Top ten TB harddisk paling tercepat


Hardware | 5 August 2016

Bayangkan di sebuah computer memiliki storage 10 TB atau 8 TB. Apa yang akan di isi disana, film, video, foto, dan file ukuran besar.

Untuk surat, file dokumen, tentu urusan di harddisk kelas ini. Harga harddisk 10TB sekarang hanya 500 dollar saja.

Mendominasi 3 merek dari HGST yang dimiliki Western Digital, WD dengan 8TB dan Seagate Enterprise 10TB. Walau tipe harddisk kapasitas besar ini masih di dominasi kalangan enterprise. Seperti perusahaan multimedia, Cloud server, atau data server yang membutuhkan kapasitas storage sangat besar.

Bila dihitung biaya perTB hanya $50 saja. Masih lebih murah harddisk dibanding SSD walau harga SSD saat ini mengejar hampir separuh harga harddisk.

Untuk kecepatan, HGST He10TB dan Seagate 10TB menjadi harddisk paling cepat. Walau tidak jauh berbeda untuk kecepatan write, memiliki selisih sekitar 20-30MB/s dari top speed write 230MB/s.
Semakin jauh kebelakang kecepatan harddisk menurun, dan berada pada kecepatan 120MB/s sampai 100MB/s.

Terendah adalah WD Gold 8TB dan HGST He8 8TB, keduanya memiliki kemampuan yang sama. Siapa yang membutuhkan harddisk paling cepat di kelas harddisk kapasitas besar 8-10TB. Mungkin kita tidak terlalu peduli, karena semuanya relatif sama cepat. Pastinya, teknologi harddisk mengunakan gas helium sudah ada dan siap digunakan oleh konsumen.

Sampai kapasitas berapa harddisk mencapai kapasitas terbesar. Teknologi harddisk tidak berhenti dengan teknologi gas helium dimana gas yang di isi di dalam harddisk dapat menekan gesekan pada platter harddisk.
Teknologi harddisk saat ini baru mengunakan sistem PMR Perpendicular Magnetic Recording. Tahun depan kapasitas harddisk kemungkinan akan menembus 10TB
Teknologi harddisk PMR kemungkinan akan berhenti digunakan pada tahun 2017. Setiap lapis platter akan dibuat semakin rapat dengan sistem tumpuk.

Pada tahun 2018, dimana teknologi baru pada platter harddisk HAMR dengan teknologi TDMR atau SMR mulai dikembangkan. Dan dilanjutkan adalah HDMR Heated Dot Magnetic Recording dengan kombinasi BPMR+HAMR+TDMR

Top ten TB harddisk siapa tercepat

Berita terkait
WD 18TB menawarkan harddisk kelas Enterprise yang diisi gas helium kinerja 24 jam, dipasarkan Juli 2020. WD Gold 12TB di tahun 2017 dan resmi dipasarkan dengan kapasitas 12TB mengunakan pelindung gas helium / HelioSeal

Update software Keyboard GDS v2.0. Kali ini lampu lebih terang 20% agar tampilan computer lebih eye catching. G.Skill KM770 tidak memiliki sistem rollbar. Dan disain case keyboard melepas fitur kabel Audio dan USB port dibanding model KM780



AMD Bristol Ridge resmi diumumkan oleh AMD, setidaknya 8 model procesor dan ukuran socket AM4. Model tertinggi AMD A12-9800 dengan kecepatan 4,2Ghz tapi memerlukan power 64W saja. Huruf e dibelakan nomor model procesor AMD, adalah simbol pemakaian power hanya 35W. AMD Bristol Ridge dibuat versi Pro

Seagate tampilkan harddisk kapasitas besar untuk konsumen. Seagate Barracuda Pro dapat digunakan pada computer standar seperti PC desktop. Terpasang cache sangat besar untuk tipe harddisk dengan 256MB.

WDC atau perusahaan Western Digital keluarkan harddisk 8TB. Mengunakan gas helium untuk mengurangi friksi di dalam harddisk dan kecepatan 5400RPM. Lebih rendah dari harddisk performa dengan kecepatan putaran 7200RPM. Karena untuk pemakaian berbeda.




No popular articles found.