Groundfridge kulkas tanpa listrik ditanam ke tanah


Green | 2 November 2015

Jaman dahulu alias nenek moyang kita mengunakan teknologi kulkas dengan membawa makanan ke dalam tanah. Menjaga makanan tetap dingin dibawah tanah. Sekarang ide tersebut kembali muncul. Groundfridge seperti gudang mini tapi ditanam ke tanah. Memberikan suhu lebih dingin dibanding udara di permukaan tanah.

Pembuatnya Floris Schoonderbeek dari perusahaan Weltevree membuat kulkas tanpa listrik.

Seperti bola besar , struktur dari bahan polyester lalu dimasukan ke dalam tanah. Ruangan seperti bola tersebut akan memberikan suhu antara 10-18 derajat Celcius sepanjang tahun di daerah tertentu.. Groundfridge ditanam sampai kedalaman 1 meter, dan yang muncul hanya bagian pintu masuk untuk mengambil barang.

Sisanya seperti lampu dapat mengunakan cahaya lampu LED atau dari sumber solar cell. Menurut perusahaan Weltevree, ruangan tersebut cocok sebagai penyimpan bahan makanan dari keju atau anggur. Rak di dalam Groundfridge dibuat melingkar dan kapasitasnya mencapai 20x dari ukuran kulkas biasa atau setara 500kg makanan.

Diain Groundfridge sebagai kulkas tanpa listrik ini mendapat penghargaan Dutch Design Awards 2015 Belanda. Mungkin hari ini Groundfridge menjadi tempat makanan, tapi siapa tahu bila bumi semakin panas mungkin kita akan tinggal di dalamnya.

Groundfridge kulkas tanpa listrik ditanam ke tanah

Berita terkait
www.weltevree.nl/US/collectie/groundfridge
Fosfor adalah elemen penting untuk tanaman. Merupakan nutrisi yang dipakai pada produksi pertanian, tetapi bahan tersebut tidak bisa tergantikan. Petani telah lama tergantung dengan fosfor, dan kebutuhan bahan ini terus meningkat.

Apa yang terjadi di kota Copenhagen pada jam sibuk. Banyak mobil berlalu lalang, kemacetan, klakson mobil, motor saling bertumpuk. Itu hanya mimpi bagi penduduk disana. Karena kesibukan kota pada pagi atau sore hari bukan kendaraan bermotor yang membuat macet



Bayangkan  bila anda memiliki sebuah lahan untuk membangun rumah, tapi lebarnya hanya meter saja. Pasti tidak masuk akal membangun sebuah rumah. Perusahaan arsitek Yuua mampu membangun sebuah rumah dengan lebar 1,8 meter.  Cukup untuk satu pasangan dan satu kucing.

Apakah kita tahu sistem pengaturan di mesin cuci di rumah. Mungkin tidak, sama seperti warga Inggris mereka tidak terlalu peduli setting di mesin cuci mereka. Hal ini terungkap dari sebuah studi toko pengecer dan menanyakan tombol apa yang sering digunakan pada mesin cuci dirumah.

Rancangan rumah dengan lahan terbatas tidak membatasi kemampuan arsitek Specht Harpman untuk membangun rumah keren dan indah. Harpman merancang rumah dengan ruangan multi fungsi. Ruang tamu dan ruang makan dibagian bawah, dan ruang tidur di lantai dua.

Ingin hemat energi ada beberapa cara sederhana. Dari menanam pohon dirumah, mematikan peralatan dari stop kontak, mengunakan microwave atau memperbaiki peralatan yang ada dirumah

Menghasilkan air dari udara sudah banyak dibuat. Seperti di Indonesia di lahan yang sulit air dapat ditampung dengan menangkap jenitk air dari kabut. NBD mengembangkan jaring untuk memanen air dari kabut, sampai mengembangkan tenda untuk menampung air.



Lampu LED Ariel daya tahan lama sampai 180 ribu jam atau setara 40 tahun bila dinyalakan 12 jam setiap hari. Rahasianya ada di bagian pendingin dengan penghantar heatpipe dan lempeng pendingin aluminium. Bisa diremote dari smartphone




No popular articles found.