Perusahaan ANA grounding semua pesawat Boeing 787 Dreamliner


News | 16 January 2013

Setelah 2 kejadian beruntun pesawat Dreamliner yang mengalami kebocoran bahan bakar dan meletupnya baterai Lithium Perusahaan penerbangan ANA menghentikan sementara pengunaan pesawat Boeing 787 Dreamliner. Minggu ini ada berita bahwa pesawat ANA dengan tipe yang sama mendarat darurat karena masalah baterai. Baterai di pesawat merupakan komponen penting, karena semua pengaturan instrumen dan perangkat hidrolik diatur oleh perangkat elektronik.

24 pesawat Dreamliner yang dioperasikan oleh ANA dan Japan Airlines dihentikan untuk pemeriksaan lebih lanjut. FAA (badan pesawat Amerika) masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut bagaimana rancangan pesawat, produksi dan perakitan Dreamliner.



Update. Beberapa perusahaan penerbangan internasional menghentikan operasi pesawat Boeing Dreamliner untuk sementara waktu. Menunggu evaluasi dari badan penerbangan FAA.

Update Badan keselamatan penerbangan Eropa mengikuti langkah FAA karena badan tersebut yang memberikan sertifikasi bagi Dreamliner. Saat ini pesawat Dreamliner atau Boeing 787 sudah di grounding seluruhnya. Boeing 787 baru di ijinkan terbang dalam beberapa hari mendatang bila sudah lolos pemeriksaan.


Berita terkait
Video pesawat TransAsia yang jatuh di Taiwan minggu ini membawa 58 penumpang dan awak pesawat. Jatuh ke sungai Keelung  setelah takeoff dari Taipei Airport rabu lalu. Satu rekaman pengendara di jalan bebas hambatan merekam detik jatuhnya pesawat.

Baterai Lithium menjadi berbahaya bila mengalami overcharger. Singkatnya atom Lihtium bisa mengkristal menjadi dentrit lalu melepaskan energi sekaligus dan reaksinya seperti melepas panas dan memperkuat reaksi lainnya. Fenomena ini disebut Thermal Runaway di dalam baterai.



Pabrik pesawat Airbus akan mengeluarkan pesawat A350 yang lebih kecil dari A380. Kabarnya perusahaan tersebut tidak akan mengunakan baterai Lithium, dan tetap baterai Nickel Cadmium yang lebih aman.

Hari Selasa kemarin pesawat penumpang terbaru Boeing 787 Dreamliner yang dioperasikan Japan Airlines mengalami kebocoran bahan bakar di Boston Logan Airport. Kebocoran ditemukan pada waktu tengah malam setelah pesawat mulai meninggalkan tangga bandara dan bersiap terbang ke Tokyo.

Sebuah airport di Eropa memiliki tempat yang dibelah oleh jalan bebas hambatan. Satu sisi untuk 2 landasan pesawat, di sisi lain sebagai tempat bandara menurun naikan penumpang. Pesawat harus menyeberang diatas jalan tol melalui satu jembatan.




No popular articles found.