Pendingin camera D5500a rancangan Filippo peralatan camera DSLR astronomi


Kategori : Digital | Date : 12 October 2016
Astrofotografer Filippo dari Itali ini kreatif. Dia membuat pendingin camera agar tidak kepanasan. Mengapa, karena hobinya membuat foto ruang angkasa seperti nebula. Membuat camera harus mengambil cahaya tapi berdampak dengan sensor camera menjadi panas. Intinya dia membuat cooler camera.

Hasil yang dibuat memang canggih di kalangan fotografer astronomi. Bayangkan saja sebuah bodi camera DSLR 5500 dipasangkan cooler yang disebut Primalucelab D5500a.

Untuk membuat foto antariksa, sensor camera harus dibuka sangat lama. Membuat sensor menjadi panas dan timbul noise pada gambar foto.

Idenya mengikuti produk sensor CCD yang dipasang pada teleskop tapi harus dihubungkan ke computer untuk mengambil gambar. Yang ini tidak, karena namanya saja sudah camera biasa atau tipe DSLR.

Apa yang dibuat dengan pendingin sensor D5500a ini. Pendingin dipasang di belakang camera, tepatnya pada belakang bodi. Dan suhu dingin diambil dari alat sel Peltier. Pendingin memberikan suhu -2 deg.C, sehingga panas di camera yang awalnya mencapai 27 deg.C dapat turun menjadi 20deg.C.

Kalau camera di dinginkan apakah tidak menyebabkan timbul jentik air akibat pengembunan di dalam camera. Disainnya ternyata berbeda, dirancang dengan anti embun khusus ketika tetesan air muncul. Sistem pendingin D5500a dapat diatur temperatur, dan power diambil dari adaptor 12V.
Harga satu set agak ajib, 2190 euro dengan paket lengkap camera dan pendingin.

Pendingin camera D5500a rancangan Filippo peralatan camera DSLR astronomi

Im Back adalah modul camera yang dipasang di bagian camera model analog menjadi camera lama film menjadi camera digital. Im Back seperti unit sensor sebagai film camera. Membuat camera analog tanpa film, dan digantikan oleh teknologi sensor digital.

Nebula Orion yang berjarak 1344 tahun cahaya dan membentang 12 tahun cahaya. Dapat diabadikan untuk di foto dari Jakarta, ketika langit cerah. Benda ruang angkasa paling mudah di foto. Nasa membuat gambar 3D Ultra HD, menarik melihat Nebula Orion dari dekat

Bulan Mei 2016 ada kejadian unik dengan ruang angkasa, tapi bukan kejadian langka. Posisi planet Venus sebagai planet kedua terdekat dengan Matahari akan selalu berada di depan matahari bila di lihat dari Bumi. Bila memiliki camera, dengan lensa zoom. Bisa mengabadikan planet Merkurius ketika pagi hari atau sore hari



Fotografer ini mendapatkan gambar sempurna di daerah Isle. Chad Powell umur 25 tahun ini sudah kelas kakap sebagai disainer dan fotografer astronomi. Awalnya banyak yang menanyakan apakah ada hasil cetakan, atau bisa dibeli. Sekarang dia memiliki postcard khusus dari hasil karya fotonya

Thomas Klemmer ini seorang astrofotografi. Dia berhasil mengabadikan stasiun ISS, kali ini gambarnya luar biasa, dan satu foto yang dibuat hari Senin kemarin membuat fotografer lain akan geleng kepala.

Satu foto bulan ini mungkin belum pernah kita lihat. Dibuat oleh fotographer atau lebih tepatnya astrofotografer dari Polandia Bartosz Wojczynski. Dia membuat foto bulan dengan gabungan 32 ribu foto terpisah, dengan peralatan 3500 dollar

Fotographer Greg Boratyn mengatakan fotonya tidak sengaja dibuat seperti ini. Keberuntungan untuk mengabadikan sebuah foto landscape. Foto ini menjadi contoh yang baik, hanya satu foto menghasilkan pemandangan yang indah.


No popular articles found.