Green | 19 May 2018

Penyakit diabetes dan pencegahan


Tentang penyakit diabetes sudah menjadi penyakit nomor 5 sebagai penyakit umum yang mematikan. Jutaan orang menderita oleh penyakit ini, dan masih banyak lagi yang tidak terdiagnosa.

Penyakit diabetes secara umum memiliki 2 tipe.

Diabetes tipe 1 umumnya muncul sebelum berumur 40 tahun, masalah tubuh yang tidak mampu memproduksi insulin. Angkanya relatif  rendah, sekitar 10 % dari penderita diabetes tipe 2. Di tingkat ini dimana tubuh menyerang sel yang memproduksi insulin.

Mary Rooney 39 tahun. Dia didiagnosis terkena diabetes tahun 2011. Setelah mearasakan kehilangan berat badan, selalu merasa haus, memiliki pandangan kabur yang datang dan pergi.

Diabetes tipe 2, umumnya muncul setelah berumur 40-45 tahun keatas, tubuh masih bisa memproduksi insulin tetapi tidak mencukupi kebutuhan. Diabetes tipe 2 umumnya bersifat turunan, penyebab lain seperti kegiatan yang rendah atau kurang olahraga, tidak diet, kelebihan berat badan akan beresiko terserang diabetes tipe 2. Mereka yang mengalami kegemukan, obesitas menambah faktor penyakit diabetes. Sebaiknya memeriksa kadar gula, karena gejala awal diabetes tidak terlihat

Diabetes ini dikenal dengan diabetes dewasa. Terkait dengan kelebihan berat badan, membuat tubuh lebih banyak memproduksi insulin dan akhirnya organ tersebut kewalahan. dan gagal bekerja normal. Hal ini berhubungan dengan faktor aktivitas fisik dan obesitas. Walau tidak selalu terkait dengan hal tersebut. Beruntung penyebab diabetes tipe 2 dapat dicegah bila seseorang mau merubah dirinya.

Diabetes tingkat 2, dimana tubuh masih memproduksi hormon insulin. Tapi tubuh tidak mampu mengunakan secara benar. Dimana sel menjadi kurang sensitif terhadap insulin atau kurang mampu mengunakan glukosa dari aliran darah.

Ketika insulin tidak mampu berfungsi sebagai mestinya. Glukosa akan menumpuk dalam darah dan bukannya berada di sel. Hal ini menyebabkan gula darah tinggi.

Diabetes tipe 3 (tidak masuk dalam kategori 2 dan 3)
Jenis ini berbeda dan disebut Gestational Diabetes. Mempengaruhi kepada wanita hamil tapi bisa sembuh setelah melahirkan

Di Inggris sekitar 22 ribu anak anak menderita diabetes. Jumlah terbesar anak anak menderita tipe 1 dan 2 di usia 10-14 tahun. Seperti apa gambaran penyakit ini, bisa dilihat dibawah.

Penyakit diabetes disebabkan tubuh tidak mampu mengunakan dan menyimpan glukosa. Suatu bentuk gula dimana digunakan sebagai energi. Diabetes adalah penyakit yang komplek. Dalam diametes tingkat 2 memiliki gejala

  • Sering kencing karena tubuh kelebihan urine dan mengalami dehidrasi. Termasuk mulut kering, bahkan sering terasa haus walau sudah minum cukup banyak.
  • Ketika sel tubuh kurang mampu menyerap glukosa. Hal tersebut membuat tubuh menimbulkan rasa lapar. Walau baru saja makan, seseorang masih ingin makan.
  • Ketika kurangnya glukosa, tubuh memiliki sifat untuk membakar lemak. Hal tersebut membuat tubuh menjadi kurus dan berat badan dapat turun drastis.
  • Ketika glukosa terakumulasi di aliran darah, membuat sirkulasi darah menjadi lambat. Akhirnya berdampak lembatnya pengiriman oksigen dan nutrisi ke dalam sel. Bisa terlihat dari tanda tanda dengan kelelahan ekstrim atau sering terlihat kecapean.
  • Diabetes membuat seseorang menjadi dehidrasi. Otak manusia membutuhkan cairan akan terganggu, dimana terjadi perasaan pusing kepala karena lambatny aliran cairan dalam darah
  • Pada mata terjadi lensa mata yang membengkak, membuat pandangan kabur. Setelah tingkat kadar gula turun, gangguan pada mata dapat hilang.
  • Proses penyembuhan terhadap infeksi menjadi lambat dalam melawan infeksi. Seperti bekas luka akan terlihat lebih lambat dari mereka yang normal.



Penyakit Diabetes tingkat 2 dan pencegahan

Bagaimana bila diabetes dibiarkan. Dampaknya dapat merusak saraf diseluruh tubuh bila sudah mencapai gula darah tinggi. Hal ini dikenal dengan penyakit Neuropati Diabetes. Efeknya dari penyakit diabetes seperti mati rasa, kesemutan atau nyeri pada kaki dan tangan.

Pencegahan diabetes tingkat dua, bila terditeksi dari awal dapat melakukan beberapa perubahan dalam hidup.
Meningkatkan aktivitas fisik, mengkontrol berat badan dan merubah pola makan. Disarankan pasien datang ke ahli gizi untuk membuat perencanaan pola makan.

Menurut data univeresitas Harvard  Public Health, 9 dari 10 kasus dimana pasien sudah di diagnosis diabetes tingkat 2. Dapat dihindari dengan berolahraga lebih banyak, makan makanan yang sehat, tidak merokok, dan mulai menurunkan berat badannya sendiri. Bila seseorang mampu menurunkan berat badan awal sampai 7-10%, maka dapat menurunkan resiko terkena diabetes tingkat 2 sampai separuh.

Diabetes dapat mengenai siapa saja. Bukan orang kaya dengan gaya hidup yang buruk saja. Penyakit ini dikaitkan dengan obesitas, penyakit jantung dan  dan dianggap sebagai mereka yang memiliki harga lebih dan mengkonsumsi lebih banyak makanan.

Intinya diabetes adalah penyakit yang menyebabkan kadar gula lebih tinggi dari yang sehat. Resiko lain dari diabetes seperti kebutaan, penyakit ginjal dan jantung. Bukan kaya dan miskin, penyebabnya dari gaya hidup dan pola makan.

Pengobatan diabetes sampai hari ini hanya dapat dilakukan dengan suntikan insulin.  Dimana sel T-regs yang melindungi sel membuat insulin dari kekebalan tubuh, tapi jumlahnya tidak cukup ketika seseorang masuk kategori diabetes tingkat 1.

Pengobatan diabetes baru akan tersedia. Peneliti universitas California dan yale. Sel T-regs dapat ditingkatkan sampai 1500x di laboratorium dan dikembalikan kedalam aliran darah.

Dari percobaan 14 orang, cara tersebut aman dan pasien dapat bertahan hingga satu tahun. Dr Jeffrey Bluetstone, seorang profesor metabolisme universitas California mengatakan teknik tersebut hanya mendidik ulang sel T-regs menjadi kekebalan tubuh. Bukan saja menekan penyakit diabetes, tapi mencegah berkembangnya penyakit lain dan menyelamatkan kebutaan dan amputasi di kemudian hari. Hanya pengobatan tersebut berlaku bagi pasien dengan tingkat diabetes tingkat 1 saja.

April 2017

Data baru menunjukan warga Amerika menghadapi kematian akibat diabetes lebih tinggi dari perkiraan. Penyakit ini naik dari rangking 7 ke rangking 3. Andrew Stokes dari Boston University School of Public penulis studi mengatakan diabetes bertanggung-jawab atas 12 perse kematian di Amerika.

Mei 2018
Tip pencegahan diabetes tipe 2.
Menurunakan berat badan. Kebanyakan orang sekarang lebih banyak duduk dan makan kripik di sofa atau di depan TV. Mengkonsumsi minuman manis, jarang bergerak. Gaya hidup seperti ini mengembangkan diabetes tipe 2.


Olahraga. Selalu bergerak dari 30 sampai 60 menit. Akan memberi manfaat yang baik bagi tubuh termasuk menghindari sakit otot. Dibanding mengunakan kendaraan pribadi, bila dekat dapat menganti dengan sepeda atau berjalan. Dibanding baik lift akan lebih sehat mengunakan tangga. Langkah kecil, dampaknya akan sangat positif.
Mengkonsumsi makanan sehat.  Bom kalori, ada baiknya dihindari. Termasuk protein tinggi yang memicu kegemukan. Buah dan sayur lebih sehat bagi tubuh.
Minuman ringan. Ada baiknya kita menjauhi yang satu ini. Selain buruk bagi tubuh, juga dapat merusak gigi.
Bir sehat. Itu mitos. Bir atau minuman beralkohol dapat membuat orang gemuk. 1 liter bir mengandung 200 kalori.
Kopi lebih baik. Bahkan bila mampu dapat mengkonsumsi 6 cangkir sehari. Masalahnya apakah anda sanggup, karena efeknya membuat diri kita gelisah.
Tidur yang benar. Salah satu obat terbaik. Regenerasi tubuh, membakar kalori juga terjadi ketika tidur. (DW)



Artikel Lain

Kanker kedua jumlahnya kembali meningkat. Data kesehatan di Amerika menunjukan 1 dari 5 kasus penyakit kanker, adalah pasien yang pernah terkena kanker dan harus kembali pendapatkan perawatan setelah terdiagnosis memiliki kanker kedua. Salah satu penyebab bahan akrilamida pada makanan yang di bakar

LED Samsung LH351B Red, LM301B and LM56C dirancang khusus untuk argokultur, menghasilkan cahaya dengan gelombang 660nm. Memberikan efek fotosintetis sehingga membantu pertumbuhan bagi tanaman. Sebuah lampu hanya mengkonsumsi energi 1 W.



Keseluruhan, masyarakat Jepang memiliki cukup kesehatan. Tetapi penduduk di Jepang memiliki masalah ginjal lebih kecil. Mengapa ginjal berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Temuan baru di tahun 2021, ginjal memiliki peran lain. Membuka penelitian medis dengan tekanan darah tinggi dan darah rendah

Polusi asap dapat membunuh orang begitu banyak. 5,5 juta orang meninggal di tahun 2013 akibat asap. Polusi asap tidak menganggu kesehatan penduduk lokal, tapi asap dapat terbang tanpa perbatasan

Dalam beberapa tahun banyak orang berpaling dari daging. Hampir 2,1 juta orang dewasa di Australia sekarang diet, bahkan sebagian menjadi vegetarian. Apa benar makan sayur umur lebih panjang, atau ada faktor lain

Manfaat kesehatan umum dengan mengkonsumsi buah dan sayuran sudah lama di kenal. Pisang dapat menurunkan resiko stroke dan serangan jantung. Namun peneliti mencoba dampak di kemudian hari bila wanita muda mengkonsumsi buah sejak muda. Berdasarkan data dari 90.534 wanita yang berpartisipasi dalam program Health Study II

PBB melaporkan remaja di usia 15-19 tahun yang terkenai HIV terus meningkat. Tahun 2014 saja mencapai 50 ribu remaja, dengan total 220 ribu remaja terjangkit HIV. Berbeda dengan orang dewasa terkena HIV turun sampai 28% di wilayah Asia Pasifik. Ada apa dengan remaja, mengapa angka HIV terus naik khususnya Jakarta ?



Gangguan untuk berbelanjat meliputi 8,9 % penduduk Amerika, angkanya sekitar 25 juta orang dan 90% adalah wanita. Menurut Benson, kebiasaan belanja yang tidak terarah adalah kebiasaan yang tidak sehat. Bahkan menghabiskan uang yang tidak perlu dengan belanja yang tidak jelas.

Pemanasan global memang terjadi. AS, China, Rusia, Brasil, India, Jerman dan Inggris seharusnya bertanggung jawab atas 60% pemanasan global yang terjadi dari tahun 1906 sampai 2005. Dijelaskan dalam gambar oleh Damion.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.