Domain .om hati hati salah ketik karena menyebar malware


Security | 16 March 2016

Jangan salah ketik dengan nama domain belakang .om. Misalnya melihat Netflix.com lalu salah mengetik menjadi Netflix.om. Karena nama top domain tersebut dapat menyerang penguna internet. Tidak lama akan muncul sebuah update Flash Update.

Berapa banyak nama domain .om yang digunakan untuk penyebaran malware. Sejauh ini sudah mencapai 5000 dari nama situs populer. Termasuk bebrapa merek. Ditemukan 334 domain dimana nama situs tersebut sangat aktif dikunjungi penguna internet.

Penguna internet sangat mudah salah ketik. Dari nama yang terdaftar bisa saja salah memasukan facebookc.om, googlec.om, youtube.om, reddit.com dan lainnya

Data dari sebuah website keamanan, menyelusuri siapa yang mendaftar. Salah satu nama mengunakan Ahmed Al Amri dan baru mendaftarkan begitu banyak nama .om. Terlihat pendaftar nama .om mulai meningkatn di bulan Oktober 2015, dan terakhir pada bulan Februari 2016.
Walau secara rata rata yang mendaftar setiap bulan masih dibawah 10 nama.

Pemilik yang terdapat dibawah ini

Domain .om hati hati salah ketik karena menyebar malware

Setelah di telusuri dimana server dari nama .om diatas. Ada 15 layanan server internet berbeda. 111 nama .om termasuk netflix.com mengunakan perusahaan Tiggee LLC dari perusahaan di Amerika. Dan 2 lainnya Casablanca di Czech serta Choopa LLC di New Jersey Amerika.

Perusahaan Tiggee menempatkan 111 nama domain .om, tapi seluruhnya hanya mengarah ke 4 IP. Seperti di pingpong, ke satu nama tapi kembali ke satu nama server.

Nama .om tidak murah dengan paket server dapat digunakan dengan biaya $299 pertahun. Sepertinya penjahat yang satu ini sangat serius mengarap proyeknya.

Beberapa nama yang digarap mereka extdirect.om, hotwire.om, vmall.om, tripadvisor.om, hyatt.om, entrepreneur.om, bbc.om, icloud.om, marriott.om, twitter.om, lego.om, panasonic.om, tv.om, papajohns.om, pizzahut.om.


Daftar lengkap dapat dilihat via pastebin.com/q2WCuw6K

Bila seseorang salah ketik dan masuk ke situs .om apa yang terjadi.
Tampilan web seperti tampilan dari website asli.
Pembuatnya akan mengarahkan ke target konten tertentu atau lokasi yang menarik. Kata sederhananya, mereka yang sudah masuk ke domain .com tapi salah masuk ke .om seperti diarahkan ke lubang kelinci.
Situs yang salah tersebut akan memeriksa Cache BRowser, dan memantai penguna internet dan hal lainnya.

Jadi jangan salah ketik dengan kata COM menjadi OM.


Berita terkait
Penguna perangkat Android sebaiknya berhati-hati mengambil aplikasi Tool. Penyebaran malware dari game banyak digunakan oleh user di India termasuk Indonesia di posisi kedua. OS Android yang diserang lebih banyak OS Android 5.

2 ISP China Telecom dan China Unicom sebagai 2 operator terbesar di Asia. Melalukan praktek ilegal dengan menginjeksi konten di jaringan internet mereka. Kedua ISP memaksakan user melihat iklan yang mereka miliki. Tapi yang berbahaya meninggalkan link Malware



Sebuah perusahaan online untuk kencan atau Online Dating di denda 600 ribu dolllar oleh Federal Trade Commission. Mereka memiliki 18 situs perjodohan dengan 12 juta member. Anda termasuk.




No popular articles found.