Teknologi Pager perangkat komunikasi


News | 5 December 2018

Anda pernah mendenger perangkat Pager.

Pager adalah layanan panggilan satu arah. Tampil sebagai teknologi informasi pengirim pesan melalui sinyal radio.

Teknologi pager bertahan cukup lama, karena teknologi ini menjadi solusi di awal teknologi komunikasi sebelum telepon wireless analog digunakan. Disusul teknologi telepon digital, berlanjut dengan teknologi internet mobile.

Mirip seperti SMS di jaman telepon digital dimana 2 telepon dapat mengirim pesan singkat, tapi pada Pager hanya satu arah atau menerima pesan yang di kirim oleh operator pager ke nomor pager tertentu.

Pager digunakan karena lebih murah dengan biaya bulanan.
Di Indonesia sempat tercatat sekitar 800.000 pelanggan pada tahun 1997. Perlahan surut tersisa 200 ribu penguna, mulai di tinggalkan setelah generasi ponsel 2G.

Perangkat pager membutuhkan nomor pager, dan membawa alat serta stand-by selama 24 jam dengan power baterai
Mengunakan baterai dapat bertahan sampai 6- 13 minggu
Satu Pager memiliki satu nomor (praktisnya nomor pager).
Perangkat siap menerima sinyal radio walau di tempat yang cukup terhalang. Seperti radio AM atau FM, kita dapat menerima siaran mengunakan perangkat radio baik di dalam ruangan.

Bila anda ingin mengirim pesan ke nomor pager, tidak semudah mengirim pesan seperti Whatsapp.
Kita harus menelpon ke nomor operator layanan pager.

Anda harus memberi tahu pesan yang anda kirim, misal ke operator penerima akan membacakan pesan yang ingin anda sampaikan ke seseorang yang memiliki Pager.


Pesan akan diketik, dan operator akan memasukan nama pengirim. Selesai pesan diterima, layanan Pager akan mengirim berita mengunakan sinyal radio sistem jaringan.

Dari sistem pager sebuah layanan yang baru saja dikirim, sinyal ditangkap oleh alat pager. Pesan diterima berupa tulisan dan dibaca oleh pemiliknya ke satu nomor tertentu.

Seperti gambar dibawah ini, perangkat pager dengan sebuah layar LCD. Perangkat akan berbunyi ketika pesan masuk, dan tulisan pesan akan tampil di layar LCD.

Pager Communication

Teknologi ini praktis, ketika di jaman tersebut menjadi satu satunya alat untuk menghubungkan seseorang yang tidak diketahui keberadaannya.



Jauh sebelum teknologi internet hadir, dimana smartphone di abad ke 21 tampil.

Perangkat Pager sebenarnya sudah lama ada, mulai dikembangkan pada tahun 60an.
Semakin populer di era 80-90an. Perangkat penerima pesan radio ini dan beberapa dapat mengirim pager dua arah.
Pager awalnya lebih umum dibawa oleh petugas di lapangan.

Tahun 1996 dari penguna Pager di Jepang mencapai 10 juta nomor.
Pager disana disebut Poke Beru / kantong berbunyi, mencapai puncaknya digunakan banyak orang.

Perlahan teknologi digital mengantikan Pager seperti SMS yang lebih praktis dan komunikasi 2 arah. Beberapa layanan Pager di Jepang telah tutup.

Tapi satu layanan bertahan sampai tahun 2018 yaitu Tokyo Telemessage dan tersisa 1500 pelanggan.
Beberapa penguna adalah pekerja rumah sakit, Pager dianggap tepat karena perangkat tidak memancarkan gelombang elektromagnetik.

Perangkat Pager di Jepang sendiri juga berakhir. Setidaknya layanan Pager terakhir berjalan sampai bulan September 2019.
Tokyo Telemessage akan menghentikan layanan Pager karena surut peminat.

Teknologi perangkat lama masih digunakan saat ini masih bertahan adalah mesin Fax, karena efektif.
Mesin Fax masih bertahan walau di beberapa negara bukan sebuah perangkat penting. Tapi digunakan di beberapa negara seperti Jepang, Inggris dan Amerika untuk mengirim dokumen.

Pager GDB satelit
Perkembangan Pager tidak berhenti total. Iridium memiliki layanan Pager dengan satelit tentu saja sudah sangat berbeda dengan teknologi sebelumnya.

Iridium mengunakan transmisi sinyal dari jaringan satelit untuk menerima pesan
Menerima pesan dalam waktu 20 detik, dengan batas 100 huruf.



Tetapi bentuk pager GDB tidak seperti perangkat pager biasa. Membutuhkan ijin operator telepon satelit dan software layanan telepon satelit.

Pager Communication satelit Iridium


Perangkat Pager belum punah seluruhnya.
Pager belum punah seluruhnya

Masih banyak digunakan untuk tugas penting. Dari petugas perawat, penjaga pantai, teknisi listrik sampai pemadam kebakaran. Karena pager paling modern dapat menerima 1000 pesan huruf.

Perangkat Pager mungkin tidak sepenuhnya usang, tidak ada perubahan teknologi. Sejak pertama tampil, fungsinya hanya menerima pesan singkat.
Perangkat rusak cukup diganti dengan yang baru.

Tim medis dari perawat dan dokter lebih mengoptimalkan teknologi konvensional. Seperti menulis laporan kesehatan dan mengirim data fax catatan medis, serta meminta dokumentasi dari hasil lab.
Informasi lab tidak akan tercampur dengan informasi di dalam Pager. Semua informasi utama tersimpan di dalam perangkat
Sedangkan smartphone mungkin akan bertumpuk dengan pesan pribadi.
Aplikasi SMS mungkin tidak terintegrasi dengan basis data rumah sakit. Sedangkan seseorang bisa saja tidak menerima pesan ketika ponsel mereka tidak aktif. Tapi Pager tetap aktif selama 24 jam dan tetap aktif berhari hari sebelum pengisian baterai.

Dengan memanfaatkan daya pancar sinyal radio yang lebih jauh, mencapai jarak 200km dari stasiun memancar. Mampu mencapai wilayah pedesaan.
 
Tranmisi darurat harus dapat diandalkan. Ketika ada bencana, jaringan WIFI dan telepon seluler dapat terhenti.
Pengisian baterai membutuhkan waktu, dan sumber listrik. Pager dapat bertahan dengan baterai AA atau AAA.
Setelah listrik padam, menara selular satu persatu akan kehabisan power sampai kapasitas baterai backup berakhir.

Pager, selama sebuah antena provider masih dapat aktif mengirim pesan dari sinyal radio, maka pager dapat menerima pesan.

Tim medis tidak memerlukan SnapChat dengan jaringan internet. Tapi sebuah perangkat yang mudah dan handal. Kebutuhannya sederhana, untuk berkomunikasi tentang dosis obat bagi pasien. Atau pengumuman panggilan darurat bagi pemadan kebakaran.

Layanan O2 di Inggris telah menutup layanan Pager sejak tahun 2004 walau masih tersisa 51 ribu pelanggan. Bersamaan maraknya pengunaan Blackberry dan penguna SMS melalui Ponsel.
Layanan Vodafone telekom Ingris ditutup tahun 2017, dan tersisa 1.000 pelanggan.

Layanan Vodafone telekom Australia masih membuka layanan Pager
Layanan Metrotel masih mengaktifkan layanan Pager. Dengan biaya 13 dollar perbulan.
Dan beberapa layanan di beberapa kota di Amerirka masih aktif menyediakan Pager.

Kabel Equiano memiliki kecepatan 20 kali lebih besar dibanding jaringan kabel yang telah ada saat ini. Equiano adalah jaringan kabel bawah laut yang menghubungkan 2 benua. Kali ini kabel tidak melintas antar benua, hanya melintas di pinggir benua dan menghubungkan negara negara di wilayah Barat.

Teknologi mesin Fax menjadi kejayaan di era 80an, tapi tergantikan oleh teknologi digital internet. Beberapa mesin fax masih digunakan saat ini, terlebih bagi layanan yang memerlukan copy dokumen resmi. Selesainya teknologi mesin Fax diawali pada era digital internet, satu persatu ditinggalkan dan kantor beralih mengunakan teknologi email sampai saat ini



Bicara beberapa tahun lalu, teknologi computer hanya membicarakan computer dan laptop atau notebook. Sekarang penguna perangkat gadget seperti tablet dan smartphone lebih mendominasi. Computer seukuran ruang kamar menjadi seukuran 1cm, atau kompas digantikan dengan peta digital

Teknologi 3G dan 4G LTE, apakah teknologi 2G sudah di tinggalkan. Kemampuan terbatas untuk bicara serta mengirim pesan singkat dan internet lambat. Beberapa orang masih mengunakan bahkan tetap menyukai teknologi 2G dengan berbagai alasan. Apa saja alasannya

Smartphone pertama di dunia adalah merek Simon. Jangan dibayangkan dengan teknologi saat ini, bentuknya seperti telepon AMPS jaman dulu. Atau seukuran gagang telepon biasa.

Indonesia dibagi dalam 3 waktu, dari pulau Bali sudah masuk waktu Indonesia tengah, setelah perbatasan Timor Timur masuk waktu Indonesia bagian timur. Tapi tidak semua negara memiliki pembagian waktu sebaik Indonesia. India, China, Rusia dan Kanada memiliki waktu yang unik

Siapa yang tahu seberapa besar benua Antartika. Sulit digambarkan karena selalu tetutup es. Teatpi ilmuan dari Nasa sudah bekerja keras dan memperkirakan daratan disana seperti tanah alien. Mei 2020 disana aman dan kunjungan turis dilarang mampir




No popular articles found.