Galaksi IRAS 16399-0937 bertabrakan tapi ada cerita lain dengan gambar ini


Science | 3 January 2017

Sebuah galaksi disebut IRAS 16399-0937 terbentuk oleh 2 galaksi.

Diperkirakan dahulunya kedua galaksi memiliki massa yang sama besar.

Dan sekarang terlihat seperti gumpalan bintang dan debu. Tapi bukan bentuk galaksi yang terlihat untuk dipelajari, ada hal yang tersembunyi disana.

Galaksi IRAS 16399-0937 mengeluarkan emisi Lasers alami, tentu saja emisi tersebut bukan dalam bentuk cahaya biasa tapi gelombang microwave. Yang ini disebut Megamaser, memiliki kekuatan 100 juta kali lebih terang dibanding galaksi seukuran Bima Sakti.

Lasers dalam istilah simulasi emisi cahaya dari frekuensi yang spesifik partikel gas, termasuk kondisi yang tepat dengan awan gas untuk memproduksi gelombang microwave.

Ini cerita unik dari gambar galaksi IRAS 16399-0937 yang terletak 370 juta tahun cahaya dari Bumi.
Bentuk sebenarnya, galaksi ini dalam proses merger atau bergabung. Antara galaksi Iras 16399N dan Iras 16399S.

Tabrakan dua galaksi umumnya terlihat sedang dalam proses persingungan, seperti galaksi besar menarik galaksi ukuran lebih kecil. Yang ini adalah 2 galaksi yang ukurannya kira kira sama.

Keduanya memiliki jarak 11 ribu tahun cahaya dari sudut utara dan selatan galaksi. Tapi kedua galaksi dalam posisi terus semakin mendekat. Dibagian masing masing galaksi memiliki lubang hitam. Dan suatu hari nanti atau sekitar beberapa ratus juta tahun lagi, kedua lubang hitam di kedua galaksi akan menyatu.

Foto dibawah ini diabadikan dari 2 alat instrumen. Dengan Advanced Camera for Surveys (ACS), dan Near Infrared Camera and Multi-Object Spectrometer (NICMOS) / camera infra merah dari teleskop Hubble.

Apa yang terjadi bila kedua lubang hitam akhirnya bergabung. Peneliti mengatakan di tengah galaksi akan menyemburkan Jet  yang memanaskan isi semua galaksi, dan memunculkan bintang baru. Tidak sekarang, tapi nanti dan manusia saat ini tidak ada yang dapat melihat proses pengabungan galaksi IRAS 16399-0937. Apakah galaksi dibawah ini sudah bergabung, mungkin disana sudah menjadi galaksi utuh. Sementara kita manusia hanya melihat gambar dibawah ini adalah tabrakan galaksi yang terjadi 370 juta tahun lalu



Galaksi IRAS 16399-0937 bertabrakan tapi ada cerita lain dengan gambar ini

Berita terkait
Seberapa penting sebuah galaksi yang mengalami supernova terlalu banyak. Galaksi NGC 5468 terditeksi selama 20 tahun, tercatat ada 5 supernova. Bentuk galaksi yang tidak terlalu beraturan dengan bentuk spiral sangat menarik diamati dari Bumi. Dengan teleskop Hubble dapat diamati langsung seperti melihat dari atas galaksi disana.

Galaksi tipe Hoag adalah tipe galaksi dengan 2 cincin.Keunikan galaksi seperti ini, cincin bagian dalam memiliki cahaya kuning atau kemerahan, menunjukan bintang lebih tua sudah ada. Sedangkan di cincin luar berwarna biru atau bintang lebih muda dan panas. Ilmuwan hanya tahu ini terjadi akibat tabrakan antar galaksi, tapi tidak tahu mengapa bisa terjadi 2 cincin



Foto galaksi Triangulum dengan tabel urutan Messier 33 dibuat oleh Andre van der Hoeven bersama Michael van Doorn. Teleskop Hubble membuat foto galaksi Triangulum dengan resolusi tinggi. Ditemukan 2 cluster bintang baru. Galaksi ini masuk local group bersama Andromeda terbesar dan Milk Way dan ketiga Messier 33 sebagai galaksi terdekat. Mau tahu dimana letaknya.

Penemuan ruang angkasa kadang tidak terduga. Peneli Jepang menemukan galaksi purba yang selama ini tidak terlihat. Teleksop Hubble tidak melihat. Sampai data dari teleskop Spitzer menampilkan data aneh. Peneliti melihat ulang dengan teleskop besar di bumi. Ditemukan galaksi purba baru berusia 2 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta.

Bagian luar galaksi olahraga lengan spiral besar yang membentuk pseudoring yang mengelilingi galaksi. Sementara bagian dalam yang unik, Di bagian dalam galaksi ditemukan tidak stabil terlihat dalam bentuk warna seperti kabut. Bertentangan dengan bagian luar yang terlihat sudah membentuk lengan galaksi.


Bila 2 galaksi bergabung, ada 2 dampak yang terjadi. Bergesernya debu dan gas dapat memicu pembentukan bintang baru. Tetapi ada biaya yang harus dibayar oleh kehidupa di sebuah galaksi. Lubang hitam juga berperan aktif, dan mengambil sebagian dari debu dan gas tapi hanya di lontarkan ke ruang angkasa kembali.

Ketika teleskop melihat di ruang angkasa dan mendapatkan gambar seperti ini. Apakah ada yang mengirim gambar sebuah wajah sedang tersenyum. Mungkin akan terasa aneh atau senang. Inilah yang didapatkan oleh Teleskop Hubble. Ketika teleskop Hubble mengamati sebuah galaksi SDSS J0952+3434



Galaksi NGC 1277 memiliki ukuran 1/4 dari Bima Sakti. Yang lebih aneh lagi, inti galaksi di tengah terdapat sebuah lubang hitam supermasif.  Ini isi semuanya hanya lubang hitam, dan dapat menjadi objek penelitian dimana kelas baru tipe galaksi.

Sebuah galaksi NGC 7674 ini bukan memiliki 1 lubang hitam, tapi 2 lubang hitam atau black hole. Dan bukan lubang hitam kecil, tapi lubang hitam ukuran supermasif seperti yang ada di tengah setiap galaksi.. Galaksi NGC 7674 berada 400 juta tahun cahaya dari Bumi.

Galaksi NGC 4676 adalah dua galaksi kecil, disebut juga galaksi Tikus (Mice). Keduanya berada di konstelasi Coma Berenices yang jaraknya 290 juta tahun cahaya dari Bumi. Mungkin sekarang, kedua galaksi sudah bergabung menjadi satu galaksi utuh

Gambar yang tajam ini mengungkap galaksi yang terbesar dibelakang bintang dan debu dari galaksi Bima Sakti. Berada di batas utara dengan konstelasi Pegasus. Galaksi NGC 7331 paling terang, tapi yang menganggu dibelakangnya dari 4 galaksi yang akan bertabarakan

Galaksi NGC 7793 terlihat pada foto sangat terang walau letaknya sangat jauh. Berada 13 juta tahun cahaya dari bumi. Menjadi galaksi paling terang di grup Sculptor. Ada tapinya, menurut astronom di galaksi ini merupakan tempat keras. Lingkungan yang keras seperti apanya.




No popular articles found.