Bloatware PC identifikasi dan menghapus


Green | 22 August 2015

Apa yang kita ketahui tentang bloatware di computer. Aplikasi sampah yang tidak jelas dan di install di computer bermerek. Bagaimana membuang bloatware dari computer dan apa dampaknya.

Bila tertarik mengunakan OS Windows yang bersih dari bloatware. Microsoft menawarkan edisi OS khusus disebut Microsoft OS Signature Edition. Tersedia untuk OS tablet, Desktop, Notebook, dan All in One PC.

Microsoft Signature Edition

OS Microsoft Signature Edition akan dijamin, computer tetap terhindar dari Bloatware. Sistem OS tetap bersih, startup 104% lebih cepat dan shutdown 35% lebih cepat.
Memiliki perlindungan dari Microsot Defender dan tidak pernah Expire. Baterai perangkat mobile akan lebih hemat, setidaknya 25% dapat bertahan lebih lama.

OS Microsoft Signature Edition hanya dapat diperoleh di toko Microsoft Online Store.

Bloatware dari pre-install
Banyak PC bermerek memberikan pre-install aplikasi. Awalnya gratis, tapi mengapa dipasangkan aplikasi yang mungkin tidak perlu bagi pemilik computer. Perusahaan penjual PC ingin mendapatkan sumber pendapatan.
Sehingga mereka menawarkan aplikasi yang sudah siap di install.
Masalahnya aplikasi pre-install membuat storage harddisk semakin banyak terpakai.

Trailware
Adalah aplikasi yang dapat di coba gratis, rata rata sekitar 30 hari sampai 6 bulan lalu akan meminta penguna membeli aplikasi bila menyukai.
Keuntungan dan kelebihan, bisa berguna atau tidak. Mungkin menjadi informasi tambahan, dan user akhirnya bisa memanfaatkan aplikasi trailware. Aplikasi Trailware secara umum tidak berbahaya karena bisa di Un-install bila tidak ingin digunakan lagi.



Aplikasi tambahan
Beberapa produsen memberi aplikasi tambahan. Seperti Cyberlink Media Suite untuk editi video, atau PoweDVD dan Nero Burning. Aplikasi tambahan ini dapat di un-install bila tidak diperlukan. Hanya tambahan saja di dalam perangkat.

Adware
Ini yang penting dan masuk dalam kategori Bloatware. Perusahaan Lenovo pernah disibukan dengan aplikasi Bloatware yang mereka berikan pada setiap produk computer. Masalahnya disana tedapat Superfish Ad, iklan yang terus berjalan di computer pembeli.
Bahkan Lenovo pernah memasukan Bloatware langsung ke BIOS Firmware. Agar penguna tidak bisa menghapus aplikasi tersebut dari PC, dan aplikasi akan terus mendownload secara otomatis walau sudah dibuang. Akhirnya Lenovo mengeluarkan aplikasi Bloatware yang mereka tanam di BIOS dengan update BIOS Firmware baru.

Mengapa perusahaan computer sampai penjual memasan bloatware
Salah satu alasannya pendapatan, karena keuntungan penjualan PC sampai notebook sangat rendah. Satu computer murah seharga $300, bila di pre-install dengan Bloatware. Kemungkinan dapat memberikan keuntungan tambahan sekitar $20 bagi penjual.
Bukan PC bermerek saja yang bisa memasang bloatware. Toko retail dapat menginstall bloatware. Contoh salah satu toko online di Amerika Frys.com menginstall aplikasi di dalam produk yang mereka jual.

Menghapus Bloatware
Banyak cara, dengan aplikasi khusus.

PC Decrapifier dapat membersihkan bloatware, hanya butuh beberapa menit untuk di analisa oleh software. PC Decrapifier akan memberikan aplikasi apa saja yang selalu berjalan di startup. Dan penguna computer dapat mematikan aplikasi yang dianggap tidak perlu.
Tapi PC Decrapifier tidak sepenuhnya memberikan informasi apakah aplikasi perlu di buang atau tidak. Dan penguna computer harus mengetahui aplikasi yang akan mereka buang.

Dell PC lebih menyarankan mengunakan aplikasi eHTray.exe dan NvCpL Daemon

Should I Remove It
Aplikasi gratis, menampilkan informasi tentang sebuah software yang di install di computer. Dan melihat berapa banyak user membuang aplikasi yang diperoleh dari data statistik penguna Shoult I Remove It.
Ada bagian yang diberikan dalam warna merah, oranye atau hijau.

Slim Computer
Mirip kedua aplikasi diatas. Sebelum melakukan scanning, disarankan merubah setting dari Advanced and change the scanner, dari mode default ke aggressive. Untuk mode Default disarankan bagi pemula. Sedangkan Aggressive disarankan untuk mereka yang sudah mengerti tentang computer.

ADW Cleaner
Yang ini khusus membersihkan Toolbar di Browser. Tinggal di click, scann dan aplikais selesai membersihkan toolbar yang sering muncul diatas browser.

Ultra Adware Killer


Salah satu aplikasi paling efektif membersihkan Adware. Tapi hati hati dan identifikasi apakah aplikasi yang akan dibuat memang sebuah Adware. Contoh AVG Security Toolbar masih dianggap sebagai Adware oleh Ultra Adware Killer.

Ada 2 aplikasi lain untuk menangani Malware dan Spyware. Yaitu Spybot dan Malwarebytes Anti Malware.

Apakah ada computer tanpa bloatware
Ada beberapa produsen computer high end menjual computer tanpa memasang software tambahan yang merugikan pemilik computer
Dari merek MainGear, Falcon Northwest, Velocity Micro dan Puget. Sayangnya dari ke 4 merek tersebut adalah penjual computer high end alias computer gaming.

Bila anda tertarik membersihkan computer dari program sampah. Dapat mengunakan beberapa software diatas untuk membantu mengidentifikasi. Hati hati, bila salah mematikan aplikasi yang tidak perlu malah membuat OS tidak berjalan dengan benar. Resiko mengunakan software tersebut adalah tanggung jawab penguna.

Berita terkait
Penguna SnapChat mengeluhkan update aplikasi tersebut, karena mengunakan data internet terlalu besar yang bekerja background. Salah satu data yang diberikan, seperti fitur Discover menghabiskan 5x data secara background dibanding data yang dilihat oleh penguna.

Membeli notebook bermerek umumnya akan terinstall aplikasi Bloatware. Aplikasi tersebut ditujukan untuk membantu pemilik notebook dengan fitur yang dibuat oleh pabrikan. Tapi tidak semua penguna membutuhkan, bagaimana membuang aplikasi bloatware yang membuat notebook lambat.



Windows 8.1 sudah terintegrasi dengan akun Skydrive (cloud storage). Mungkin tidak semua bagus atau anda tidak tertarik mengunakan Skydrive untuk storage.

Aplikasi di Windows membutuhkan data dan di masukan ke registry file. Disana data yang tidak terpakai, program yang sudah di un-install terkadang masih nyangkut disana. Terkadang membuat sistem Windows tidak stabil karena data error di Registry.

Software Should I Remove It sebuah utility untuk uninstall aplikasi dari computer. Dapat bekerja dari Windows XP sampai Windows 7. Apa fungsi utama dari aplikasi ini, pastinya Bloatware.

Junkware Removal Tool sebuah tool untuk membuang adware, toolbar atau program yang tidak anda inginkan tetapi ada di computer. Aplikasi ini melakukan scanning dari sistem computer berbasis DOS.




No popular articles found.