Daur ulang barang bekas, menjadi tempat foto, figura dan lainnya


Green | 10 January 2013



Mendaur ulang barang bekas mungkin menghasilkan barang lain yang lebih menarik.


Dibawah ini beberapa ide untuk memanfaatkan barang bekas dan di daur ulang menjadi produk baru.

Frame foto atau bingkai tempat foto. Modalnya hanya bingkai kayu, lalu ditempel bahan lain, baik plastik bekas, kartu nama bekas dan lainnya.

Cukup dipotong kecil lalu di tempel menjadi ornamen di bingkai foto.



Yang ini agak sulit didapat, tetapi idenya menarik. Membuat papan pengumuman atau bulletin board. mengunakan sebuah kotak kayu, lalu disusun dari bekas tutup botol anggur



Membuat cermin dengan ornamen majalah juga bisa dilakukan. Dengan mengulung cover majalah lalu ditempel dibelakang bingkai cermin.





Bekas botol plastik, dapat dijadikan tempat penyimpan.

Modalnya dengan 2 bagian bawah botol bekas, lalu digabung menjadi barang baru sebagai botol penyimpan benda kecil



Kotak bekas DVD atau Disc dapat dijadikan tempat senter atau lampu.



Yang dibawah ini adalah botol bekas dijadikan gelas



Yang ini menarik, mengunakan kaos bekas untuk dijadikan sarung bantal baru.


Berita terkait
Lalat hitam ternyata bermanfaat dan diternak di Singapura oleh Insectta. Menghasilkan kepompong yang dapat di ekstrak menjadi produk sampingan bahan baku kosmetik. Sekaligus sebagai daur ulang sampah yang berkelanjutan.

Memanfaatkan ban bekas sepeda untuk pengikat kabel adaptor atau kabel USB power. Pembuatannya sangat mudah, dan lebih fleksibel. Cukup mengunakan gunting, dan ukur lebar yang dibutuhka. Tidak perlu membeli Velcro pengikat kabel dan anda dapat memanfaatkan ban bekas sepeda di rumah



Banyak alat untuk penyemprot tanaman untuk kebun. Bagaimana bila kita membuat sistem penyiram tanaman di rumah. Disebut Sprinkle dapat menyebarkan air untuk menyiram tanaman. Dengan biaya murah, installasi mudah dan ketahui berapa banyak komponen yang dibutuhkan.

Memanfaatkan botol plstik atau daur ulang botol plastik untuk pancuran, tempat majalah, pot kecil tanaman, tempat sampah dan menaruh adaptor. Cara memanfaatkan botol bekas tinggal digunting, ditempel atau dibuat pola. Satu ide lagi memanfaatkan botol plastik pengantu botol semprotan air yang rusak.

Lebah adalah serangga yang baik bagi manusia, terlebih bagi tumbuhan. Mereka melakukan pekerjaan setiap hari mengambil sari bunga. Bila lebah menghilang , apa yang ikut menghilang. U.S. Fish and Wildlife Service masukan lebah sebagai serangga yang dilindungi. Menyelamatkan lebih mudah penting dibanding mengusir.

Ada ide menarik untuk daur ulang atau membuat dudukan smartphone sendiri. Bisa dibuat dari kayu yang dibuat pola menjadi sandaran untuk smartphone, atau kardus bekas dan di percantik dengan kertas kado.

Disainer asal Belanda Piet Hein Eek bekerjasama dengan Ikea menawarkan kerajinan furnitur asli buatan Indonesia. Tantangan disainer Piet adalah membuat peralatan rumah tangga dari kursi, tempat lampu yang dibuat berdasarkan seni kerajinan rotan Indonesia dan Vietnam.



Ban bekas dapat dimanfaatkan atau di daur ulang menjadi furnitur dirumah. Seperti ban dijadikan meja, tentu saja harus dimodifikasi ulang. Ban memiliki rangka yang baik untuk kursi. Misalnya salah satu disain dari gambar meja ini mengunakan rajutan tali

Memanfaatkan kain bekas untuk tempat istirahat bagi binatang peliharaan. Beberapa perusahaan disain membuat bantal untuk hewan peliharaan seperti anjing atau mungkin kucing. Mengunakan bahan kain bekas dengan bahan polyester yang di daur ulang, untuk tempat tidur binatang peliharaan

Beberapa tip memudahkan kita, atau memanfaatkan barang bekas menjadi berguna. Seperti mengikat kabel, membuat gantungan baju lebih banyak, tabung bekas untuk menyimpan adaptor dan memberikan warna pada kunci.

Daur ulang kaleng bekas, talang air atau batako bekas yang tersisa. Dapat dimanfaatkan untuk pot tamanan. Tidak perlu banyak dirubah, batako yang memiliki lubang tinggal diisi dengan tanah dan tanaman diatasnya. Talang tabung plastik juga dapat dimanfaatkan untuk pot tanaman

Daur ulang jepitan roti, kayu bekas, ranting atau dahan pohon, ban bekas, bekas tempat nasi, atau bekas besi troli barang dari supermarket. Bisa di daur ulang menjadi barang berguna.

Sering menemukan plastik bekas tempat telur dan suka berkebun kecil. Keduanya bisa disatukan. Tempat telur dari plastik biasanya dibuang setelah isinya habis. Bila menyukai menanam pohon, bisa memanfaatkan tempat telur bekas untuk bibit baru.

200 tahun lalu tidak ada yang tahu bahan aluminium. Dari kemasan kaleng, bingkai jendela rumah, kemasan, bahkan badan mobil. Aluminium terus ditambang dan dijadikan produk, tapi dibuang begitu saja. Suatu hari nanti tidak perlu lagi menambang biji aluminium, karena bisa di daur ulang.



Bukan daur ulang, sebenarnya disain dari tutup botol dengan printer 3D. Dibuat dari printer 3D dengan bahan plastik, lalu dirangkai menjadi 12 tutup botol plastik. Masing masing tutup botol ini disambung ke botol plastik untuk di daur ulang sebagai vas bunga.

Dekorasi rumah, daur ulang barang bekas, memanfaatkan vinyl untuk lantai, memanfaatkan ruang kosong disamping pintu, mengunakan tirai dengan bahan lebih murah bisa dilakukan lebih kreatif

Membuat pot tanaman , tanaman gantung, atau tempat pot yang digantung di pagar rumah. Ada cara sederhana, biayanya lebih murah dan tidak memakan tempat seperti ukuran pot yang besar.

Fotographer Nick Olson dan disain fashion Lilah Horwitz, keduanya memiliki mimpi yang serius. Mereka ingin membangun rumah dari bahan barang bekas, khususnya mendaur ulang dari jendela bekas.

Mungkin kurang tepat disebut sebagai daur ulang untuk dekorasi rumah. Beberapa bagian bisa saja dari barang yang sudah tidak terpakai lagi.
Bisa dimulai dari mendekor ulang dinding kamar, tanpa perlu melakukan pengecatan.

Computer terdiri dari bagian utama yaitu Motherboard. Bila tidak terpakai lagi, board akan dibuang menjadi sampah. Ada cara mendaur ulang komponen computer seperti papan pcb bekas menjadi clipboard.

Penumpang kereta api bisa membawa botol bekas mereka ke satu stasiun. Disana terdapat mesin penghancur botol plasti. Tinggal dimasukan ke dalam mesin, lalu mesin akan menghancurkan botol plastik, lalu tiket kereta bawah tanah akan ditambah kreditnya.

Satu gedung di pusat kota Tokyo menempatkan tanaman di seluruh jendela. Perusahaan Pasona yang berpusat di Tokyo tersebut bahkan memiliki kebun lantai atas gedung.

Satu cara memanfaatkan botol bekas bisa digunakan penganti karet. Dengan memotong bagian kepala botol plastik, lalu plastik makanan yang tersisa dimasukan ke dalam mulut botol. Tinggal ditutup dengan tutup botol

Diperkirakan tahun 2050 akan mencapai 9 milyar manusia. Yang menjadi pertanyaan apakah bumi mampu memproduksi makanan yang cukup untuk manusia sebanyak itu. Jawabnya tidak juga. Produksi beberapa makanan sudah sampai titik maksimum.

Daur ulang kayu dan batu kerikil untuk dijadikan ala resor memah. Idenya bisa dibuat sendiri. Dengan bingkai kayu lalu dibuat berukuran persegi panjang seperti bingkai. Dan di masukan batu sampai penuh.

Daur ulang botol bekas bisa dijadikan tembok rumah atau tembok pagar. Selain menghemat batu bata, cahaya dari luar bisa masuk ke dalam rumah atau tembok depan rumah. Pilihan daur ulang botol bekas bisa mengunakan botol hijau biasa

Tempat menanam pohon bisa dimulai dari jendela, balkon bahkan sudut rumah. Apa saja yang bisa ditanam, bila suka sayur bisa menanam seperti tomat, cabai, daung bawang dan lainnya

Dibawah ini beberapa tip mendaur ulang barang bekas dan lebih kreatif mengunakan barang di kehidupan sehari hari.

Stanley memegang hak paten untuk pembuatan dinding hijau atau cara penanaman pohon secara vertikal. Teknik Stanley dapat diterapkan untuk pembuatan dinding hijau, dan tumbuhan dapat menjalar di tembok gedung atau ditanam di atas balkon.

Satu lagi ide memanfaatkan botol plastik bekas bisa dibuat menjadi pot tanaman. Bermodalkan botol bekas plastik yang dilubangi di sisi samping, tanah dengan pupuk, kawat dan tanaman. Pemasangan pot bisa digantung di tembok rumah. Bagaimana membuat rumah kaca mini dengan botol plastik

TerraCycle di dirikan oleh 2 mahasiswa Princeton Tom Szaky dan Jon Beyer, memanfaatkan barang daur ulang seperti sampah menjadi dekorasi. Dari bahan daur ulang tersebut kembali dikemas menjadi produk dan dijual ke toko retail besar seperti Target dan Walmart. TerraCycle tidak sendiri.

Mendaur ulang botol plastik menjadi vas bunga. Cukup mengandalkan gunting dan menekuk bagian plastik. Tahapnya dengan memotong bagian atas botol plastik, mengunting bagian atas botol menjadi lempengan kecil.

Modalnya dari tabung bekas Pringles (Marhable). Lalu dipotong agar speaker smartphone bisa disisipan ke tabung. Masukan kertas tissue untuk peredam suara. Tambahkan clip penjepit kertas. Suaranya, wah belum dicoba.

Mengunakan botol plastik untuk di daur ulang atau digunakan kembali menjadi produk berbeda. Satu ide dari disainer Garth Britzman dengan 1500 botol bekas.

Dengan dukungan Pepsi, Bosch dan kontribusi perusahaan lain. Organisasi My Shelter Foundation dapat memberikan sinar lampu bagi sepertiga penduduk miskin di Filipina. Cara membuat lampu dari botol sederhana saja.

Botol bir Heineken dirancang untuk dijadikan batu bata pernah dibuat tahun 60an. Rancangan ini datang ketika Mr. Heineken datang ke Karibia, dia melihat banyak botol menjadi sampah.




No popular articles found.