Tiket pesawat murah mengapa begitu murah


Stuff | 1 June 2016

Budget airlines atau layanan penerbangan murah tidak asing di Indonesia.

Tapi di Eropa tarifnya memang sangat murah, bahkan ada yang terbang 1 jam hanya 150 ribuan saja.

Mengapa pernerbangan sangat murah, mungkin kita bertanya apakah ada yang dikurangi.

Jawabannya sedikit rumit, karena bukan biaya operasi perusahaan yang murah. Tapi dimulai ketika membeli pesawat dari produsen pesawat terbang.

Di Eropa terdapat perusahaan Ryan Air, Wizz dan EasyJet, menjadi salah satu perusahaan penerbangan murah yang melayani penerbangan ala budget atau paket hemat.

Budget Airlines paling sukses ada di Eropa, dibanding penerbangan murah di Amerika, Asia bahkan Afrika.

RyanAir dan EasyJet di Eropa memberikan harga tiket murah sangat signifikan. Terbang di Amerika dengan penerbangan murah di Amerika seperti JetBlue, hanya menawarkan $119 untuk 3 jam, atau Delta Airlines $138 untuk penerbangan standar. Bedanya hanya 10-20% saja.


Tapi di Eropa, Ryanair menawarkan penerbangan yang sama selama 1,5 jam hanya $21, dibanding penerbangan komersil standar British Airways $74.

Tiket penerbangan murah di Eropa RyanAir

RyanAir menawarkan tiket pesawat hanya separuh bahkan seperempat dari tiket normal.



Rahasia dari penerbangan murah
Ketika penumpang turun, perusahaan RyanAir membeli 151 pesawat baru dari Boeing. Ketika pesawat dibeli, harganya sangat murah dengan diskon besar dari pabrik pesawat.

Perusahaan penerbangan yang menawarkan tiket murah membeli pesawat baru lebih banyak. Alasannya sederhana, bahan bakar pesawat lebih efisien.

EasyJet hanya mengunakan pesawat sampai 4 tahun, JetBlue 4,7 tahun, RyanAir 5 tahun, Spirit 5,7 tahun. Perusahaan penerbangan besar seperti KLM 9,4 tahun, AirFrance 11,5 tahun dan Lufthansa 12,5 tahun.

Rahasia Tiket Murah, pesawat baru yang hemat bahan bakar.

RyanAir hanya mengunakan satu model pesawat yang sama tipe Boeing 737. Dengan satu model pesawat, perusahaan penerbangan hanya memiliki 1 pelatihan. Dari pilot, mekanik dan pramugari mendapatkan pelatihan yang sama untuk satumodel pesawat.

Kursi duduk pesawat dirancang permanen, tanpa kantong barang di belakang kursi, agar kursi lebih banyak terisi. Petugas penerima tiket dapat dilakukan oleh pramugari, jadi tugas merangkap dengan satu biaya. Untuk menambah pendapatan, RyanAir menawarkan undian untuk mendapatkan hadiah

Bagaimana dengan bandara

Penerbangan budget memilih biaya parkir termurah, pesawat tidak mendarat di kota besar yang biaya airport lebih mahal.
Bandara yang dipilih adalah bandara di pinggir kota yang jaraknya tidak begitu jauh. Seperti penerbangan ke Perancis, Paris bukan tempat mendarat pesawat murah, tapi dipilih di Beauvais. Menariknya lagi, bila satu bandara dapat di darati oleh banyak pesawat dengan penerbangan murah. Maka di bandara tersebut dapat melakukan negosiasi dengan perusahaan penerbangan.
Bila pesawat budget mendarat di satu bandara, mungkin pesawat akan mengalami keterlambatan untuk mencari waktu paling murah. Bila ingin terbang dengan pesawat murah di Eropa. Coba pilih RyanAir, karena disana mereka terbang nonstop 24 jam.

Satu layanan penerbangan budget hanya membutuhkan waktu 30-45 menit selama di airport. Selebihnya terus terbang melayanani penumpang ke berbagai kota.

Maskapai Southwest sebagai satu contoh, penumpang dapat membeli tiket dan antri menunggu berangkat. Mirip biskota, siapa datang pertama maka berangkat pertama. Dengan layanan seperti ini, maskapai dapat membuat tiket lebih murah, karena pesawat tidak perlu parkir terlalu lama di landasan.

Maskapai besar umumnya memiliki hub. KLM memiliki pusat transit di Amsterdam, British Airways ada di kota London.

Penerbangan murah tidak membatasi kemana mereka terbang. Melayani penerbangan dari kota kecil sampai kota besar dengan pesawat yang sama

Rahasia Tiket Murah, pesawat baru yang hemat bahan bakar.

Pemangkasan lain pada bagian tiket. Penerbangan murah meminta penumpang mencetak tiket mereka sendiri dirumah dengan pemesanan online. Bahkan satu perusahaan penerbangan memberikan penerima tiket dengan mesin. Tujuannya untuk mengurangi karyawan dibagian layanan tiket.



Akomodasi penumpang.
Penerbangan murah tidak mau mengunakan tangga untuk pesawat yang mahal, tapi mereka mengunakan tangga biasa dan penumpang diminta berjalan atau mengunakan bus dari pesawat untuk keluar bandara.

Rahasia Tiket Murah.

Karyawan maskapai budget dapat siapa saja, selama mereka mengikuti pelatihan dalam hitungan bulan. Maskapai penerbangan harus melalui serikat kerja, tentu karyawan akan meningkatkan biaya lebih mahal.

Maskapai besar ikut menawarkan tiket pesawat murah, seperti AirFrance memiliki perusahaan Transavia dan Lutfhansa dengan EuroWing. Tapi keberhasilan perusahaan penerbangan murah tidak mampu ditandingi. Eurowing mendapatkan keuntungan bukan dari penumpang, tapi dari penurunan biaya bahan bakar pesawat.

Maskapai Delta membuat penerbangan budget dengan perusahaan Song, tapi gagal dipasar. US Airway memiliki Metrojet juga gagal. United Airway membuat Suuttle yang berakhir bangkrut dan dilanjutkan dengan Ted yang lagi lagi gagal.

Keunggulan pernebangan budget.
Perusahaan penerbangan harus memiliki banyak pesawat, setidaknya 100 pesawat lebih. Melayani lebih banyak tujuan kota, ribuan karyawan dengan biaya lebih murah. Dan mereka berhasil bertahan sampai sekarang

Berita terkait
Kereta super cepat Maglev antara Jerman, Jepang dan China akan mencapai kecepatan 500km perjam lebih. Badan kereta yang ringan, dan bahan karbon mencapai tahap prototipe. Pengembangkan kereta Maglev di Asia terlihat cukup lambat, karena ini urusan kereta kecepatan super cepat.

Kapten Mark biasa menerbangkan pesawat bomber Lancer B-1B. Tapi pada tanggal 30 Desember tahun lalu tidak sengaja dia harus menangani pesawat Boeing 737 yang membawa 151 penumpang. Pilot pesawat United Flight 1637 mendadak terkena serangan jantung.



Etihad Airlines hanya menjelaskan kabin kelas satu mereka di pesawat Airbus A380. Rute pesawat yang dilayani antara Abu Dhabi ke London, New York dan Sydney. Penerbangan perdana dimulai tahun 2015. Di dalam kabin terdapat LCD TV 32 inch, layar 27 inch di kamar tidur

Pesawat Singapore Airlines sedang terbang dari Singapura ke London. Di tengah penyajian makan untuk sarapan penumpang, mendadak pesan dari kokpit agar memakai sabuk pengaman.

Ada beberapa rute penerbangan yang tidak biasa dan tiketnya sangat mahal. Ada yang mahal karena duduk di First Class, ada lagi penerbangan untuk 3 hari. Tapi ditawarkan oleh perusahaan penerbangan.




No popular articles found.