Quick Charge Oneplus Warp Charge teknologi Fast Charger Optimized Charging


Technology | 10 January 2020



Oneplus Optimized Charging Januari 2020

Program100 OxygenOS Delights Scavenger Hunt. Seperti yang dijanjikan, telah diuji sistem pengisian baterai agar baterai smartphone tetap aman walau di charge sampai pagi

OnePlus memperhatikan keamanan baterai agar tidak cepat rusak, setidaknya usia baterai akan lebih panjang dengan teknologi monitoring temperatur baterai.

Teknologi pengisian daya Dash yang dilengkapi dengan OnePlus 3 dan menyediakan pengisi daya flash Warp 30T terbaru yang mendukung kecepatan pengisian dan kontrol suhu serta fitur ketika digunakan selama mengisi daya baterai

Fitur baru di smartphone Oneplus akan diberikan fitur Optimized Charging, yang dirancang untuk menunda laju pengisian baterai secara optimal tanpa memengaruhi pengalaman pengguna.

Karena penguna membiarkan pengisian baterai dari malam sampai pagi alias di tinggal tidur. Umumnya baterai smartphone terus dijaga oleh sistem charger dan sistem smartphone untuk mencapai 100%.

Cara kerja Oneplus Optimized Charging

Smartphone akan di charger sampai 80%.
Tapi akan berhenti sementara waktu ketika fitur smartphone diaktifkan ke user sleep cycle detection
Smartphone kembali mengaktifkan sistem charger sampai 100% dengan melihat siklus dalam 100 menit sebelum pemilik smartphone bangun, alarm diaktifkan.

Sehingga smartphone Oneplus hanya mengisi baterai 80% selama pemiliknya masih tidur, dan membuat baterai tidak stres walau charger masih tetap terhubung.
Tentu pemiliknya harus terbiasa untuk bangun rutin pada jam tertentu.

Cara mengaktifkan
Mengaktifkan di bagian Setting app->Battery->turn on Optimized Charging



Sistem smartphone akan mempelajari rutinitas harian dan mengumpulkan data yang relevan (yang hanya disimpan di perangkat).

Ketika pengisian yang dioptimalkan aktif, dapat melihat ini pada ikon Baterai. Dan notifikasi yang di mute.
Bila penguna ingin melanjutkan charger sampai 100%, tinggal di liat notifikasi yang tampil dan menonaktifkan
Oneplus akan mengembangkan sistem OS untuk mengoptimalkan baterai.
Nantinya dapat diatur untuk hari libur, atau pengaturan zona waktu

Teknologi Oneplus Optimized Charging sebenarnya ada di teknologi Google Pixel atau beberapa smartphone lain. Tapi hanya membatasi pada kapasitas baterai untuk terisi, dan smartphone akan melepas energi baterai bila smartphone masih terhubung ke charger.

Ada juga App yang membantu mengatur pengisian baterai agar hanya membatasi sampai kapasitas tertentu misalnya pengisian baterai sampai 80% saja.
Aplikasi Battery Charge Limit mirip dengan Optimized Charging, walau efeknya mungkin belum secanggih milik Oneplus. Dan terbatas untuk smartphone Root atau beberapa model smartphone tertentu.

Tapi belum sepintar teknologi Oneplus, yang dapat melanjutkan pengisian baterai sebelum pemilik smartphone bangun pagi. Dan sistem dari App diam diam hanya menahan arus pengisian baterai.

Oneplus Warp Charge 2018 Juli

Oneplus mendaftarkan nama Warp Charge untuk sistem pengisian baterai smartphone.

Oneplus sebelumnya mengunakan nama Dash Charge, tapi terdaftar sebagai lisensi dari Oppo yang digunakan untuk Vooc Fast Charger

Warp Charger hanya bekerja di smartphone model Oneplus.

Terkait nama Oppo dan Vivo berada di bawah satu perusahaan induk yang sama. Oneplus adalah nama smartphone dibawah Oppo.

Untuk memisahkan masalah paten di Eropa dan Amerika. Warp Charge digunakan oleh Oneplus untuk sistem pengisian baterai cepat.

Oneplus juga menempatkan logo baru bagi Warp Charge.

Tertanggal 13 Juli 2018, nama Warp Charger telah di daftarkan.


Trademark tersebut termasuk untuk produk kabel data, charger adapter dan perangkat sejenis,  termasuk wireless charger.



Walau Oneplus belum mengeluarkan smartphone dengan sistem pengisian wirelss. Setidaknya sudah memasukan paten bila suatu saat diperlukan.

Seperti apa teknologi Warp Charge. Update Desember 2018
XDA melakukan uji coba dengan charger ini.

Mengunakan smartphone Oneplus 6T McLaren, sebagai smartphone pertama yang mendukung charger 30W.
Atau dikenal dengan Warp Charger 30.

Pengisan baterai tidak membuat baterai smartphone mendapatkan panas berlebihan.

Warp Charger 30 mampu mengisi baterai smartphone sampai 80% dalam waktu 30 menit.
Model charger sebelumnya sedikit lebih lama sekitar 40 menit.

Full charger baterai sekitar 1 jam

Keunikan pada sistem pengisian baterai Warp 30. Baterai smartphone tidak panas. Khususnya ketika smartphone di charger dalam kondisi off.

Charger cepat 80% kapasitas baterai 30 menit

Oneplus Warp Charge 30W isi baterai 6A

Smartphone Oneplus 7 Pro dapat di charger lebih cepat sampai 50% dengan Warp Charge adaptor 30W dibanding model 20W.

April 2020, Oneplus 8 dan Oneplus 8 Pro mengunakan teknologi Warp Charge 30.

Masalahnya, penguna Oneplus 7 Pro harus mengunakan kabel Warp Charge khusus seharga $5 untuk mencapai 6A. Apa benar harus mengunakan kabel khusus.
Posting dari manager produk Oneplus, tidak masalah dengan model kabel Fast Charger lama yang masih tertera logo 1+. Hasil test kabel lama bisa digunakan untuk pengisian cepat smartphone Oneplus 7 dengan Warp Charge 30W

Teknologi Warp Charger mengikuti spesifikasi dasar dari teknologi Fast Charger Oppo Vooc.

Dibawah ini pengisian baterai cepat dari Warp Charger 30W

Warp Charger 30W Oneplus

Berita terkait
Snapdragon seri 600 untuk kelas pemula dukungan 5G
Snapdragon 875 akhir tahun 2020 setelah Snapdragon 865. Snapdragon 768G 5G lebih cepat dari Snapdragon 765. Qualcomm Snapdragon 765 CPU mobile pertama Qualcomm SoC 5G.

Quick Charger 4.0 INOV - Intelligent Negotiation Optimum Voltage. Juni 2017 tampil Quick Charge 4+ daftar smartphone QC4+ Mei 2020.
Quick Charger 3+ April 2020 akan dibuat adaptor charger murah seri QC. Model smartphone terbaru hanya membutuhkan waktu 1 jam pengisian baterai Full Charge dengan kapasitas 3700mAh atau lebih



Xiaomi 65W, mengisi smartphone dan notebook. Xiaomi Quick Charger 3 yang masuk daftar sertifikasi Qualcomm. Model MDY 10ER mendukung 27W dan Xiaomi MDY-08-EW sertifikasi Quick Charge 3.0. Model 2015 Xiaomi MDY-3-EB untuk QC 2.0. Mengapa Quick Charge lebih baik mengisi baterai smartphone. Walau waktu pengisian dapat berbeda.

Satu postingan dari pendiri Nubia telah mengkonfirmasi pengisian baterai smartphone ZTE Nubia akan naik jauh lebih besar. Terlihat pengisian baterai mengunakan 9,6A pada 8,4V atau setara 80W DC. Tampilan smartphone Nubia Red Magic 5G mungkin akan mengunakan teknologi pengisian cepat 80W melalui teknologi pengisian baterai USB PD.

Powerbank OPPO 10000mAH VOOC Flash Charge mengisi 2 arah. Mengisi baterai smartphone dan mengisi baterai power bank sendiri. Mengunakan sistem pengisian VOOC dengan arus 20W setara 4Ah dari USB 5V. Di dalam powerbank terdapat 2 unit baterai 5000mAh. Sistem pengaman unit baterai dengan 2 lapis proteksi

Aplikasi Battery Charge Limit dapat menurunkan arus charger yang masuk ke smartphone secara otomatis. Arus pengisian dapat diturunkan sampai 500mAh walau mengunakan adaptor Fast Charger. Tujuannya agar baterai smartphone lebih awet, dan kita disiplin merawat perangkat smartphone.

Teknologi pengisian baterai Vooc mampu mengisi baterai smartphone lebih cepat. Tahun 2019, Oppo SuperVooc 2 AirVooc 60W charger smartphone Oppo. Pengisian 75% kapasitas baterai cukup 30 menit. Super Vooc adalah charger khusus untuk smartphone Oppo rean Realme. Vooc 4.0 Flash Charge wireless dengan AirVooc.



Charger smartphone awalnya ingin disatukan untuk produk di Eropa. Setelah 8 tahun berlalu, dan adanya nota kesepakatan. Produsen smartphon tetap mengunakan charger adaptor dengan disain sendiri. Masalah di Eropa, setiap tahun menghasilkan 51 ribu ton sampah charger.

Super mCharge adalah standar pengisian cepat untuk produk Meizu. Pengisian baterai smartphone dari 0 - 100% hanya membutuhkan waktu 20 menit. Jadi bisa ditinggal mandi dan makan lalu melihat baterai smartphone sudah penuh

MediaTek Pump Express 3.0 mengisi baterai smartphone dari 0%-70% kapasitas untuk 20 menit, 5 menit cukup untuk 4jam bicara. Kecepatan pengisian baterai smartphone dengan MediaTek Pump Express 3.0 dua kali lebih cepat dari sistem pengisian cepat produsen lain, dan lima kali lebih cepat dibanding charger standar.




No popular articles found.
< /body>