The best Smartphone update OS rajin memperbaharui 2019


Smartphone | 29 August 2019


Apa yang menjengkelkan ketika memiliki smartphone.

OS tidak di update selamanya, atau terlambat mendapatkan OS update terbaru. Tertinggal update security.

Tapi tidak semua produsen smartphone melakukan hal itu.

Setidaknya mereka memberikan update untuk tipe high end.Smartphone terbaik paling sering update, Data dari CounterPoint mencatat beberapa model smartphone yang mendapat Upgrade OS Android sampai tahun 2019

Merek smartphone paling rajin upgrade OS Android 2019

Nokia
Pertengahan 2019, tercatat perangkat smartphone Nokia paling update OS.
Mencapai 86% dari perangkat smartphone Android yang dijual tahun 2018, dapat di upgrade.
Nokia memberikan upgrade OS sampai 2 tahun setelah smartphone dirilis ke pasar.
Walau pengembangannya, Nokia malah tidak banyak mengeluarkan model smartphone.

Samsung posisi ke 2
Rajin memberi update OS, tapi jaraknya tidak terlalu jauh dari 2 merek dibawahnya.
Khususnya smartphone seri high end. Bahkan ketika produk baru dirilis ke pasar, tidak lama mengeluarkan update baru.
Bug atau perbaikan masalah smartphone cukup cepat ditangani.

Xiaomi dan Huawei
Yang baru baru ini sukses masuk ke pasar Eropa, juga rajin mengupdate OS. Walau Huawei terganjal dengan masalah perdagangan dengan Amerika di tahun 2019.



Xiaomi saat ini cukup cepat memberikan update OS smartphone mereka.
Biasanya menyusul dari satu model ke model lain bertahap.
Dari varian yang sama, umumnya yang mendapat update adalah model high end terlebih dahulu, disusul varian lebih rendah.
Untuk smartphone model lama, masih tetap di jaga agar penguna mendapat update OS terakhir sampai batas smartphone tidak dimungkinkan mendapatkan update OS terbaru.
Xiaomi rajin merilis update OS atau naik satu tingkat di setiap tahun. Rata rata mendapat 3 kali update sampai smartphone tidak mungkin bekerja dengan OS Android yang baru.
Pilihan, ada OS tidak resmi yang mendukung Xiaomi dan smartphone merek lain.
Kadang upgrade OS memberikan umur panjang sebuah smartphone, ketika produsen menyerah untuk merilis OS Android terbaru di satu model.

Lenovo. LG, Alcatel dan Tecno menjadi posisi dibawah


Beberapa smartphone dari produsen tersebut tertinggal di Oreo, Nougat bahkan Marshmallow.
Tecno dalam jumlah kecil, hanya mempertahankan sampai OS Android 7. Hanya 5% saja yang dibawa naik ke Pie / 9.
Alcatel yang dahulu paling rajin menguprade OS Android. Karena pasanya relatif kecil, tertinggal dengan 14% perangkat sudah mendapatkan Android 9.

Oppo dan Vivo
Sepertinya kurang mengurus OS Android untuk perangkat smartphone. Walau lebih banyak tertinggal 1 tingkat PS. Dan hanya 35% saja yang diberikan upgrade PS.



The best Smartphone update OS hanya 10  merek yang rajin 
memperbaharui 2019

Merek smartphone paling rajin upgrade OS Android 2016

Peneliti Apteligent mempublikasikan beberapa produsen smartphone yang mau mengurusi smartphone lama mereka, dan memberikan update ke OS Android 6

The best Smartphone update OS hanya 6 merek yang rajin memperbaharui 2016

Motorola
Menjadi produsen paling cepat update OS, sejak Nopember 2015 terus memperbaharui smartphone mereka ke Android 6. Seperti Moto X edisi 2015.
Update Juli 2019. Sejak Motorola di ambil oleh Lenovo dan model yang dirilis 2018-2019. Sepertinya pembaruan OS semakin terlambat, khususnya Motorola seri Z
Moto Z2 Force tidak lagi mendapat update
Moto Z4 hanya dijanjikan mendapat Android Q.
Tetapi Moto hanya merilis 2-3 model smartphone setiap tahun.

LG
Seperti Motorola, LG rajin merilis update ke Android 6. Model yang mendapat update seperti LG G4, agak lambat sekitar 3 bulan dibelakang Motorola.
Di tahun 2019 - 2020, LG juga semakin sedikit menawarkan model smartphone.



HTC
Walau perusahaan ini pasang surut, kadang disebut sering rugi. Tapi merek HTC selalu mengupdate OS smartphone Android mereka yang kompatibel ke Marshmallow

Motorola, LG dan HTC mungkin jarang terlihat di pasar Indonesia. Tapi ketiga merek tersebut paling cepat update OS smartphone mereka. Yang artinya penguna akan terasa nyaman bahwa smartphone mereka masih di dukung oleh produsen.

3 merek lain. Samsung Sony ZTE
Sampai Maret 2016, baru memberikan update sekitar 5 model smartphone lama mereka ke Android 6. Agak tertinggal, sekitar 2 bulan setelah LG dan HTC

Tidak jelas apakah beberapa produsen smartphone diatas akan mengupdate ke Android 7 nanti. Setidaknya Google akan merilis pada akhir tahun 2016. Setidaknya kita tahu bila membeli smartphone, produsen masih mau mengurusi OS lama di smartphone mereka untuk mendapatkan update OS terbaru.

Oneplus.
Walau agak terlambat tetap memberikan update OS model smartphone. Model Oneplus One, 3T masih mendapat update Android 8. Dan security update untuk Oneplus 5 ke atas mendapat upgrade software untuk camera.

Android Google, karena Google adalah perusahaan pembuat OS Android. Tentu paling cepat memberikan update, bahkan jauh hari sebelum semua merek smartphone mengeluarkan update. Smartphone Google Nexus adalah smartphone paling pertama diberikan update. Bahkan mendapatkan versi Beta pertama untuk di uji coba.

Kedua smartphone Android One, karena nama Android One berada dibawah regulasi Google langsung. Juga mendapatkan update paling cepat, setidaknya diurus oleh perusahaan yang menjual produk dibawah nama Android One.
Android One adalah label dari smartphone produsen lokal yang menyandang nama Android One. Google menjamin setiap smartphone Android One mendapatkan 2 kali update OS Misalnya Android One masih mengunakan OS Android 5, setidaknya mendapatkan jaminan akan mendapat update sampai Android 7.

Android Go
Adalah versi Android Lite. Baru tampil tahun 2018 di beberapa model smartphone, dengan fitur minim hardware dapat bekerja di OS Android Go.
Belum jelas apakah fitur Android Go akan mendapat update rutin seperti Android One.


Mengapa produsen lambat mengunakan OS smartphone terbaru..
Produsen smartphone melakukan beberapa tahapan sebelum merilis smartphone dengan OS Android terbaru.

Memerlukan beberapa tahap sebelum smartphone siap dirilis

Tahap 1
Platform Dev Kit. beberapa minggu sebelum versi OS terbaru dirilis. Google telah mengirim pengembangan termasuk source code untuk di optimalkan dan di uji.

Membangun dasar sistem smartphone. Setelah OS Android dirilis, pekerjaan sebenarnya dimulai di pengembang software smartphone. Memasuki OS ke sistem produsen.

HAL, atau Hardware Abstraction Layer. Uji coba dengan chip dapat bekerja bersama OS terbaru. Mungkin penerapannya berbeda antara smartphone dengan chip Qualcomm dan diluar Qualcomm harus dilakukan terpisah sampai sistem bener benar bekerja.

Dasar pada smartphone pertama di uji. Sistem OS baru akan diuji tapi baru tingkat dasar. Seperti panggilan telepon, SMS dan koneksi internet.

Test lanjutan. Fitur multimedia dan lainnya, dari fitur lock screen, contact, album foto, camera, email sebagai fitur yang harus dilewati dan bekerja dengan baik.

Pengujian harian yang dilakukan untuk uji coba. Dilakukan oleh lab seperti mengunakan smartphone dasar setiap hari. Dan memeriksa kemungkinan masalah dari penerapan OS baru di smartphone lama.

Memeriksa ulang ke stabilan OS diluar perusahan. Bila semua berjalan baik, baru dimasukan hasil uji test telah diverifikasi.

Tahap 2
Memasuki sertifikasi dan pengesahan OS sudah hampir siap. Termasuk standarsisasi Bluetooth dan WIFI

Memeriksa smartphone ke beberapa partner untuk menguji apakah sistem smartphone dapat bekerja dan diterima mereka. Seperti fitur Custom.

Peluncuran, setelah semua test dilakukan maka smartphone baru dapat dirilis. Dan pembeli sudah dapat menerima smartphone model terbaru dengan OS versi baru.

Perusahaan smartphone akan memantau keluhan dari penguna. Dan melihat feedback apakah terdapat masalah dan menyiapkan update kembali.


Samsung Galaxy C9 Pro memiliki 6GB RAM dan 64GB internal memory. RAM besar untuk memudahkan multi-tasking di smartphone. Kelebihan Galaxy C9 Pro adalah fitur camera, dan multimedia. Playback video 4K 30 fps dan merekam video Full HD 30 fps. Update spesifikasi dan harga

Smartphone Lenovo mungkin akan tanpil satu model lagi. Lenovo P2 dengan Snapdragon 625, dengan nama lain P2C72. Smartphone tampil dengan 2 model 3GB RAM dan 4GB RAM. Disebut juga Lenovo Vibe P2



Smartphone Android LG V20 pertama smartphone Android 7, dapat di Root. Smartphone LG V20 memiliki fitur baterai dapat dilepas pasang, dual camera belakang. Harganya sekelas smartphone Premium. Spesifikasi LG V20, memiliki layar 5,7 inci QHD, dengan camera 16 Mpix bagian belakang, dan 8Mpix di camera depan

Samsung masih menambah seri smartphone Galaxy On nXT, Samsung Galaxy On5 dan Galaxy On7 update harga. Mengunakan procesor Snapdragon 617 dan Snapdragon 625. Layar 5 dan 5.5 inci, OS Android 6 Marshmallow. Dilengkapi pengenal sidik jari pada tombol Home.

Lenovo Moto E3 Power mengunakan nomor model XT1706 telah menerima sertifikasi dari aliansi WIFI. Smartphone dipastikan mengunakan Android 6, dan salah satu fitur adalah baterai dengan kapasitas lebih besar 3500mAh.



Sharp perkenalkan smartphone Android One dengan model Sharp X1. Layar Igzo dengan ukuran 5,3 inci, dan procesor Snapdragon 435.
Sudah terinstall dengan Android 7.1, baterai smartphone kapasitas besar 3.900mAh




No popular articles found.