Amoled VS LCD ketika Layar Amoled lebih murah dari LCD


Technology | 25 March 2016

Layar Amoled - active-matrix organic light-emitting diode memiliki kemampuan lebih hemat power, tidak membutuhkan lampu backlit, dan cahaya dihasilkan dari panel sendiri, serta warna lebih baik dari LCD.

Teknologi layar Amoled sudah dipasang ke beberapa smartphone premium. Ada yang mengatakan layar Amoled masih mahal, khususnya ketika LG dan Samsung menawarkan layar Amoled TV dibanding LCD TV.

Itu dahulu. Sekarang biaya produksi Amoled lebih murah dari LCD. Data dari IHS, harga 5 inci Full HD Amoled $17.10. Dibanding layar LCD memakan biaya produksi $15,7. pada kuaratl 4 2015 lalu.

Kuartal awal tahun 2016, harga panel Amoled turun 14,3 sedangkan layar LCD $14.60. Harga tersebut membuat layar Amoled lebih terjangkau dibanding layar LCD untuk smartphone.

Besar kemungkinan perubahan harga layar Amoled juga merubah pasar smartphone. Layar Amoled yang dahulunya hanya ada di smartphone premium atau high end, atau layar TV premium. Tidak lama lagi akan ada di smartphone kelas menengah atau kelas pemula.

Apa yang menjadi kendala dengan teknologi Amoled. Layar Amoled memiliki usia lebih pendek di banding layar LCD. Karena layar aktif membuat cahaya dan warna untuk menampilkan gambar dari dalam panel.

Bila dikatakan Amoled mampu menampilkan gambar lebih baik. Dapat dilihat gambar dari 2 smartphone yang mengunakan layar LCD dan Amoled dibawah ini. Sudah pasti dikenali bahwa satu smartphone dengan gambar lebih bersih adalah tampilan smartphone dengan layar Amoled.

Amoled vs LCD perbedaan gambar

Keuntungan dengan layar Amoled. Membuat smartphone lebih hemat power, lebih tipis karena tidak membutuhkan lampu backlit dibelakang panel
Kekurangan usia pemakaia lebih rendah, karenan diode harus aktif terbakar dan perlahan menurunkan kualitas warna atau gambar.

Layar Amoled belum mampu menandingi ketajaman gambar LCD. Khususnya teknologi layar IPS.


Sedangkan LCD mengunakan lampu backlit untuk membiaskan warna gambar. Membuat sebuah perangkat mobile lebih boros power.
Keuntungan LCD sudah mengunakan panel tipe IPS. Membuat tampilan gambar lebih tajam dan lebih rapat dengan resolusi lebih tinggi dibanding Amoled.

Perbedaan Super Amoled dan Amoled
Dikembangkan oleh Samsung dengan kerapatan lebih tinggi seperti layar LCD IPS. Super Amoled dirancang lebih tibis, gambar lebih terlihat walau berhadapan dengan cahaya matahari, lebih hemat power dibanding standar Amoled.

Dibawah ini perbedaan Amoled VS LCD
LCD membutuhkan lampu dibagian belakang panel. Dan cahaya di filter melewati panel LCD dan membentuk warna
Amoled mengunakan OLED sel untuk warna, dengan dibelakang panel TFT


Amoled VS LCD

Berita terkait
Tahun 2020 akhir produksi panel LCD Samsung. Karena suplai lebih besar dari permintaan, Samsung fokus ke panel Quantom Dot atau QLED, sedangkan produk satu pabrik LCD di Korea telah di rubah untuk jalur Quantum Dot. Akhir tahun 2020, Samsung tidak memproduksi LCD biasa. Artinya monitor Samsung akan lebih mahal.

Monitor OLED mungkin jarang terdengar, tapi sudah diproduksi tahun 2016 dengan jumlah terbatas. Kedepan panel monitor desktop dapat mengunakan OLED, setidaknya di tahun 2019. 3 perusahaan bekerja sama membuat panel OLED sampai ukuran 27 inci. Apa keunggulan layar OLED di monitor.




No popular articles found.