Planet LkCa 15b ada 3 planet baru terbentuk ilmuwan menjadi saksi mata


Science | 19 November 2015

Siapa yang melihat pembentukan planet ketika lahir. Disebut protoplanet, sebuah pembentukan planet dari sebuah tata surya. Planet kita tidak datang menjadi biru, tapi terbentuk jutaan tahun lalu dari sebuah protoplanet.

Tim ilmuwan mengunakan teleskop Keck akhirnya menjadi saksi mata manusia, mereka melihat protoplanet dimana sebuah tata surya baru saja terbentuk planet baru. Sebuah tempat disebut sebagai objek LkCa 15b terus dipantai sejak tahun 2011. Disana ilmuwan dari Keck menemukan ada planet baru atau planet bayi.

Ditengah terdapat sebuah bintang yang dikelilingi oleh gas dan debu. Menciptakan kekosongan sekitar 100x lebih besar antara jarak bumi dan matahari.

Dari foto dibawah, ini yang terjadi. Antara titik tengah dan debu yang mengelilingi tata surya disana, muncul beberapa warna. Bentuk warna tersebut adalah protoplanet atau cikal bakal planet nantinya. Ada 3 planet yang baru terbentuk, dan sedang menyerap debu dan gas disekitarnya sampai membuat kekosongan antara bintang di tengah dengan debu gas yang lebih besar di sisi luar.

Karena disana masih panas, mencapai suhu 17,500 derajat Farenheit. Panas dari gas hidrogen membentuk gelombang cahaya yang disebut H-alpha.

Dari foto ini, para ilmuwan menjadi saksi mata adanya planet yang baru muncul. Dan ketiga planet tersebut terus tumbuh membesar. Walau tidak bisa dipastikan apakah planet tersebut akan muncul lebih banyak atau posisinya akan seperti gambar sekarang.

Letak di objek LkCa 15b yang ditemukan, peneliti memperkirakan nanti sekitar 2 juta tahun kedepan. Planet besar akan terbentuk dengan jarak 15-16 AU (15x jarak dari matahari kita)
Peneliti mengatakan planet dengan kekuatan magnit sebesar ini memiliki kekuatan 20x lebih besar dari planet Jupiter.

Gambar kiri atas, sebuah bintang yang dikelilingi debu dan gas berwarna abu bau, dan ditengah terlihat beberapa protoplanet yang baru lahir.
Gambar kiri atas, ketiga planet yang diteliti dengan teleskop
Gambar kiri bawah, setelah penelitian 5 tahun. Peneliti dapat memastikan gerakan protoplanet berbentuk elips dan mengelilingi bintang induk
Gambar kanan bawah, gambar animasi disana dengan munculnya 3 planet seukuran Jupiter.



Planet di tata surya LkCa 15b ada 3 planet baru terbentuk ilmuwan menjadi saksi mata


Berita terkait
Alam semesta memang uni, sebuah eksoplanet massa 11x planet Jupiter dinamai planet HD106906 b. Planet tersebut memiliki massa sangat besar. Uniknya menempati orbit yang tidak terduga menjadi anggota tata surya bintang biner. Mengapa planet tersebut berada begitu jauh dari bintang.

Planet K2-18b ditemukan tahun 2015, memiliki orbit di zona habitat. Ditemukan oleh teleskop Kepler ketika planet transit di depan bintang. Mengorbit ke bintang kerdil merah atau Red Dwarf Star setiap 33 hari. Awalnya planet terlihat cocok untuk manusia. Tetapi penelitian lebih lanjut. Itu adalah Water World.



Sebuah bintang GJ9827 jaraknya 100 tahun cahaya terletak di konstelasi Pisces. Membuat bingung penelit, awalnya terditeksi seperti Super Earth atau seperti planet Bumi tapi ukurannya lebih besar. Tidak ada planet seperti ini di tata surya

Badai dengan jutaan petir lebih kuat dari Bumi, menjelaskan mengapa sinyal planet HAT-P-11b tertangkap oleh teleskop ruang angkasa. Di tahun 2009, mengapa planet ini dapat mengeluarkan sinyal radio. Kondisi alam yang membuat sinyal planet bisa ditangkap oleh teleskop di Bumi

Planet Kepler-452b disebut sepupu Bumi dengan badan lebih besar, peneliti percaya disana ada gunung berapi dan lautan. Letaknya 1400 tahun cahaya dan berada di konstelasi Cygnus baru terditeksi oleh teleskop Kepler. Peneliti memberi nama Earth's Bigger, older Cousin atau Earth 2

Sekitar 10 planet seperti Bumi, yang jaraknya cukup jauh dan ada dekat ke Bumi. Ukuran planet yang ditemukan ini masuk dalam zona kehidupan, atau manusia bisa tinggal. Walau ukuran planet masih dalam perkiraan karena sebagian besar planet yang berpotensi memiliki ukuran lebih besar dari Bumi

Disebut Quintubple star system atau tata surya dengan 4 bintang. Diberi nama 1SWASP J093010.78+533859.5 dan terletak 250 tahun cahaya dari Bumi. Lokasinya ada di daerah Ursa Major, ke empat dari 5 bintang bintang tersebut sudah di pelajari sejak tahun 20113 oleh Marcus Lohr



Matahari saja sudah lebih dari cukup, tapi di tata surya Ari 30 memiliki lebih dari satu matahari. Ada 4 matahari dengan sebuah planet, terletak di daerah rasi bintang Aries. Uniknya sejauh ini baru satu planet yang terlihat berada disana.




No popular articles found.