Kehilangan camera di perjalanan adalah nighmare kata David


Digital | 15 November 2015

David Anderson fotographer dari Skotlanida baru mengambil keputusan baru dalam hidupnya. Dia keluar dari pekerjaan, membeli camera dan mulai jalan jalan ke Eropa. Awalnya ingin mengabadikan tempat indah yang dikunjungi dan berbagi untuk orang lain.

6 bulan perjalanan dia membuat foto pemandangan, sempat mampir 2 kali ke Islandia. Lengkap dengan video perjalanan dari beberapa tempat seperti Norwegia, Swedia dan Finlandia.  Di musim panas dia mampir ke Belgia, swiss dan Australia serta Italia.

Sementara dia bekerja dengan perusahaan perjalanan untuk membuat film. Disini mimpi buruk datang, tas dicuri di depan matanya.

Camera Canon 5D, 2 lensa, GoPro hilang. Tapi yang sangat berharga 8 memory card yang sudah terisi 150GB hasil 3 bulan perjalann terakhir. Termasuk perjalan ke Swiss Alps, Austria, Dolomites Italia.

Bagaimana David kehilangan barang bawaan selama petualangan.
Ketika di kereta menuju Pisa, dia meletakan tas di samping tempat duduknya. Dan tali tas masih berada di badannya sendiri agar tas dapat cepat diambil untuk mengabadikan objek menarik.

Duduk di satu ruang kereta terdiri dari 4 kuris. Hanya ada beberapa orang disana, dan agak panik karena tiba di stasiun kereta nanti dia harus mengejar terakhir setelah kereta tiba. Karena agak ragu dengan waktu tiba kereta, dia melihat smartphone untuk membuat peta.
Kereta tiba di stasiun dan disanalah banyak orang berlalu-lalang. Tas ransel sudah di pungung sambil sambil menunggu penumpang lewat. Hanya dalam hitungan detik tas sudah lenyap  David sendiri tidak percaya dengan apa yang terjadi. Masih sempat mencari tas yang hilang, mungkin terjatuh atau salah ditaruh. Dan terakhir dia sendiri yakin bahwa tasnya ada di sampingnya.

David mencurigai sekelompok orang yang turun secara bersamaan. Sadar bahwa tasnya hilang dia mencari petugas stasiun. Lagi lagi masalah bahasa menjadi kendala dan petugas tidak mengerti apa yang dikatakannya.

Melapor ke pos polisi sama saja, karena petugas tidak mengerti  bahasa Inggris ketika David diminta menceritakan kejadian secara rinci. Cerita diatas adalah pengalaman seorang fotografer mungkin termasuk para traveller dengan membawa perangkat camera dalam perjalanan
  • Bila memory card lebih berharga, tempatkan di tempat paling aman dan tidak menyatukan di tas camera. Biasakan membuat backup dengan harddisk. Atau mengunakan tas punggung kecil adalah tempat paling aman.
  • Awalnya David khawatir tidak menyimpan memory card di ransel. Nyatanya di tas camera yang membuat dirinya kehilangan segalanya.
  • Terlalu menjaga tas kecil berisi camera kadang lepas dalam hitungan detik. Bila ditempatkan di tas ransel ukuran besar, mungkin menjadi tempat lebih aman.
  • Kesalahan yang dibagi oleh David, peralatan camera yang cukup mahal sebaiknya di asuransi.
  • Jika anda  terlalu lelah dan terburu buru, terlebih mengejar waktu untuk pindah akomodasi seperti transit dari pesawat, kereta atau bus. Sebaiknya istirahat jangan memaksakan untuk mencari objek di sepanjang perjalanan.

Dibawah ini tas camera milik David yang hilang. Mungkin foto terakhir tersebut diabadikan dari camera smartphone.

Kehilangan camera di perjalanan adalah nighmare kata David


Berita terkait
Dave Etchells mampir ke Jepang dan dia mencoba kereta peluru disana. Karena tidak mengerti bahasa Jepang dia naik kereta yang salah. Perlengkapan camera $7000 hilang. Dia melapor ke petugas setempat, dan akan dihubungi bila barangnya ditemukan.

Bagaimana menemukan camera yang hilang, atau mencari iphone anda yang dicuri, atau notebook hilang dari kendaraan. Pasrah, coba ikuti cara Mr John.




No popular articles found.