Cermin Lucy ikuti matahari kirim cahaya ke dalam rumah


Green | 11 August 2015

Cermin Lucy bekerja dengan sistem robot.

Mengunakan sensor matahari, power dari cahaya matahari, dan memantulkan cahaya matahari ke dalam rumah.

Bekerja nonstop tanpa memerlukan power ekternal.

Ide cermin Lucy adalah memantulkan cahaya matahari dari jendela agar menerangi ruang di dalam.

Sehingga tidak memerlukan cahaya lampu, seperti cahaya lampu di dalam rumah.

Disebut robotik, karena cermin Lucy akan terus bergerak mengikuti cahaya matahari dan arah cahaya yang akan dipantulkan.

Cermin elektronik tersebut ditaruh di dekat jendela dimana cahaya matahari masuk.

Dan terus bergerak sampai cahaya matahari menghilang dan tidak dapat di tracking oleh photo sensor. Bentuk seperti bola dan tersedia berukuran 30 cm.

Berdasarkan data dari produsen, cahaya matahari yang dipantulkan mencapai 5000 lumens atau setara 5 lampu biasa.

Cermin Lucy masih tahap pendanaan, bila jadi diproduksi akan dijual $150.

Cermin Lucy ikuti matahari dan mengirim cahaya masuk ke dalam rumah

Solarcentury SunStation adalah sistem solar panel dengan disain tipis. Dapat dipasang diatap rumah dan tidak menganggu tampilan bangunan. Kecuali bentuknya yang berwarna hitam. Bukan disain saja yang baik, harga semakin terjangkau.

Smartflower POP dibuat perusahaan Austria. Berbentuk bulat dan mengikuti arah cahaya matahari. Dengan sistem tersebut solar cell dapat menghasilkan 40% power lebih besar dibanding pemasangan solar cell pada atap tetap. Setara kebutuhan energi rata rata satu rumah di Eropa



Perusahaan GoSun membuat kompor matahari dari berbagai ukuran. Lebih tepat disebut sebagai alat memasak dengan bantuan sinar surya. Satu kompor ditawarkan lengkap dengan cermin cahaya matahari, satu tabung untuk tungku dan plat untuk menaruh masakan. GoSun Mini sedang di obral $65.

Ini sederhana, bila memiliki ember bekas cat yang cukup besar. Bisa dijadikan tempat serba guna. Mungkin ember besar bisa dijadikan pot tanaman, kali ini dibuat untuk tatakan meja dibagian bawah.

Berada di Assam India tempat kelahirannya. Ketika masih muda, dia mengingatkan departemen kehutanan untuk menanam pohon disana. Tapi departemen kehutanan bersikeras tanaman tidak akan tumbuh. 30 tahun perjuangan membuat hutan sendiri, mendapat gelar Forest Man of India dari Presiden Abdul Kalam

SunTracker adalah lampu dengan energi surya. Mampu menghemat pemakaian listrik untuk siang hari dan digantikan dengan cahaya matahari. Setidaknya 10 jam sehari aliran listrik dapat dimatikan dan cahaya gudang pabrik, supermarket sampai kantor dapat mengunakan cahaya alami




No popular articles found.