Galaksi kerdil Pisces A dan Pisces B ditemukan cahayanya begitu samar


Kategori : Science | Date : 17 August 2016
2 galaksi kerdil ditemukan oleh teleskop Hubble. Kedua galaksi terjebak di daerah kosong ruang hampa selama 100 juta tahun, akhirnya galaksi mulai terbentuk dan siap melahirkan bintang baru.

Sementara galaksi yang sudah terbentuk akan terlihat banyak cahaya dari bintang. 2 galaksi ini sangat samar dan ukurannya kecil, sehingga sulit ditemukan atau terlihat.

Kedua galaksi dinamakan Pisces A dan Pisces B, akan diteliti lebih lanjut agar pengetahuan dapat menjawab bagaimana evolusi pembentukan galaksi kerdil.

Kedua galaksi lahir terlambat, karena terlalu lama berada di ruang hampa yang terlihat kosong atau Local Void.

Local Void adalah wilayah di alam semesta dimana jarang sekali pembentukan galaksi.Dan membentang dengan lebar 150 juta tahun cahaya. Daerah tersebut tidak banyak terjadi aktivitas dan wilayah Local Void disebut daerah kekosongan di alam semesta. Seperti penduduk kota dan desa, dimana kota lebih bercahaya karena banyak rumah dengan cahaya lampu yang mewakili daerah banyak galaksi. Sedangkan di daerah terpencil yang ditinggali oleh masyarakat sangat sedikit atau jarang. Cahaya disana akan terlihat samar, menunjukan pertumbuhan galaksi di daerah tersebut akhirnya terlambat.

Gambaran dari teleskop Hubble ini dapat menceritakan seperti inilah ketika terbentuk alam semesta. Dan bagaimana galaksi yang kecil mulai berevolusi, seperti galaksi kita saat ini terbentuk oleh galaksi lain yang saling bertabrakan.

Berbeda dengan keberadaan galaksi kerdil. Disana diperkirakan memiliki kandungan yang kaya akan massa hidrogen lebih tinggi.

Astronom Tollerud berharap dapat menemukan lebih banyak galaksi seperti ini dengan teleskop Hubble. Termasuk mempelajari dengan teleskop Bumi PanSTARRS, bahkan berharap menemukan galaksi yang lebih kecil.

Galaksi kerdil Pisces A dan Pisces B ditemukan

Berita terkait
Galaksi NGC 6052 letaknya 230 juta tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Hercules. Disana terlihat satu galaksi, tapi sebenarnya ada 2 galaksi. Mengapa terlihat satu, sangat mudah ditebak. Kedua galaksi sedang tabrakan. Diabadikan oleh teleskop Hubble dengan kerjasama antara ESA dan Nasa.

Ketika melihat 2 galaksi bertabrakan dan warna yang terlihat lebih indah. Mungkin kita mengira 2 galaksi yang berdekatan yang saling tarik menarik. Tetapi bukan 2 galaksi tersebut yang saling tarik menarik, satu galaksi terletak lebih jauh dan tidak terkena dampak pertempuran di antara 2 galaksi lain. Ini terjadi antara galalsi NGC 6771 NGC 6770 dan NGC 6769



Melihat galaksi WISE J224607.55-052634.9 seperti ada dua  kekuatan yang sedang bertarung. Tetapi yang lainnya jauh lebih lemah dan tersedot masuk ke dalam. Terlihat satu galaksi lebih besar sedang memakan galaksi lain yang lebih kecil. Tidak 1 galaksi kecil tapi 3 galaksi kecil dilahap masuk ke dalam.

Sebuah gugus bintang RCW 38 diabadikan dengan teleskop VLT oleh ESO. Tampilkan gambar terbaru dimana komplek bintang padat ini berjarak 5.500 tahun cahaya.Mengunakan pencitraan inframerah HAWK-I yang dipasng pada teleskop VLT di Chili. Instrumen tersebut dapat menangkap benda yang tidak terlihat sebelumnya. Apakah semua bintang disana masuk ketegori bintang raksasa, separuhnya tidak.

Pertama ditemukan galaksi spiral tertua di alam semesta. Galaksi A1689B11, benda ini terlihat begitu jauh dengan usia 11 miliar tahun. \Kita lihat kembali berapa usia alam semesta kita ini setelah terjadi Big Bang.

Galaksi NGC 1512 terletak 38 juta tahun cahaya dari Bumi. Tapi galaksi ini unik, memiliki cincin dengan warna lebih cerah. Artinya cincin di bagian luar galaksi seperti lingkaran bintang berusia muda yang masih panas. Terlihat menyala dengan warna kebiruan.

Sebuah galaksi besar hanya tampak setelah 1,7 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta atau Big Bang. Tapi galaksi tersebut mati setelah lahir. Galaksi ZF-COSMOS-20115 adalah penemuan langka, kata peneliti Karl Glazebrook dari universitas Swinburne Australia.



Di daerah konstelasi Eridanus yang letaknya 50 juta tahun cahaya. Terdapat sebuah galaksi spiral berukuran besar yang dinamakan galaksi NGC 1532. Galaksi tersebut terlihat sudah mengunci sebuah galaksi yang jauh lebih kecil

Galaksi Markarian 231 atau UGS 8058, ditemukan pada tahun 1969. Galaksi ini menarik karena mengeluarkan radiasi ultraviolet sangat kuat. Galaksi Markarian 231 berada 600 juta tahun cahaya dari Bumi. Apa yang akan terjadi dengan 2 lubang hitam disana.

Dengan teleskop Alma, astronomi dapat melihat pembentukan formasi gas sebelum menjadi galaksi. Usia foto yang diambil ini mencapai 800 juta tahun sebelum terjadinya alam semesta (big bang). Begitu jauhnya, gas asal mula pembentukan galaksi memiliki cahaya kemerahan.




No popular articles found.