Film Passengers tentang perjalanan kapal ruang angkasa selama 120 tahun


Stuff | 3 January 2017

Pesawat ruang angkasa membutuhkan waktu 120 tahun bagaimana bila astronot terbangun

Film Passenger menceritakan perjalanan sebuah pesawat ruang angkasa Avalon raksasa membawa sebagian penduduk bumi migrasi ke tempat baru (Earth 2)

5000 orang (astronot / penumpang) yang tinggal di pesawat. Tetapi perjalanan ke planet baru tersebut membutuhkan waktu 120 tahun menuju tempat Homestead II. Pindahnya sebagian masyarakat bumi karena bumi sudah penuh. Dan mulai mengekplorasi bumi lain.

Astronot yang tinggal harus ditempatkan diruang hibernasi agar tidak menua, dan tetap hidup di tempat tujuan.

Seluruh penumpang di pesawat Avalon dibekukan / di tidurkan, agar mereka tidak menjadi tua dengan perjalanan panjang 120 tahun di ruang angkasa.

Film Passengers tentang perjalanan pesawat ruang angkasa selama 120 tahun

Sinopsis film Passenger dimulai ketika perjalanan terjadi gangguan di pesawat ruang angkasa. Pesawat menabrak sebuah asteroid besar. Kapal ruang angkasa tidak masalah, tapi mengalami getaran.

Sebuah kabin pendukung hidup terganggu, sistem rusak dan orang di dalamnya menjadi terbangun.

Seorang astronot / penumpang otomatis akan dibangunkan karena sistem modulnya pendukung hidup telah mengalami masalah. Dia adalah Jim, awalnya dia mengira pesawatnya akan tiba di planet Earth 2. Dengan santai dia berkeliling sendirian di dalam pesawat.
Tapi setelah dia sadar bahwa tidak ada orang lain yang dibangunkan kecuali dirinya.

Jim mencoba mengirim pesan ke Bumi. Lalu membuat pesan video bahwa dia terbangun tapi tidak ada orang yang dibangunkan di pesawat. Selesai di click, Send dan pesan sudah terkirim

Dia menanyakan ke computer kapan pesannya dibalas.



Computer menjawab, pesan sudah dikirim dan sampai di Bumi 19 tahun nanti. Dan Bumi yang menerima akan mengirim balasan pesannya 36 tahun kemudian. Dan jawaban akan sampai ke anda 55 tahun nanti, terhitung mulai dari hari ini.
Disini komunikasi dengan pesawat ruang angkasa yang berada sangat jauh dari Bumi.

Sebuah perjalanan yang sangat jauh dengan jarak tahunan cahaya. Karena selama komunikasi dikirim, pesawat juga menjauhi dari Bumi. Membuat pesan akan terlambat datang.

Film Passengers mengirim pesan ke Bumi

Gangguan selama perjalanan sebuah pesawat tidak selesai.

Pesawat yang dapat ditinggali seperti bumi, gravitasi yang baik. Mendadak sistem mati dan gravitasi buatan hilang. Air kolam renang mendadak berubah menjadi bola air raksasa.

Film Passengers tentang perjalanan pesawat ruang angkasa selama 120 tahun

Dia sadar dia tidak akan sampai hidup menuju tempat baru nanti. Jim mencari teman lain. Akhirnya hanya 2 orang untuk sementara terbangun dipesawat. Jim dan Aurora seorang jurnalis yang terbangun dari Hypersleep.
Ketegangan tidak sampai disana, karena berdua sebenarnya masih membutuhkan waktu 90 tahun dari sisa perjalanan sampai ditujuan

Aurora sebagai orang kedua yang terbangun menjadi khawatir, karena dia terbangun lebih awal. Bila masih 90 tahun lagi pesawat sampai dan dia akan tua lalu mati sebelum tiba.

Keduanya panik karena sistem pod mereka gagal bekerja. Menyusul satu lagi pod juga membuat bangun Gus teknisi kapal Avalon.



Resiko semakin besar, selama perjalanan resiko seluruh penumpang akan mati.
Ternyata sistem kapal ruang angkasa raksasa Avalon yang terus berjalan tersebut mulai rentan mengalami kerusakan. Sistem kapal yang lebih parah gagal bekerja satu persatu. Membahayakan seluruh awak kapal dipastikan tidak akan sampai ke Earth2.

Ketiga orang tersebut berusaha memperbaiki, seperti unit reaktor fusi yang sangat penting bagi pengerak pesawat. Bila sistem gagal bekerja dan seluruh penumpang akan fatal. Atau tidak terbayang 5000 orang di sebuah pesawat ruang angkasa harus dibangunkan. Persediaan makanan yang direncanakan hanya tersedia 4 bulan sebelum pesawat sampai di Earth 2.0.

Dipastikan semua penumpang tidak akan mampu bertahan di dalam pesawat selama 90 tahun dengan persediaan makanan yang ada.

Mereka bisa bertahan hidup sementara di dalam kapal, tapi tidak ada yang selamat sampai di tujuan. Makanan tidak akan mencukupi selama 90 tahun terakhir, serta dukungan oksigen dan lainnya. Urusannya menjadi sangat rumit bila sistem pesawat gagal diselamatkan.

Dan akan terjadi kekacauan bila semua penumpang terbangun karena sistem pesawat rusak. Sekaligus tidak terbayang bila semua orang tahu kalau perjalanan masih 90 tahun lagi dan mereka akan selesai seluruhnya berada di dalam pesawat.

Ketiga penumpang yang sudah  terbangun menjadi cemas bila mereka harus terus berada di kapal tanpa hibernasi. Dan harus menjaga kapal selama waktu perjalanan yang baru mencapai 1/3 perjalanan.

Sampai akhirnya Gus meninggal, dan tersisa 2 orang yang hidup diluar pod pendukung hidup.

Peralatan pesawat mengunakan sistem otomatis. Tapi tidak seluruhnya mesin bekerja sempurna. Sampai akhirnya bagian paling fatal dari mesin reaktor kapal yang terbakar hebat.

Bila meledak artinya semua tamat. Ternyata selama perjalanan terakhir, pesawat sudah mengalami masalah.
Belajar dari Gus, keduanya berusaha memperbaiki pesawat yang tiba mulai tidak berfungsi.
Hanya 2 orang harus berjuang mempertahankan sistem pesawat, sedangkan penumpang lain masih ditidurkan.

Cerita cinta keduanya agak berakhir tanpa bahagia. Hanya satu pod yang masih dapat dipakai atau setidaknya satu orang yang bisa membantu orang lain untuk mengunakan.
Siapa dari 2 orang terakhir yang harus masuk ke dalam pod untuk melewati waktu 90 tahun kedepan

 

Apakah bisa membekukan manusia agar hidup lebih lama untuk menempuh perjalanan sangat lama. Film ini sebenarnya sudah mendekati kenyataan. Bila manusia berhasil ditidurkan, maka awak pesawat dapat saling bergantian bertugas. Walau di dalam film ini terlihat sangat sederhana, semua staf rencananya ditidurkan sampai dibangunkan kembali setelah sampai di tujuan.

Pengunaan teknologi hibernasi dapat dimulai dengan perjalanan ke planet Mars. Manusia dapat tidur untuk mengurangi sumber daya di dalam pesawat ruang angkasa, seperti oksigen atau makanan. Tapi tidak membekukan penuaan astronot. Perjalanan ke planet Mars memerlukan waktu hanya beberapa bulan. Dengan mengurangi barang bawaan di pesawat maka dapat dikurangi antara 52-78%
Walau secara teknologi manusia sudah memiliki banyak penelitian ke luar angkasa. Tetapi manusia sendiri tidak pernah meninggalkan planet Bumi, hanya sampai di bulan dalam misi Apollo.
Baru baru ini saja ada rencana melakukan penjelajahan untuk mengirim manusia ke planet Mars, yang entah kapan dapat diwujudkan dalam beberapa puluh tahun mendatang.
Di luar angkasa, jangankan pergi ke sebuah cahaya bintang terdekat. Pesawat ruang angkasa New Horizon tanpa awak saja untuk melihat planet Pluto dari dekat dan planet terjauh di tata surya, membutuhkan waktu 8 tahun sampai disana.

Berita terkait
Film the Minimalist menceritakan perubahan masyarakat modern menjadi komplek. Membeli barang begitu mudah, click, bayar, pinjam, atau kartu kredit. Tapi ada yang berakhir salah, ketika membeli barang tidak terkendali dan tidak perlu. Barang yang dibeli kadang tidak banyak berguna, karena terobsesi memiliki.

Film menceritakan memperbaiki iklim dengan solusi sederhana. Menurunkan tingkat gas karbon ke Bumi dengan energi terbarukan bukan hal utama. Gas karbon seharusnya diserap masuk ke dalam tanah kembali. Ide masuk akal yang dilupakan masyarakat dunia.



Netflix Smart Download dibuka Februari 2021. Netflix konten video streaming awalnya baru uji coba untuk pasar Asia. Sekarang berbalik, konten video Asia juga di minati penonton di barat. Netflix hanya menargetkan akun diluar keluarga.

Film Mosul diambil dari kisah nyata dibuat film oleh Netflix. Pasukan kecil paling ditakuti ISIS di Irak. Pasukan diluar garis komando angkatan darat yang dianggap hilang, karena pemimpinnya tetap mengikuti perintah di awal penugasan. Hanya prajurit yang ingin membalas diterima oleh Swat

Manusia melihat planet Mars dari dekat dengan gambar hitam putih. Foto pesawat ruang angkasa Mariner 4 tahun 1974 membuat foto permukaan Mars. Puluhan tahun berlalu film Mars One Day On The Red Planet telah lengkap. Sekarang Mars sudah dipetakan secara lengkap dan detil, walau disana jauh berbeda dengan Bumi. Sampai misi misi terakhir Curiosity dan kemungkinan manusia tinggal di Mars sebagai koloni planet kedua..

Dengan uang $75.000 seseorang bisa menikmati pemandangan dari ruang angkasa. Menginap di ruang angkasa mulai tahun 2024. Tahun 2020 Nasa menyiapkan hotel untuk turis astronot ke stasiun ISS. Turis ruang angkasa di ISS boleh bikin foto sesukanya di ketinggian 409km diatas Bumi. Serta dapat tinggal sampai 30 hari.

Pasukan khusus Amerika ada di 135 negara, jumlahnya mencapai ribuan pasukan. Tapi dengan keahlian khusus, kekuatan mereka sangat besar. Menjadi ujung tombak dari pertempuran yang belum terjadi, bahkan tidak terjadi.



2 pesawat sedang terbang dan jaraknya 100 meter. Bisa mengirim foto dengan Airdrop. Bagaimana kedua perangkat saling terhubung walau mengunakan sinyal WIFI. Salah satu teknologi Apple yang memudahkan penguna.

Film The Space Between Us tentang dunia sain, dengan cerita perjalanan manusia ke planet Mars, tetapi bagaimana manusia lahir di planet Mars. Apa yang terjadi ketika dia harus pulang ke Bumi. Apa yang dilihat pertama kali.

Film Inferno, menceritakan kegilaan seseorang untuk memusnakan sebagian umat manusia dari Bumi. Karena bumi sudah sedemikan padatnyadan polulasinya perlu dikurangi dengan cara ekstrem. Cerita film ini tidak langsung menunjuk siapa yang akan menyebarkan virus

Film Arrival menceritakan kedatangan alien ke Bumi. Tidak berkomunikasi dan benda seperti batu raksasa tersebut duduk tenang mengambang. Untuk apa benda itu datang. Ilmuan mulai mendatangi benda tersebut dan dipastikan datang dari luar angkasa, dan kita mencoba berkomunikasi dengan mereka. Arrival juga tiba di situs Torrent

Film Voyage Of Time menceritakan perjalanan alam semesta sampai akhirnya muncul manusia seperti sekarang. Menampilkan perjalanan waktu dari kelahiran sampai muncul planet.  Film dari pengarah Malick mengembangkan proyek untuk Paramount berjudul Q.

Jason P Howe adalah seorang fotografer otodidak, dia mulai mendokumentasi konflik di Kolombia sejak tahun 2001. Sejak itu dia sudah melakukan perjalanan ke beberapa negara di seluruh dunia, dan selamat. Sampai akhirnya dibuat film dokumenter Hoka Hey




No popular articles found.