Planet HD 219134b sebagai planet berbatu yang ditemukan dekat ke bumi


Science | 31 July 2015

Planet HD 219134b baru diumumkan hari Rabu 29 Juli 2015 kemarin. Ditemukan melalui teleskop Spitzer milik Nasa, jaraknya hanya 21 tahun cahaya. Berada di konstelasi Cassiopeia atau dekat dengan bintang utara.

Pertama kali planet HD 219134b terlihat oleh teleskop Galileo di pulai Canary, sampai akhirnya di konfirmasi ulang melalui penglihatan teleskop Spitzer.

Peneliti mengatakan melihat planet tersebut ketika transit di depan bintang induknya. Sayangnya setelah dihitung jarak planet ke bintang, planet tersebut terlalu panas karena jarak ke bintang induk sangat dekat.

Planet HD 219134b sebagai planet berbatu yang ditemukan dekat ke bumi

Walau planet tersebut tidak masuk ke daftar kandidat planet layak huni. Michael Werner mengatakan pencarian planet seperti bumi menjadi paling banyak dipelajar dalam beberapa dekade mendatang.


Berita terkait
Planet K2-18b ditemukan tahun 2015, memiliki orbit di zona habitat. Ditemukan oleh teleskop Kepler ketika planet transit di depan bintang. Mengorbit ke bintang kerdil merah atau Red Dwarf Star setiap 33 hari. Awalnya planet terlihat cocok untuk manusia. Tetapi penelitian lebih lanjut. Itu adalah Water World.

Tata surya di bintang Ci Tau ini bikin geleng geleng kepala para ahli. Letaknya 518 tahun cahaya dari Bumi Sekarang yang terlihat aneh sebenarnya tidak aneh, yang aneh adalah bintang induknya sendiri diperkirakan planet yang muncul disana dari usia bintang yang hanya 2 juta tahun. Tata surya Ci Tau telah diperkirakan ada 4 planet gas raksasa



Beberapa planet ekstrem yang ditemukan astronom kadang posisi planet. Bagaimana bila sebuah planet berisi air saja. Ada yang besar, sampai ukurannya puluhan kali lebih besar dari Bumi. Ada yang sangat jauh letaknya, planet sangat dingin, dan planet terlalu panas, dan ada yang berukuran 28x lebih besar dari Jupiter

Awal Desember 2016 peneliti melihat sebuah planet seukuran Jupiter. Tapi yang ini berbeda dengan posisi planet Jupiter kita. Planet dengan nama Hat P7b memiliki jarak 1044 tahun cahaya dari Bumi. Ukurannya yang bongsor, dan terlalu dekat ke bintang.

Michelle Kunimoto 22 tahun seorang mahasiswa di universitas Columbia. Dia tertarik dengan planet yang jauh. Sebagai mahasiswa dia mengambil bagian untuk menganalisa data dari teleskop ruang angkasa Kepler. Dan dia menemukan 4 planet dan satu planet diantaranya adalah seukuran planet Neptunus di posisi hangat.

Sekitar 10 planet seperti Bumi, yang jaraknya cukup jauh dan ada dekat ke Bumi. Ukuran planet yang ditemukan ini masuk dalam zona kehidupan, atau manusia bisa tinggal. Walau ukuran planet masih dalam perkiraan karena sebagian besar planet yang berpotensi memiliki ukuran lebih besar dari Bumi

Astronom telah melihat sebuah benda yang jaraknya 5000 tahun cahaya. Dan sebuah kejadian dalam 3 tahun dapat diamati oleh teleskop di rumah anda. Karena sebuah bintang Pulsar akan menarik satu bintang lain. entu saja kejadian tabrakan kedua bintang tersebut sudah terjadi di masa lalu.




No popular articles found.