 838, disana terjadi pembentukan bintang sangat cepat. Anehnya terlihat tidak ada lubang hitam sebagai  inti galaksi.
  • Di sisi kanan ada galaksi NGC 833, memberikan cahaya sinar X begitu kuat, di duga galaksi tersebut telah tertarik oleh galaksi di sebelahnya. Terlihat pada bagian sisi kedua galaksi seperti tampak debu dan gas yang keluar dari lingkaran. Nantinya kedua galaksi disisi kanan akan bergabung dan membentuk lubang hitam sangat besar dari galaksi NGC 835
Foto dibawa ke 4 galaksi

Galaksi kwartet Hicksop Grup


Ketika 2 galaksi yang sama kuat, akhirnya bertabrakan dengan posisi yang tepat. Mereka seperti membentuk wajah hantu, dengan mata hidung dan lingkaran wajah.  Tabrakan galaksi Arp-Madore 2026-424 adalah tabrakan langka. Alasannya keduanya memiliki ukuran yang sama, dan ketikaa tabrakan terjadi memiliki arah yang sama

Galaksi NGC 6052 letaknya 230 juta tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Hercules. Disana terlihat satu galaksi, tapi sebenarnya ada 2 galaksi. Mengapa terlihat satu, sangat mudah ditebak. Kedua galaksi sedang tabrakan. Diabadikan oleh teleskop Hubble dengan kerjasama antara ESA dan Nasa.



Peneliti dari pusat International Centre Radio Astronomy menemukan sebuah galaksi yang luar biasa. Dinamakan NGC 4569 terlihat bergerak begitu cepat sampai meninggalkan gas di belakang galaksi sendiri sejauh 300.000 tahun cahaya. Bahkan gas yang tertinggal memanjang seukuran 5x dari ukuran galaksi NGC 4569.

Sebuah galaksi HATLAS J090311.6+003906 tampak karena efek gravitasi lensa. Bila dilihat dari bumi, posisi galaksi yang sangat jauh tersebut muncul karena berada di belakang sebuah galaksi SDP.81.

Mengunakan data teleskop Wise dapat diperkirakan mengapa 2 lengan lebih banyak terbentuk bintang. Sedangkan Bumi berada disisi lengan galaksi lebih kecil Sagittarius Arm. Mengapa 2 lengan di galaksi kita lebih banyak terbentuk bintang.



Tim astronomi dari universitas Yale dan UC Santa Cruz baru saja mengumumkan mereka menemukan galaksi paling jauh yang ditemukan saat ini. Galaksi EGZ-ZS8-1, diperkirakan memiliki jarak 13 miliar tahun cahaya. Bila dihitung mundur, baru terbentuk 670 juta tahun setelah alam semesta mulai terbentuk




No popular articles found.