Mantan disainer game Falbo yang membuat proposal disain persimpangan sepeda dengan animasi


Green | 1 November 2015

Ketika berkendara sepeda kita akan merasa sangat baik. Terasa mengutamakan budaya bersih dan sehat, seakan menghargai  masa depan ketika berkendara sepeda. Tapi begitu tiba di jalan raya, kadang hati kita menjadi ciut, melihat begitu besarnya kendaraan bermotor. Walau yang mengemudikan kendaraan sama seperti kita juga.

Paling meragukan ketika pengendara sepeda ingin menyebarang jalan, dimana tidak terjamin keselamatannya. Kadang besar badan kendaraan dapat menutup pengendara sepeda untuk terlihat oleh pengemudi lain. Ketika harus berhenti di persimpangan jalan, maka pengendara sepeda harus mencari tempat paling tepat. Entah di posisi depan, atau setidaknya lebih leluasana memantau kondisi lalu lintas di depan.

Cerita persimbangan jalan yang menyeramkan bagi pengendara sepeda berubah di kota Salt Lake City. Setelah pemerintah lokal memperbaiki disain penyeberangan bagi pesepeda. Dengan membuat posisi pesepeda lebih ked epan dan dapat terlihat oleh pengemudi yang datang dari arah samping, dan pengendara sepeda dapat melihat situasi dan tidak tertutup posisinya oleh kendaraan lain.

Idenya sangat sederhana, tapi siapa yang merancang jalur sepeda seperti ini. Disain Cycletrack terbukti memberikan keamanan bagi pengendara sepeda di perempatan jalan. Bahkan tidak memerlukan biaya besar, seperti Belanda yang memprioritaskan jalur khusus atau tol untuk pesepeda. Karena disain jalur sepeda dari Belanda belum tentu cocok dengan disain jalan di Amerika.

Pejabat pemerintah kota yang menangani transportasi (NACTO) merilis pedoman Bikeway di kota kota Amerika. Pendoman tersebut untuk memberi standar yang diterima untuk jalur yang dilindungi.  Salah satu perancangnya adalah Nick Falbo, dia yang membantu tim NACTO agar mereka dapat membuat jalan sepeda lebih baik. Dia memulai membuat sketsa yang disebut perempatan yang terlindungi bagi pengendara sepeda serta pejalan kaki.

Siapa Falbo ini. Ternyata dia mantan disainer video game. Falbo bekerja di perusahaan Alta Porland, merancang jalan sepeda dengan blok dan merubah disain persimpangan jalan pesepeda. Dia adalah mantan animator dari game Rock Band dan Mass Effect. Dia membuat gambar dengan teknik virtual dalam dunia nyata. Seperti apa, video dalam bentuk animasi sehingga dibawa idenya ke tim Nacto sampai akhirnya diterima.

Bila Falbo bukan disainer game, mungkin proposal disain persimpangan jalan tersebut akan bertele tele serta memberikan tulisan dan pejelasan terlalu banyak. Dia hanya memberikan penjelasan dalam bentuk video, seperti ini rancngan tempat pengendara sepeda dalam bentuk animasi. Pesepeda harus berada disisi paling depan dibanding kendaraan bermotor lengkap. Dan pengendara sepeda harus dapat melihat serta dilihat oleh pengendara bermotor juga. Sangat sederhana tapi efektif ketika memberikan penjelasan ke tim Nacto.

Dibawah ini bentuk dari disain jalan yang sudah jadi dalam bentuk nyata dan sudah dibangun di sebuah kota

Disain jalur sepeda di persimpangan

Ide ketika menjelaskan dengan animasi oleh Falbo sebelum rancangan jalur dibawah ini dibuat menjadi kenyataan



Disain jalur sepeda di persimpangan

Protected Intersections For Bicyclists from Nick Falbo on Vimeo.


Teknologi lampu lalu lintas mungkin akan berubah. Mengadopsi teknologi Machine Learning dan AI. Sistem baru dapat menditeksi berapa banyak jumlah antrian, dan mengatur waktu lampu dengan kondisi di jalan. Berbeda dengan teknologi konvensional, lampu diatur berdasarkan jam

Apa yang terjadi di kota Copenhagen pada jam sibuk. Banyak mobil berlalu lalang, kemacetan, klakson mobil, motor saling bertumpuk. Itu hanya mimpi bagi penduduk disana. Karena kesibukan kota pada pagi atau sore hari bukan kendaraan bermotor yang membuat macet



Kota Vancouver adalah kota yang ramah dengan sepeda dan tujuan utama adalah kota kelas dunia bersepeda. Tapi moda transportasi lain juga dibangun. Salah satu video dibawah ini ketika Chriss bercerita seperti apa kota yang ramah bagi penduduk

Perancis menjadi negara yang tertarik lingkungan. Seperti kemarin menara Eiffel baru dipasang 2 turbin angin ukuran besar. Sehingga listrik di menara tidak lagi mengandalkan pasokan listrik dari jaringan listrik biasa. Aturan baru hanya diberlakukan untuk gedung komersil

Pemerintah Perancis memberikan insentif bagi pekerja yang mau meninggalkan kendaraannya untuk bekerja. Dan memilih sepeda serta dibayar setiap km yang ditempuh ke tempat kerja. Setiap km jarak tempuh ke tempat kerja akan diberikan 0,25 euro atau sekitar 4000 rupiah.




No popular articles found.