SSD kecepatan tranfer tertinggi bukan di SATA


Hardware | 27 July 2015

Berapa kecepatan tranfer tertinggi untuk SSD. Untuk kecepatan tertinggi bukan di interface SATA, tapi melalui jalur PCIe. SSD dengan interface SATA 6Gbps hanya mencapai kecepatan 500MB/s tapi tidak melewati angka 600MB/s. Batas kecepatan SATA hanya sampai disana, kecuali ada perkembangan baru yang lebih baik dari SATA III.

Kecepatan tertinggi SSD saat ini di PCIe, atau PCIe 8x. Dengan PCIe 3.0 8X , file data dapat ditranfer sampai 5GB/s.

Salah satu SSD PCIe tercepat dibuat oleh Intel dengan model Intel P3608. Tetapi SSD tersebut bukan untuk konsumen biasa, karena ditawarkan dari kapasitas terkecil 1,6TB sampai 4TB. Mengunakan chip NAND MLC 20nm, nantinya SSD P3608 akan dipasang di rak server.
Untuk kecepatan read dapat mencapai kecepatan rata rata 5GB/s dan kecepatan write sampai 2,3GB/s.

Produk lain dari IODrive Octal buataan FUsion IO menawarkan PCIe 2.0 tipe 16 line. Yang ini mampu mencapai kecepatan penuh untuk read 6GB/s, dan write 4.4GB/s.

Harga SSD tercepat tidak murah, dan digunakan untuk perangkat khusus saja. Seperti server computer atau workstation yang tidak ingin terjadi kelambatan dalam transaksi data. Tentu harga SSD tipe PCIe seperti ini jauh lebih mahal, selain kapasitas yang ditawarkan melebihi 1TB.

SSD paling cepat hanya di jalur PCI Express

Berita terkait
Seagate menawarkan harddisk dengan 2 actuator, meningkatkan kinerja harddisk 2x lebih cepat dari harddisk konvensional. Teorinya, kecepatan sudah setara SSD SATA. Tetapi pemakaian teknologi harddisk tersebut masih terbatas, hanya untuk mitra Seagate.

Produsen SSD menganti chip tanpa memberi tahu pembeli. Performa dapat lebih baik, tapi dapat lebih lambat. Perubahan komponen SSD dilakukan untuk fungsi berbeda. Apakah merugikan konsumen, atau menambah nilai bagi sebuah produk yang kita gunakan.



Evolusi disain SSD memiliki form factor berbeda beda. Dari SATA, M0-297, MO-300, M.2, M.3, NVMe PCIe Express,  dan terbaru Toshiba XFMEexpress (2019) Istilah TRIM, Write Cycles, MTFB SSD atau IOPS. Penting bila SSD M.2 kepanasan / overheating akan menghilangkan semua data.

StarTech U.2 NVMe mengunakan jalur yang sama, seperti PCIe 1 atau versi 2. Untuk SSD SATA berukuran 2,5 inci. Adaptor StarTech U.2 NVMe menjadi solusi untuk biaya dan meningkatkan performa SSD. Seperti kebutuhan storage server atau workstation.

Transcend MTS800 tampil dengan kapasitas 1TB. Ukuran hanya 2 jari kita saja. Kecepatan tranfer storage Transcend MTS800 setara SSD, walau bukan di kelas SSD M.2 performa. Mampu mentranfer data (file) sampai 560MB/s read, dan 460MB/s Write.

Banyak produk tampil di media internet, khususnya SSD storage.Pasar SSD di Austria dan Jerman, disana terdapat 298 model SSD. Lalu tipe SSD apa yang benar benar dijual ke pasar Eropa, apakah SSD SATA, SSD PCIe, SSD M.2

Transcend SSD570 adalah SSD, tapi mengunakan chip SLC. Sementara produsen lain memilih teknologi MLC dan TLC dengan biaya lebih hemat tapi umur SSD lebih pendek. Alasannya, chip SLC lebih tahan lama ketika data di write lebih banyak dibanding chip MLC atau TLC.



ioDrive Octal memiliki tranfer data 6GB/s dan dapat dikemas sampai 5,12TB dengan single PCIe SSD. Kecepatan tranfer read 12x dari SSD, dan write 8x dari SSD standar 6Gbps.

SSD yang satu ini ngebut dengan kecepatan setara RamDisk. Eblaze4 dengan kapasitas 8TB menjadi SSD dengan koneksi ke port PCIe paling cepat. Tapi mereka menjual khusus untuk pasar China dan pasar selanjutnya adalah Amerika Utara.




No popular articles found.