Pesawat komersil kemana kotoran dibuang


Stuff | 17 March 2016

Dalam penerbangan jarak jauh, penumpang diberikan makanan.

Bagaimana bila penumpang ingin ke kamar kecil, bahkan pop di dalam pesawat. Kemana sampah di pesawat dibuang.

Disain sanitari pesawat lama mengunakan cairan anti bakteri seperti cairan biru. Teknologi tersebut kadang membuat kebocoran karena terlalu banyak air yang dipakai di dalam pesawat.

Pesawat jet komersil modern mengunakan teknologi baru. Tidak mengunakan cairan biru untuk sanitari dan membersihkan toilet. Sekarang mengunakan teknologi penyedot pakum.
Mengunakan sedikit air, dengan penyedot udara yang sangat kuat. Dalam toilet pesawat terdapat sebuah tombol untuk membersihkan.

Hanya di beberapa pesawat model baru seperti Airbus A300 sampai A340. Boeing sudah mengunakan di seri 700.

Mesin pakum akan menarik semua udara dan kotoran dengan kecepatan lebih cepat dari formula F1.

Dalam hitungan satu detik semua kotoran akan sampai di sebuah tangki penampung



Kemana kotoran tersebut berakhir.

Setelah pesawat mendarat, pesawat jet komersil harus mengosongkan beban dari kotoran penumpang sebelumnya. Pesawat tidak akan berangkat sebelum kotoran dikeluarkan dari pesawat komersil.



Satu kendaraan akan menjemput dibawah pesawat. Disebut Honey Truck, tidak ada hubungan antara kata Honey / Madu dengan kendaraan ini. Ini adalah mobil khusus untuk membersihkan kotoran di pesawat penumpang.

Kendaraan tersebut memiliki tangga hodrilik untuk staf di bandara udara. Memasukan sebuah selang besar di bagian belakang pesawat untuk menurunkan kotoran dari dalam tanki. Selain menyedot, satu pipa lebih kecil dengan kekuatan bertekanan tinggi akan dimasukan di belakang. Berfungsi untuk membersihkan sisa kotoran  yang diambil dari pipa lebih besar.

Honey Truck adalah mobil yang datang pertama ke pesawat yang baru mendarat. Sebelum kendaraan lain seperti kendaraan untuk menurunkan barang penumpang, dan terakhir mobil untuk pengisian bahan bakar pesawat.

Honey Truck memiliki daya tampung untuk menarik kotoran satu pesawat. Dalam 10 menit akan dibersihkan, agar pesawat jet siap berangkat kembali.



Selesai dibersihkan, Honey Truck akan kembali  ke ruang fasilitas pembuangan. Kotoran di turunkan seperti biasa dari pipa dibawah tangki. Selesai dan Honey Truck siap berangkat membersihkan pesawat lain.



Teknologi digital dan pelacakan pesawat juga membawa dampak. Beberapa dapat dijadikan acuan adanya ketegangan politik yang meningkat. Disisi lain sebagai kritik bagaimana para artis berperilaku dan tidak peduli dengan lingkungan.

Penerbangan komersil tidak ada yang lewat di atas Tibet. Hanya penerbangan regional dalam negeri saja, itupun hanya jarak pendek. Mengapa pesawat tidak lewat di atas Tibet. Beberapa pertimbangan dengan faktor keamanan penumpang dan pesawat.



Sebuah pesawat Boeing 787 nomor P4-787 terbang dari bandara Korea Incheon ICN ke Buenos Aires EZE. Pesawat terbang nonstop sejauh 19 ribu km tanpa berhenti diluar spesifikasi pesawat. Sebelumnya sudah keliling dunia dan mampir ke beberapa kota. Untuk apa itu.

Pesawat penumpang terbesar di dunia A380, 28 April 2020 hanya 1 pesawat yang terbang. 2 raksasa kembali di parkir milik SQ SIA. Mampu membawa 4x penumpang dibanding Boeing 737 MAX. November 2020, 6 unit pesawat sudah pensiun dan tidak pernah terbang lagi.

Pernah membayangkan, kalau terbang ke luar negeri hanya untuk makan minum sambil melihat suasana lalu pulang lagi. Sekarang menjadi kenyataan walau agak berbeda. Sejak Agustus 2020 beberapa maskapai memberikan layanan terbang dan pulang di tempat yang sama



September 2018, sebuah pesawat Allegiant Air juga terbang diatas badai Florence. Penerbangan mulus dan tidak terjadi turbulensi. Pesawat terbang diatas badai tapi tidak kurang dari 7km diatasnya. Pengalaman tersebut dipertanyakan, apakah untuk menghemat bahan bakar atau mencoba menguji. Tapi pesawat sampai ketujuan bahkan 20 menit lebih cepat dari jadwal.

8 pesawat melakukan perjalanan time travel. Pada tiket tertera berangkat 1 Januari 2018, tapi mendarat pada tanggal 31 Desember 2017.
6 pesawat berangkat bersamaan dari Taipei menuju Amerika, dan 2 pesawat dari Auckland dan Polynesia

Pasukan khusus Amerika ada di 135 negara, jumlahnya mencapai ribuan pasukan. Tapi dengan keahlian khusus, kekuatan mereka sangat besar. Menjadi ujung tombak dari pertempuran yang belum terjadi, bahkan tidak terjadi.

Maskapai Nordic Finnair memiliki pesawat dengan nomor unik AY 666 kemarin terbang ke HEL. Bila tertulis akan terlihat nomor pesawat 666 to HEL. Bahkan terbang pada tanggal 13 hari Jumat jam 13.

Pemain Pokemon Go berhasil turun berat badan sampai 70kg dalam setahun. Muncul versi kloning Pokemon Go dari China. Korea memiliki game yang mirip Pokemon Go disebut Catch Catch yang dibuat perusahaan telekom KT sejak tahun 2011. Nick Johnson pertama menangkap 142 monster Pokemon Go di Amerika sekarang di Jepang. Penjualan powerbank meningkat karena PokemonGo.



Pesawat 777-300ER dirancang terbang jarak jauh. Menjadi pesawat paling efisien dan digunakan untuk terbang nonstop. Bagi penumpang, duduk terbang berjam jam lebih dari 12 jam adalah hal membosankan. Bagaimana dengan awak pesawat, tunggu dulu.




No popular articles found.