Galaksi Andromeda karya 2 astronomi amatir di Bumi


Stuff | 26 September 2015

Kita tidak bisa membuat foto galaksi Bima Sakti, karena kita berada di dalam galaksi sendiri. Tapi galaksi Andromeda dapat dibuat utuh, karena kita berada terpisah dengan galaksi tersebut. Galaksi Andromeda terletak 2,5 juta tahun cahaya dan berada di konstelasi Andromeda ini menjadi galaksi besar terdekat.

Banyak foto galaksi dibuat oleh telekskop astronomi dan teleskop ruang angkasa. Apakah galaksi Andromeda dapat dilihat dengan jelas dengan teleskop biasa seperti kelas astronom amatir.

2 astronom, satu dari Amerika David Lane dan dari Finlandia di JP Metsavainio. Keduanya mencoba mengabadikan galaksi Andromeda dari Bumi. Mengunakan STL-11000M, 35mm 11MPix CCD buatan SBIG dengan teleskop William Optics Gran Turismo 81.

Lane mengambil 38 jam . Lalu ditambah 18 jam penampakan cahaya melalui filter Hidrogen Alpha., masing masing diambil selama 6 jam dengan memecah gambar merah, hijau dan biru.

Selesai Lane membuat foto, gambar dikirim ke Metsavainio. Giliran Met bertugas mengkoreksi  gangguan foto optik dengan software CCDStack 2. Barulah foto yang dibuat digabung kembali sesuai kurva masing masing gambar dan software Photoshop CS3.

Teknik Met sama seperti pembuatan foto dari kalangan astronom profesional yang bertugas membuat foto bintang, galaksi dan lainnya. Hasil foto David Lane dan karya edit dari Met dibawah ini.

Galaksi Andromeda karya 2 astronomi amatir di Bumi

Karya foto kedua astronom diatas dapat dilihat via website Metsavainio'

Lubang hitam pendamping bisa saja terbentuk di galaksi dengan lubang hitam utama yang berada ditengah. Nasa menemukan galaksi NGC 2276. Untuk ukuran, NGC 2276-3c memiliki massa sekitar 5-30x dari matahari kita

Ada beberapa penemun dari dunia astronomi, beberapa dijelaskan lebih mendalam. Seperti dampak tabrakan dua galaksi, bintang yang pernah melintas dekat di tata surya, penemuan galaksi purba, Black Hole raksasa dan terakhir foto Pluto dan bulan pendamping Charon



Bentuk galaksi Bima Sakti, kali ini tampak berbeda. Diabadikan dari satelit ruang angkasa Planck milik ESA, tidak mengabadikan cahaya bintang saja. Tapi menangkap debu dan gas, partikel serta medan magnet yang lebih rinci. Peta yang dibuat dibawah ini adalah hasil foto dengan 4 warna berbeda.

Galaksi NGC 1291 terletak 33 tahun cahaya. Galaksi ini memiliki keunikan dengan cahaya yang tampak seperti cincin atau halo. Karena bintang yang usia muda baru terbentuk dan muncul dibagian luar galaksi. Mengapa bintang disana sampai membuat pola seperti cincin.

Galaksi di Spiderweb atau MRC 1138-262 adalah cluster galaksi. Dimana kumpulan galaksi terbentuk 11 miliar tahun lalu. Foto terbaru terlihat pembentukan bintang disana bisa muncul di tepian galaks. Cluster Galaksi adalah salah satu struktur terbesar di alam semesta.




No popular articles found.