Fosfor materi lebih penting dari energi terbarukan


Green | 17 February 2016

Fosfor adalah elemen penting bagi kehidupan. Merupakan nutrisi yang dipakai pada produksi pertanian, tetapi bahan tersebut belum dapat tergantikan. Petani telah lama tergantung dengan fosfor, dan kebutuhan bahan ini terus meningkat.

Kebutuhan produksi pertanian dengan fosfor membuat tumbuhan dapat tumbuh dengan baik. Pupuk jenis fosfor dapat meningkatkan produksi pertanian. Konsumsi daging tidak lepas dari kebutuhan pangan untuk peternakan yang kembali lagi, pangan yang dibuat dari tanaman.

Fosfor adalah simbol kimia P dengan atom nomor 15. Bentuknya terbagi dua dengan warna putih dan merah. Pemakaian fosfor dapat digunakan untuk berbagai produk selain pupuk. Seperti bubuk pasta gigi, plastik, detergen sampai pestisida

Forfor dapat ditambang, seperti di beberapa negara di Florida, Idaho dan Tennesse Amerika, Maroko, Algeria, Egyps, Nigeria, Sahara, Togo dan Tunisia di Afrika, serta Israel, Arab, Jordania, Suriah, Iran dan Irak, dan Australia, Makatea, Nauru dan pulau Banaba dan China
Sumber fosfor terbesar sebanyak 50% ada di China, Amerika, Maroko, Afrika Selatan dan Jordania.

Tambang Forfor di Amerika akan habis 25 tahun kedepan. Sedangkan Maroko mengendalikan 85% cadangan batuan forfor.

Diperkirakan sumber tambang yang ada hanya mencukupi sampai 345 tahun kedepan.
Di tahun 2008, harga fosfor naik 8x lipat dipicu oleh naiknya harga minyak bumi. Dipicu oleh kebutuhan pupuk khususnya untuk produk daging dan biofuel.

Jumlah penduduk di tahun 2050 akan mencapai 9 miliar orang. Artinya kebutuhan pangan naik 70% dari kebutuhan pangan saat ini.
Bagaimana bila suatu hari nanti bahan fosfor tersebut habis. Apakah akan memicu krisis pangan bahkan menumbulkan dampak sosial.

Tim peneliti dari Charly Faradji, Marie Curie Research Fellow Universitas Bristol School of Chemistry and Marissa de Boer, serta manager proyek untuk SusPhos dari VU universitas Amsterdam. Tim peneliti ini sedang sibuk meneliti untuk mengevaluasi perisitiwa kemana arah produksi pertanian.

Kurangnya pasokan fosfor dapat memicu konflik geopolitik, masalah lingkungan dan kelaparan. Alasannya sederhana.



Fosfor adalah bahan yang belum bisa dibuat manusia, tidak dapat digantikan, dan tidak ada bahan sintetis. Tanpa fosfor artinya tidak ada kehidupan.

Sejauh ini fosfor memiliki peluang untuk di daur ulang. Tetapi teknologinya dalam tahap perkembangan. Manusia juga memiliki cadangan fosfor dalam urine. Teknologi lain cadangan forfor dapat didaur ulang dari air limbah.

Bila manusia sekarang merasa sudah aman dengan bahan bakar terbarukan. Satu lagi material penting adalah fosfor, dimana digunakan untuk pupuk pertanian dan pangan dunia. Karena semua mahluk hidup butuh makanan.

Bila kita melihat benda ini di toko tanaman dan membeli untuk pupuk tanaman di rumah. Jangan diabaikan, gunakanlah sebaik mungkin. Mungkin suatu hari bahan ini akan menjadi sangat mahal. Karena jumlah tambang fosfor sudah sangat terbatas.

Fosfor materi lebih penting dari energi terbarukan

Virus, disini bukan berbicara virus computer. Tapi kesehatan dan penyakit terhadap manusia. Virus memiliki kemampuan melakukan replika tapi membutuhkan induk atau inang sel. Hal ini membedakan antara virus dan bakteri. Media menyebut virus kolera, apakah virus dan bakteri sama.

Fayez al-Hindi seorang warga Palestina menciptakan alat penyulingan air bertenaga surya, dan menghasilkan air sehat yang dapat di minum. Fayez bisa membantu warga disekitar agar mereka bisa membuat air minum sendiri dengan bantuan cahaya matahari.



Produsen Kuiu merancang ransel yang tahan bobot berat, mampu menahan barang bawaan sampai 68kg. Kekuatan tersebut adalah kombinasi ransel dengan bahan serat karbon. Walau ukuran ransel cukup besar, tapi tetap ringan ketika kondisi kosong.

Mobil Tesla, melalui dealer di Hong Kong dan mobil dikirim ke Singapura. Nguyen berharap mendapatkan potongan sekitar $11.000 untuk kendaraan tanpa knalpot tersebut. Karena kendaraan listrik tentu tidak memiliki gas buang. Bukan potongan pajak, malah dikenakan pajak karena memiliki mobil listrik

Pembuatnya Floris Schoonderbeek dari perusahaan Weltevree membuat kulkas tanpa listrik. eperti bola besar , struktur dari bahan polyester lalu dimasukan ke dalam tanah. Ruangan seperti bola tersebut akan memberikan suhu antara 10-18 derajat Celcius sepanjang tahun di daerah tertentu.

Selama 2 tahun terakhir ini, para pendukung energi bersih menunjukan minatnya kepada energi surya. Sebuah perusahaan Soltech membuat genteng hijau. Bukan solar panel dipasang di genteng, tapi atap rumah yang diberikan genteng kaca. Panas dari atap rumah dimanfaatkan untuk pemanas air




No popular articles found.