Rumah botol plastik tahan peluru


Green | 15 July 2015

Rumah anti peluru, tahan api dan tahan cuaca. Boleh percaya atau tidak bisa dibangun dengan botol plastik. Sampah plastik yang dikumpulkan oleh pemulung, bahan tersebut bisa dijadikan tembok rumah yang kuat.

Nigeria sebagai negara dengan penduduk terbesar di Afrika membutuhkan 16 juta rumah. Karena banyak penduduk tidak mampu membangun rumah mereka sendiri. Nigeria memiliki cara kreatif untuk mengatasi kekurangan rumah disana, bahkan biaya lebih murah dan membantu lingkungan.

Dengan rancangan rumah dengan 2 kamar tidur. Botol plastik di isi dengan pasir dan ditumpuk menjadi tembok rumah. Lalu ditutup dengan pelapis agar permukaan tembok lebih halus. Hasilnya rumah akan tahan api, tahan gempa bahkan anti peluru. Mengunakan bahan botol plastik, sebuah rumah dapat dibangun sampai 3 lantai. Bagian tutup botol plastik yang cerah dan menonjol dapat menampilkan cahaya lebih cerah.

Ide rumah dari botol plastik di prakarsai oleh Kaduna NGO atas bantuan badan NGO dari London Inggris. Proyek ini memecahkan 2 masalah sekaligus yaitu tunawisma dan lingkungan.

Seperti gambar dibawah ini. Bangunan rumah dari botol plastik, diawali dari pengisian pasir ke dalam botol plastik. Ditumbuh menjadi bata rumah, dan di ikuat. Lalu kembali di tutup untuk dinding di bagian lapisan luar.



Nokia 310 dirilis tahun 2013 berhasil menghentikan laju peluru dan bersarang di dalam ponsel. Cerita Nokia berhasil menghentikan peluru pernah terjadi di tahun 2012. Nokia X2 juga mampu menahan laju peluru di Suriah.

Selama 2 tahun terakhir ini, para pendukung energi bersih menunjukan minatnya kepada energi surya. Sebuah perusahaan Soltech membuat genteng hijau. Bukan solar panel dipasang di genteng, tapi atap rumah yang diberikan genteng kaca. Panas dari atap rumah dimanfaatkan untuk pemanas air



Rancangan rumah dengan lahan terbatas tidak membatasi kemampuan arsitek Specht Harpman untuk membangun rumah keren dan indah. Harpman merancang rumah dengan ruangan multi fungsi. Ruang tamu dan ruang makan dibagian bawah, dan ruang tidur di lantai dua.

Apa yang anda pilih agar rumah lebih sejuk. Gunakan saja atap dengan warna putih. Karena lebih efisien untuk memantulkan panas dari cahaya matahari. Tapi tidak salah bila mengunakan warna hijau, maksudnya ditanam dengan rumput di atap gedung atau di cat dengan warna putih

Mungkin jarang yang memikirkan membuat solar heater ini. Soltech perusahaan Swedia membuat solusi energi bersih dengan penamas rumah yang unik. Mengunakan genteng. Kali ini langsung ditempatkan dibawah genteng rumah



Insinyur Bruce Campbell dari Oregon membeli sebuah pesawat bekas Boeing 727. Lalu dibongkar menjadi rumah dengan luas 300 meter persegi. Rumah dengan disain studio ala kapal bekas ini memiliki lantai tranparan.




No popular articles found.